Cara Setting Modem ZTE F609 Menjadi Acces Point

 Artikel kali ini akan kita bahas Cara Setting Modem ZTE F609 Menjadi Acces Point. Modem ini memiliki fitur Wifi dan biasanya digunakan oleh Telkom sebagai modem koneksi internet wifi Indihome ke pelanggan.


Jika anda mempunyai modem ZTE F609 bekas dan tidak terpakai, alangkah bagusnya kita manfaatkan sebagai Access Point. Bagaimana langkah-langkahnya? Berikut uraian lengkapnya.






Cara Setting Modem ZTE F609 Menjadi Acces Point

Modem ZTE F609 merupakan modem router, karena memiliki fitur dial ke jaringan WAN, LAN dan juga WLAN, akan tetapi jika kita ingin memanfaatkan modem ini menjadi Access Point, maka kita harus merubah menjadi mode bridge.

1. Ubah Menjadi Mode Bridge

Cara setting modem ZTE F609 ke mode bridge, langkah-langkahnya sebagai berikut:
1. Hubungkan komputer anda ke modem menggunakan kabel LAN

2. Setting IP pada ethernet (LAN Card) anda satu segment dengan ip address default router, misalkan kita setting ip komputer menjadi 192.168.1.10




3. Login ke Modem dengan memasukkan IP default 192.168.1



4. Masukkan username dan password login,

Username: admin
Password: admin

atau

Username: admin
Password: Telkomdso123



5. Klik menu Network > WAN > WAN Connection > Connection Name: Create WAN Connection





6. Masukkan Nama koneksi pada New Connection Name: Bridge-WifiLAN > Type: Bridge Connection > Klik tombol Create

7. Lakukan Port Binding, hal ini dimaksudkan agar supaya interface yang digunakan bisa satu network bridge dengan koneksi yang telah dibuat.

8. Klik menu Port Binding > WAN Connection: Bridge-WifiLAN (Nama koneksi bridge yang sudah dibuat sebelumnya) > klik tombol Submit





2. Setting Access Point 

Selanjutnya bagaimana cara setting modem zte f609 sebagai access point ? Berikut langkah-langkahnya:

1. Klik menu WLAN > Basic > Wireless RF Mode : Enabled > Klik tombol Submit





2. Selanjutnya klik Menu SSID Settings > Choose SSID: SSID1 > Centang Enable SSID > SSID Name: pakiqin.com (contoh nama signal wifi yang akan dipancarkan) > klik Submit




3. Setting Password Access Point

Setting Access Point sudah kita lakukan, langkah selanjutnya kita akan melakukan pengaturan sandi (password) Access Point, Langkah-langkahnya sebagai berikut:

1. Klik menu Security > Choose SSID: SSID1 > Authentication Type: WPA/WPA2-PSK > WPA Passphrase: 12345678 (password yang digunakan agar terhubung ke Access Point) > klik tombol Submit





4. Setting IP Address

Pada pembahasan kita kali ini, ZTE F609 kita fungsikan sebagai bridge network yang meneruskan koneksi internet dari router utama, sehingga Access Point hanya sebagai media penghubung koneksi client ke router utama. Misalkan router utama memiliki ip address 192.168.100.1/24, langkah-langkah setting IP address ZTE F609 adalah sebagai berikut:

1. Klik menu LAN > DHCP Server > LAN IP Address: 192.168.100.254 > subnet mask: 255.255.255.0 > DHCP Server (disabled) >

2. Untuk menyimpan pengaturan, Klik tombol Submit





Sampai pada tahap ini, setting ZTE F609 sebagai Access Point sudah selesai kita lakukan. Langkah terakhir kita lakukan pengujian apakah pengaturan yang kita lakukan berhasil.

5. Pengujian

Langkah-langkah pengujian, sebagai berikut:

1. Hubungkan Router utama menggunakan kabel UTP ke port LAN ZTE F609.

2. Pastikan router utama terdapat service DHCP Server, pastikan juga ZTE F609 kita hidup dan normal.

3. Coba koneksi dengan menggunakan wifi laptop, cari signal SSID pakiqin.com (contoh SSID), dan silahkan hubungkan.




4. Jika berhasil terhubung, lakukan pengecekan IP address yang didapat pada interface wireless, IP harus didapatkan oleh client dari fitur DHCP Server pada router utama.






Demikianlah cara setting modem ZTE F609 menjadi access point, semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel