Jurnal Refleksi Dwi Mingguan Modul 1.4


Selamat bertemu kembali dengan saya dan kali ini saya akan menuliskan tentang jurnal refleksi dwi mingguan saya pada modul 1.4 tentang Budaya Positif. Jurnal refleksi ini harus dituangkan kedalam jurnal refleksi setiap saya menyelesaikan materi setiap modul. dan jurnal refleksi ini merupakan tugas yang wajib harus dilakukan pada pendidikan guru penggerak oleh semua Calon Guru Penggerak.

  

Kegiatan dan pelajaran dalam modul 1.4 ini telah selesai saya ikuti maka saya akan menuliskan refleksi saya seperti biasanya. Saya akan menuliskan semua pengalaman saya dan semua yang saya rasakan selama mempelajari modul 1. 4 ini dalam artikel ini. Dengan model 4F yang dapat diterjemahkan model 4P yang diprakarsai oleh Dr. Roger Greenaway yaitu:

1. Fact (Peristiwa)

Kegiatan pada Modul 1.4 dimulai dari tanggal 6 Desember 2022 saya mempelajari materi mulai dari diri. Pada materi ini saya mempelajari materi dan membuat pertanyaan maupun pernyataan tentang kasus atau persoalan yang diberikan dalam LMS.

Kemudian pada tanggal 7 sampai dengan 9 Desember 2022 saya mempelajari materi Eksplorasi Konsep yang terdiri dari Disiplin Positif dan Nilai-nilai Kebajikan, Teori Motivasi, Hukuman dan Penghargaan, Restitusi, Keyakinan Kelas, Kebutuhan Dasar Manusia dan Dunia Berkualitas, Restitusi - Lima Posisi Kontrol, Restitusi - Segitiga Restitusi.

Pada tanggal 13 sampai dengan 14 Desember 2022 masuk ruang kolaborasi. Pada ruang kolaborasi ini saya mempelajari materi dan menjawab pertanyaan yang ada di LMS serta saya memberikan tanggapan pernyataan teman calon guru penggerak lainnya. Disini saya dan teman-teman calon guru penggerak lain dibimbing Fasilitaor yaitu Bapak Irvan, S.Pd dengan didampingi juga oleh Pengajar Praktik Ibu Nurlindayani, S.Pd. Dalam diskusi ini calon guru penggerak memahami konsep budaya positif dan saling berdiskusi memberi masukan dan penguatan serta saling menanggapi.

Ruang Kolaborasi Sesi 1 Modul 1.4
 

Pada tanggal 13 Desember 2022 bersama fasilitator lewat vcon dibagi menjadi 4 kelompok ,saya harus mendiskusikan bersama kelompok tentang 4 kasus yang diberikan. Saya masuk di kelompok 1 bersama Ibu Rizawati, S.Pd dan Ibu Sri Mawarni, S.Pd Setelah diskusi tentang 4 kasus tersebut kita diminta menyiapakan presentasi tentang satu kasus yang dipilih kelompok.

Pada tanggal 14 Desember 2022 saya kembali bersama dengan Fasilitator dan teman guru penggerak lainnya melakukan kegiatan presentasi. Saya kelompok 1 mempresentasikan kasus tentang manajer. Pada saat presentasi calon guru penggerak aktif dalam tanya jawab. Setiap kelompok mempresentasikan dan menanggapi presentasi dari kelompok lain. setelah presentasi tugas kelompok semakin sempurna diunggah ke LMS pada sesi unggah ruang kolaborasi.

Ruang Kolaborasi Sesi 2 (Presentasi) Modul 1.4


Terkait: Tugas Ruang Kolaborasi Modul 1.4 Budaya Positif

Pada tanggal 15 Desember 2022 masuk ke Demonstrasi Kontekstual. saya pada kegiatan ini diminta untuk mempraktikkan segitiga restitusi dengan dua kasus berbeda. Selanjutnya untuk diunggah di LMS. Saat itu saya mempraktikkan kasus murid yang tidak mengerjakan tugas dan kasus yang kedua adalah seorang murid yang jarang masuk saat PKL.

Terkait :
Skenario Demonstrasi Konstektual - Penerapan Segitiga Restitusi
Demonstrasi Konstektual Modul 1.4 Budaya Positif - Penerapan Segitiga Restitusi


Pada tanggal 19 Desember saya masuk pada materi elaborasi pemahaman lewat vcon bersama instruktur nasional Ibu Novrini, S.Pd., M.TPd. Disini instruktur memberikan penguatan tentang modul 1.4 tentang budaya positif.

Elaborasi Pemahaman - Modul 1.4

Kemudian saya diminta untuk membuat koneksi antar materi, mengaitkan materi sebelumnya dengan materi sekarang serta membuat kesimpulan. selain itu saya diminta menjawab pertanyaan panduan dalam materi koneksi materi ini yang selambat-lambatnya di unggah ke LMS pada tanggal 23 Desember 2022.

Terkait: Koneksi Antar Materi Modul 1.4

Pada tanggal 23 Desember 2022 juga kami diharuskan membuat tabel Rancangan Tindakan Aksi Nyata Modul 1.4. Setelah itu semua dilanjutkan untuk membuat aksi nyatanya untuk diunggah di LMS. pada tanggal 21 desember saya menjalani post tes modul 1.4 budaya positif. Saya diberikan waktu satu jam untuk menjawab 20 soal pilihan ganda tentang materi budaya positif modul 1.4 ini.

Terkait:
Rencana Tindakan Aksi Nyata Modul 1.4 Aksi Nyata Modul 1.4 - Budaya Positif


2. Feeling (Perasaan)

Setelah mempelajari modul 1.4 perasaan saya menjadi sangat senang dan semakin antusias untuk bisa menerapkan materi modul 1.4 ini. Dan pada saat saya menerapkan membuat keyakinan kelas disitulah saya menemukan hal yang berbeda karena dalam pembuatan keyakinan kelas ini murid dengan kesadaraannya mengungkapkan nilai-nilai kebajikan disiplin positif yang akan diyakininya.

Pada saat pembuatan keyakinan kelas ini perasaan saya senang karena ternyata murid juga antusias melaksanakannya. Selain itu saya juga senang dalam praktik segitiga restitusi untuk memperbaiki kesalahan murid. Pada saat saya melakukan restitusi itu saya sangat menghargai murid karena mau terbuka dengan permasalahan yang dihadapi dan tentang bagaimana cara memperbaikinya. Sangat senangnya perasaannya ketika saya bisa melakukan kedua hal tersebuat. Ketika murid melanggar peraturan mereka harus menerima konsekuensi sesuai dengan apa yang kemarin disepakati.

3. Findings (Pembelajaran)

Pembelajaran bermakna yang saya peroleh setelah mempelajari modul 1.4 budaya positif ini adalah bahwa sebagai calon guru penggerak harus menempatkan diri dalam posisi kontrol yang tepat dalam penerapan budaya positif disekolah yaitu posisi kontrol sebagai manajer dengan manajer dengan menerapkan segitiga restitusi sebagai solusi ketika ada murid yang melanggar keyakinan kelas.

Karena restitusi menciptakan kondisi murid untuk memperbaiki kesalahan merekabisa kembali pada kelompok mereka dengan karakter yang lebih kuat (Gossen;2004). Dan memang benar hal tersebut dapat menyelesaikan masalah selesai dengan damai dan anak-anakpun tidak kehilangan identitas mereka justru mereka kembali dengan karakter yang lebih kuat dan lebih baik.

4. Future (Penerapan)

Sebagai penerapan kedepan saya adalah sebagai berikut:
  • Mengimbaskan kepada rekan sejawat apa yang sudah saya pelajari dan praktekkan

  • Membuat keyakinan kelas pada kelas yang lain

  • Selalu menerapkan segitiga restitusi untuk memperbaiki kesalahan murid
Sekian uraian yang dapat saya sampaikan dalam Jurnal Refleksi Dwi Mingguan Modul 1.4 Pendidikan Calon Guru Penggerak Angkatan 7 Provinsi Aceh.
 

www.pakiqin.com/ search/label/CGP-7
Alamat Portofolio Digital

Ahmad Sodiqin, S.ST
Calon Guru Penggerak Angkatan 7

Nurlindayani, S.Pd
Pengajar Praktik

IRVAN, S.Pd
Fasilitator

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel