Cara Melihat Password Wifi di Laptop yang Simple dan Cepat

Ingin mengetahui cara melihat password wifi di laptop? Jangan khawatir, karena sekarang sudah banyak sekali teknik-teknik sederhana yang sangat mudah diikuti step-stepnya. Ada banyak alasan mengapa orang ingin melihat password Wifi, Inilah ulasan lengkapnya.

Alasan Ingin Melihat Password Wifi


Berbagai alasan yang menjadi pemicu seseorang ingin melihat password Wifi. Namun semuanya pasti bertujuan untuk kebutuhan kegiatan berseluncur di dunia maya seperti bermain media sosial, games online atau lainnya. 



Berikut ini beberapa alasan yang bisa membuat seseorang ingin mengetahui password Wifi.

1. Bermaksud Mengganti Password Wifi

Alasan pertama adalah ingin mengganti password wifi. Hal ini biasanya dilakukan untuk mengamankan koneksi karena banyak peretas yang berhasil menjebol jaringan internet.  Sehingga jika digunakan akan terasa lebih lemot dibanding biasanya.

Maka dari itu, untuk menghindari kondisi ini pengguna harus mengganti password secara berkala agar tidak ada yang diam-diam menggunakan jaringan Wifi tersebut. Dalam proses pengubahannya akan memerlukan kata sandi, jadi jangan sampai lupa.


2. Lupa Dengan Password Wifi

Lupa dengan password Wifi memang sering sekali dialami oleh sebagian orang. Maka dari itu mempelajari cara melihat kata sandi adalah hal yang sangat penting. Karena apabila terjadi sesuatu ke depannya tidak perlu panik.

Maka untuk menghindari hal ini, kebanyakan orang mencatat passwordnya di belakang router agar jika mengalami kelupaan dapat langsung melihat. Namun apabila sudah terlanjur, Anda bisa langsung mencari tahu cara melihat kata sandi melalui laptop atau PC.

3. Ingin Kuota Gratis

Berselancar di dunia maya memang merupakan aktivitas rutin yang dilakukan oleh orang di jaman sekarang. Perkembangan teknologi digital menimbulkan perubahan cukup drastis pada kebiasaan masyarakat saat ini.

Maka dari itu, di jaman sekarang kuota merupakan kebutuhan yang cukup urgent. Karena seluruh kegiatan baik dari bidang pendidikan, pekerjaan hingga perekonomian, semuanya bisa dijalankan melalui online.

4. Berbagi Wifi dengan Teman

Kerap kali orang tidak pernah mencatat password wifi yang telah digunakan karena mereka berpikir apabila datang kembali ke tempat tersebut pasti akan terkoneksi secara otomatis. Namun bagaimana jika ada teman juga ingin menggunakan?

Hal inilah yang menyebabkan penggunaingin segera mengetahui passwordnya. Karena biasanya di Windows tipe tertentu tidak dapat langsung terlihat kata sandinya. Jadi harus memasuki menu khusus untuk mendapatkannya. 


Beberapa Cara Melihat Password Wifi Melalui Laptop


Tak bisa bisa online karena lupa dengan password wifi? Kini melalui laptop, Anda sudah bisa mencari kata sandinya. Jadi tak perlu panik, sebab sekarang bisa diatasi secara mudah menggunakan beberapa cara berikut.

1. Melalui Network and Sharing Center

Cara melihat password wifi di laptop Windows 10 bisa melalui menu Network and Sharing Center yang jika dilihat secara pengelompokannya termasuk pada Control Panel. Tekniknya sangat simple sehingga Anda dapat dengan mudah mengikuti setiap step-stepnya. 

cara melihat password wifi di laptop windows 10


Pertama, buka wifi pada menu taksbar kemudian pilihlah “jaringan dan internet”. Setelah itu, di dalamnya pengguna dapat langsung mengakses“Network and Sharing Center”, lalu klik “security” dan tinggal pilih namanya.

2. Menggunakan CMD

Untuk memulai cara melihat password wifi di laptop dengan CMD, pertama-tama klik kanan pada “start” lalu klik Command Prompt (Admin). Setelah itu, ketik netsh wlan show profile name="nama SSID WiFi" key=clear dan enter. Kemudian akan muncul berbagai informasinya.

cara melihat password wifi di laptop dengan cmd


Tampilan informasinya berupa nama wifi dan juga passwordnya akan muncul, sehingga selanjutnya Anda sudah dapat online melalui jaringan tersebut. Jadi teknik CMD ini merupakan cara untuk melihat berbagai network yang pernah terkoneksi dengan laptop.


3. Menggunakan Aplikasi WirelessKeyView

Dengan menginstal aplikasi WirelessKeyView ini, Anda dapat mengetahui seluruh kata sandi yang tersimpan di Windows. Software pihak ketiga tersebut cukup ringan dan mudah dioperasikan sehingga siapapun bisa menggunakannya.

password wifi dengan WirelessKeyView


Pada saat Anda membukanya, akan muncul beberapa kolom yaitu network name dan key. Jadi secara otomatis jika memang jaringan pernah terkoneksi dengan laptop pasti akan terekam di dalam Windows dan secara mudah dapat terbaca oleh aplikasi ini.

Untuk mendapatkan aplikasinya, silahkan klik link dibawah ini:

4. Menggunakan Aplikasi WiFi Password Revealer

Cara melihat password wifi di laptop selanjutnya adalah menggunakan aplikasi WiFi Password Revealer untuk melihat password jaringan yang pernah terhubung dengan laptop. Namun untuk menggunakannya lakukan pengunduhan dahulu secara online.

WiFi Password Revealer


Aplikasi pihak ketiga ini secara mudah dapat memperlihatkan semua nama wifi yang pernah terkoneksi beserta kata sandinya. Jadi Anda bisa langsung memilih dan menghubungkannya dengan cara memasukkan password.

Untuk mendapatkan aplikasinya, silahkan klik link dibawah ini:

5. Melihat Password Wifi yang Sudah Terhubung Di Laptop

Cara melihat password wifi yang sudah terhubung di laptop adalah dengan mengklik lambang jaringan di kanan bawah. Kemudian pilihlah open network and sharing center, lalu nantinya akan terlihat nama Wireless Fidelity.

Setelah itu, klik 2 kali tepat pada nama wifi yang terkoneksi dan passwordnya akan muncul. Jangan lupa centang show character agar kata sandi dapat terlihat di Network Security Key sehingga Anda jadi bisa menyimpannya.

6. Cara Melihat Password WiFi di Windows 7

Pada umumnya, orang ingin mengetahui password wifi dikarenakan tidak mencatat dan lupa. Biasanya user merasa tidak perlu menyimpannya karena apabila menempati posisi di dalam radius akan langsung otomatis terkoneksi.

Untuk mengatasi hal ini, pertama-tama klik kanan ikon jaringan di pojok kanan bawah layar, lalu pilih properties. Setelah itu, centang show characters untuk melihat kata sandi. Kemudian copy lalu masukkan pada kolom password pada menu koneksi.

7. Cara Melihat Password Wifi di Laptop Windows 8

Cara melihat password wifi di laptop Windows 8 hampir sama dengan seri 10 jadi pada umumnya tidak ada perbedaan yang terlalu mendasar. Anda bisa melihat kata sandinya di menu Network and Sharing Center.

Kemudian Anda bisa memasuki wireless properties dan selanjutnya bisa langsung melihat nama wifi beserta kata sandinya. Karena setiap laptop terkoneksi, Windows akan merekam jejaknya maka pilihlah sesuai keinginan.


8. Menggunakan Konfigurasi IP-Address

Jika Anda ingin mengetahui password wifi khususnya yang memakai router, bisa mengikuti cara ini. Pertama-tama pilihlah dulu jaringannya, kemudian klik opsi connect lalu akan muncul permintaan memasukkan kata sandi. 

Setelah itu ketik http//:192.168.1.254, lalu isi username and password dengan ADMIN. Selanjutnya, masuk ke pengaturan kemudian pilih opsi wifi untuk menemukan kata sandinya dan laptoppun sudah bisa terkoneksi.

9. Menggunakan Aplikasi Wifi Warden

Untuk menginstal aplikasi ini, Anda cukup mendownload lebih dulu melalui online. Jika sudah selesai, buka dan pilihlah opsi signals yang nantinya akan menampilkan berbagai id wifi. Lalu klik salah satunya dan hubungkan melalui WPS.

Wifi Warden


Selanjutnya pilihlah calculate PIN untuk mendapatkan kata sandinya. Setelah itu akan muncul beberapa password, Anda bisa memilih salah satu dan mengklik try all PIN. Lalu tunggu hingga laptop terkoneksi.

Itulah beberapa cara melihat password Wifi di laptop yang praktis, aman dan mudah. Pastikan memilih cara yang paling disukai. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel