Jurnal Refleksi Dwi Mingguan Lokakarya 5

Waktu: 5 Juni 2023
Pukul: 08.00-16.00 WIB
Tempat: SMAN 4 Tanah Jambo Ayee
Tema : Kolaborasi dalam Pengelolaan Program yang Berpihak Pada murid

Tujuan: Tujuan kegiatan Lokakarya 5 Program Pendidikan Guru Penggerak ini adalah calon guru penggerak mampu: Memaknai data yang diperoleh dalam tahapan B (Buat Pertanyaan) dan A (Ambil pelajaran) untuk menjadi informasi dalam merancang fase Gali Mimpi; Menentukan aktor-aktor yang akan dilibatkan dalam fase gali mimpi sekaligus menyusun strategi pelibatan aktor tersebut; dan Membuat perencanaan program bagian Judul Program atau kegiatan, latar belakang, dan tujuan program.

Indikator Keberhasilan:

Indikator keberhasilan kegiatan lokakarya 5 Program Pendidikan Guru Penggerak angkatan 7 ini adalah calon guru penggerak Menghasilkan rencana tindak lanjut tahapan B (Buat pertanyaan), A (Ambil pelajaran), dan G (Gali mimpi); Menghasilkan strategi pelibatan aktor dalam fase gali mimpi; dan Menghasilkan perencanaan program bagian Judul Program atau kegiatan, latar belakang, dan tujuan program.

Pengajar, Peserta, dan Panitia:

Pengajar kegiatan ini adalah pengajar praktik calon guru penggerak sebanyak 6 orang
Peserta kegiatan adalah calon guru penggerak sejumlah 37 orang
Panitia kegiatan ini berasal dari Dinas Pendidikan Aceh Utara, didampingi oleh petugas Lokakarya dari
BGP Provinsi Aceh

Aktivitas Lokakarya 5:

Lokakarya 5 Pendidikan Guru Penggerak angkatan 7 Aceh Utara dilaksanakan pada hari senin tanggal 5 Juni 2023 di SMAN 4 Tanah Jambo Aye yang beralamat di Jalan Jambo Aye Utara,Gampong Tanjong Meuneng, Kec.Tanah Jambo Aye, Aceh Utara.

Acara pembukaan dihadiri oleh seluruh peserta, pengajar dan panitia sebanyak 70 orang. CGP dibagi menjadi 3 kelompok yang terdiri dari:

Kelas A, CGP dengan Pengajar Praktik Pak Muslem, Bu Sekar dan Bu Misriati
Kelas B, CGP dengan Pengajar Praktik bu Sri Umamah, Pak Ibnu Hajar
Kelas C, CGP dengan Pengajar Praktik Ibu Nurlindayani dan Bu Intan Lestari.

Aktifitas pembelajaran yang berlangsung di kelas C pada lokakarya 5 Pendidikan Guru Penggerak Angkatan 7 dipandu oleh 2 orang Pengajar Praktik.

Ada 5 agenda utama yaitu:
1. Pembukaan.
2. Diskusi hasil aksi nyata tahap B (Buat pertanyaan) dan A (Ambil pelajaran).
3. Diskusi penentuan aktor yang akan dilibatkan dalam fase gali mimpi dan menyusun strategi pelibatan aktor tersebut.
4. Membuat rencana program bagian Judul Program atau kegiatan, latar belakang, dan tujuan program.
5. Penutup.

Keterangan tambahan:
Setiap calon guru penggerak membawa dokumen BAGJA yang sudah disusun.
Setiap calon guru penggerak membawa hasil aksi nyata Buat pertanyaan dan Ambil pelajaran

Berikut rincian kegiatan lokakarya 5

1. Pembukaan
Tujuan :
a. Calon Guru Penggerak dapat menciptakan koneksi dengan peserta lain dan Pengajar Praktik. b. Calon Guru Penggerak dapat memahami tujuan dan agenda pada lokakarya ini.

2. Diskusi aksi nyata tahap B (Buat pertanyaan) dan A (Ambil pelajaran)

Tujuan :

a. Calon Guru Penggerak melakukan check poin hasil aksi nyata B (buat pertanyaan) dan A (Ambil pelajaran).

b. Calon Guru Penggerak mendapatkan umpan balik untuk rencana tindak lanjut B dan A. c. Calon Guru Penggerak menghasilkan rencana tindak lanjut B dan A.

Kegiatan yang dilakukan:

Diskusi kelompok
CGP dibagi menjadi Tiga kelompok sehingga satu kelompok berjumlah tiga anggota. Setiap kelompok saling menjelaskan kepada anggota kelompoknya mengenai informasi yang didapat tahapan B dan A. Selain saling berbagi, semua CGP dipersilakan untuk mengajukan pertanyaan atau memberikan masukan kepada anggota kelompoknya masing-masing agar perencanaan programnya akan lebih matang. Presentasi kelompok

CGP mempresentasikan hasil diskusi kelompoknya secara bergantian dan saling memberikan tanggapan atau pertanyaan

Reviu dan Penguatan
Pengajar Praktik melakukan reviu dan penguatan hasil diskusi.

3. Menyusun Strategi Pelibatan Aktor dalam fase Gali Mimpi.

Tujuan:
a. Calon Guru Penggerak dapat mengidentifikasi aktor-aktor yang perlu dilibatkan dalam fase gali mimpi. b. Calon Guru Penggerak dapat menyusun strategi pelibatan aktor tersebut.

Kegiatan yang dilakukan: Diskusi kelompok
Pada tahapan Gali mimpi, CGP diminta untuk menentukan aktor-aktor siapa saja yang akan dilibatkan bagaimana strategi untuk melibatkan mereka agar program yang direncanakan nanti akan lebih optimal. Setiap CGP saling memberikan masukan kepada anggota kelompok lain. Membuat strategi yang operasional yang langsung dapat dilakukan dan mencantumkan kapan strategi itu akan dilaksanakan. Presentasi kelompok CGP mempresentasikan hasil diskusi kelompoknya secara bergantian dan saling memberikan tanggapan atau pertanyaan


Reviu dan Penguatan
Pengajar Praktik melakukan reviu dan penguatan hasil diskusi

4. Membuat Rencana Program
Tujuan: Calon Guru Penggerak menghasilkan rencana program bagian Judul Program atau kegiatan, latar belakang, dan tujuan program.
Kegiatan:
CGP diminta untuk membuat rencana program secara individu bagian Judul Program atau kegiatan, latar belakang, dan tujuan program. CGP diminta untuk berpasangan dan presentasi secara bergiliran.

CGP diminta untuk menempelkan hasil rencana Gallery Walk. Kemudian berkeliling saling melihat rencana program dari rekan CGP lain dan memberikan masukan kepada rencana program rekan- rekannya dengan cara menempelkan sticky note yang sudah diisi sesuai tanggapan masing-masing. CGP kembali ke tulisannya masing-masing untuk membaca masukan dari CGP lain serta melakukan konfirmasi dan perbaikan rencana programnya.

Pengajar Praktik melakukan reviu dan penguatan hasil diskusi. Pengajar praktik memastikan bahw rencana program yang dibuat sudah mengacu pada kepemimpinan murid (student agency).

5. Penutup.

Tujuan:
a. Calon guru penggerak melakukan refleksi pembelajaran atas lokakarya yang dilalui.
b. Calon guru penggerak mengetahui apa yang perlu disiapkan untuk sesi pendampingan individu selanjutnya.

Kegiatan: Refleksi:
Dalam kegiatan penutup CGP diminta untuk menuliskan jawaban dari pertanyaan pemantik yang diberikan oleh Pengajar Praktik pada sticky notes dan menempelkannya pada kertas plano yang sudah disediakan.

Berikut pertanyaannya:
1. Bagaimana perasaan Bapak Ibu setelah mengikuti sesi lokakarya 5 ini?
2. Apa saja yang telah Bapak Ibu pelajari di sesi Lokakarya ini?
3. Bagaimana Bapak Ibu menerapkan pembelajaran tersebut di sekolah Bapak Ibu bertugas? Alhamdulillah seluruh agenda dapat terselesaikan dengan lancar. Kegiatan lokakarya 5 ditutup dengan refleksi, do'a dan poto bersama.







Sekian uraian yang dapat saya sampaikan dalam Jurnal Refleksi Dwi Mingguan Lokakarya 5 Pendidikan Calon Guru Penggerak Angkatan 7 Provinsi Aceh.



www.pakiqin.com/ search/label/CGP-7

Alamat Portofolio Digital



Ahmad Sodiqin, S.ST
Calon Guru Penggerak Angkatan 7

Nurlindayani, S.Pd
Pengajar Praktik

IRVAN, S.Pd
Fasilitator


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel