Jurnal Refleksi Dwi Mingguan Lokakarya 4

Waktu: 15 April 2023
Pukul: 08.00-16.00 WIB
Tempat: SD Negeri 1 Syamtalira Bayu,Aceh Utara
Tema : Praktik Pembelajaran yang Berpihak Pada murid


Pengajar, Peserta, dan Panitia:
Pengajar kegiatan ini adalah pengajar praktik calon guru penggerak sebanyak 6 orang
Peserta kegiatan adalah calon guru penggerak sejumlah 37 orang
Panitia kegiatan ini berasal dari Dinas Pendidikan Aceh Utara, didampingi oleh petugas Lokakarya dari
BGP Provinsi Aceh.

Refleksi ini saya tuangkan setelah melaksanakan lokakarya 4 pada tanggal 15 April 2023 .

Lokakarya adalah kegiatan yang ditunggu -tunggu oleh para Calon Guru Penggerak karena merupakan kegiatan yang menuangkan keluh kesah bersama para CGP lainnya dari berbagai kecamatan di Aceh Utara baik Jenjang SD,SMP,SMA Maupun SMK di aceh utara. Acara pembukaan dihadiri oleh seluruh peserta, pengajar dan panitia sebanyak 50 orang.

CGP dalam kelas kami dibagi menjadi 3 kelompok, untuk mepraktikkan tehnik Coaching terhadap rekan sejawat. Aktifitas pembelajaran yang berlangsung di kelas C pada lokakarya 5 Pendidikan Guru Penggerak Angkatan 7 dipandu oleh 2 orang Pengajar Praktik, yaitu Bu Nurlindayani, Bu sekar Sudesmi dan Pak Ibnu Hajar.

Kegiatan Lokakarya 4 ini membahas tentang Coaching untuk Supervisi . Disini kami para CGP diminta oleh pengajar Praktik untuk berkolaborasi dengan teman kelompok untuk memperaktekkan ilmu pengetahuan terkait Coaching yang telah di pelajari pada ruang Kolaborasi.

Pada kesempatan ini kami para CGP melakukan tanya Jawab sekaligus mendiskusikan pengetahuan dan pengalaman kami masing -masing yang terkait Coaching yang telah kami terapkan di sekolah tempat tugas kami masing-masing.Alhamdulillah dengan mengikuti Kegiatan Lokakarya ini pemahaman saya semakin kuat dan berkembang.

Kegiatan yang dilakukan:

1. Diskusi kelompok
CGP dibagi menjadi Tiga kelompok sehingga satu kelompok berjumlah 6 anggota. Setiap kelompok mempraktikkan teknik Coaching pada rekan sejawat dengan bergantian, ada yang bertugas sebagai Coach, Cochee, Pemantau.

2. Reviu dan Penguatan
Pengajar Praktik melakukan reviu dan penguatan hasil diskusi. Diskusi kelompok
Pada tahapan Gali mimpi, CGP diminta untuk menentukan aktor-aktor siapa saja yang akan dilibatkan bagaimana strategi untuk melibatkan mereka agar program yang direncanakan nanti akan lebih optimal. Setiap CGP saling memberikan masukan kepada anggota kelompok lain. Membuat strategi yang operasional yang langsung dapat dilakukan dan mencantumkan kapan strategi itu akan dilaksanakan.

3. Presentasi kelompok
CGP mempresentasikan hasil diskusi kelompoknya secara bergantian dan saling memberikan tanggapan atau pertanyaan.

Refleksi:
Dalam kegiatan penutup CGP diminta untuk menuliskan jawaban dari pertanyaan pemantik yang diberikan oleh Pengajar Praktik pada sticky notes dan menempelkannya pada kertas plano yang sudah disediakan.

Berikut pertanyaannya:

1. Bagaimana perasaan Bapak Ibu setelah mengikuti sesi lokakarya 5 ini?
2. Apa saja yang telah Bapak Ibu pelajari di sesi Lokakarya ini?
3. Bagaimana Bapak Ibu menerapkan pembelajaran tersebut di sekolah Bapak Ibu bertugas?

Alhamdulillah seluruh agenda dapat terselesaikan dengan lancar. Kegiatan lokakarya 5 ditutup dengan refleksi, do'a dan poto bersama.





 

Sekian uraian yang dapat saya sampaikan dalam Jurnal Refleksi Dwi Mingguan Lokakarya 4 Pendidikan Calon Guru Penggerak Angkatan 7 Provinsi Aceh.


www.pakiqin.com/ search/label/CGP-7
Alamat Portofolio Digital

Ahmad Sodiqin, S.ST
Calon Guru Penggerak Angkatan 7

Nurlindayani, S.Pd
Pengajar Praktik

IRVAN, S.Pd
Fasilitator

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel