Jurnal Refleksi Dwi Mingguan Modul 1.3

Pada kesempatan ini saya akan menulis tentang apa yang sudah saya lakukan pada pendidikan Guru penggerak di materi Modul 1.3 yaitu tentang Visi Guru Penggerak. Jurnal ini dibuat untuk melakukan refleksi diri setelah mengikuti sebuah kegiatan pendidikan, Jurnal ini ditulis secara rutin setiap dua mingguan. Jurnal dwi mingguan merupakan salah satu tugas yang harus dibuat oleh setiap calon guru penggerak.



Jurnal Dwi mingguan ini harus saya tulis untuk menggambarkan refleksi saya setelah mempelajari Modul 1.3 dan ini merupakan tugas setelah berakhirnya modul yang dipelajari sebagai seorang Calon Guru Penggerak. Saya akan menuliskan semua pengalaman saya dan semua yang saya rasakan selama mempelajari modul 1. 3 ini dalam artikel ini.

Kegiatan dan pelajaran dalam modul 1.3 ini telah selesai saya ikuti maka saya akan menuliskan refleksi saya seperti biasanya dengan model 4F yang dapat diterjemahkan model 4P yang diprakarsai oleh Dr. Roger Greenaway yaitu:

1. Fact (Peristiwa)

Pada tanggal 21 November 2022 saya mengikuti Lokakarya 1, bertempat di SDN 1 Nisam Kabupaten Aceh Utara, dari jam 08.00 sampai selesai, saya belajar dan berdiskusi komunitas Praktisi, Mengidentifikasi Komunikasi Praktisi dan menganalisa Pemetaan Komunitas Praktisi, serta memahami Peran Guru Penggerak dalam menggerakkan Komunitas Praktisi, melihat potensi komunitas Praktisi, materi diberikan secara menarik dan menyenangkan oleh para Pengajar Praktek , dengan diselingi ice breaking dan permainan yang bermakna dan sangat menyenangkan.

Lokakarya 1 di SD Negeri 1 Nisam Kabupaten Aceh Utara

Pada tanggal 22 November 2022 saya mulai mempelajari materi mulai dari diri dan eksplorasi konsep secara mandiri. Pada modul ini CGP diarahkan dapat merumuskan visinya sebagai guru penggerak yang sesuai dengan profil pelajar Pancasila dan pada eksplorasi konsep saya belajar memahami pentingnya visi yang berpihak pada murid sebagai landasan segala inisiatif perubahan dalam pendidikan.

Tugas Mulai dari Diri Modul 1.3 Visi Guru Penggerak

Terkait: Mulai dari Diri Modul 1.3 Visi Guru Penggerak

Pada tanggal 26 November 2022 adalah agenda ruang Kolaborasi Modul 1.3 dengan fasilitator saya yaitu Bapak Irvan, S.Pd dengan didampingi pengajar Pratik Ibu Nurlindayani, S.Pd. Membahas materi tentang “Pernyataan prakarsa perubahan BAGJA “. Dalam diskusi dibentuk 2 kelompok.

Ruang Kolaborasi Sesi 1 Modul 1.3

Dan saya di kelompok 1 bersama Ibu Widya Astuti, S.Pd.I, Bapak Zainal Abidin, M.Pd, Ibu Rizawati, M.Pd dan juga Ibu Fauni, S.Pd. Saya dan anggota kelompok yang lain harus merumuskan visi sebagai guru penggerak dan harus disepakati satu kelompok kemudian kita harus membuat sebuah prakarsa perubahan dan kita juga harus membuat tahapan BAGJA nya sesuai dengan prakarsa perubahan kita yang telah disepakati satu kelompok.

Diskusi Kelompok 1 pada Ruang Kolaborasi Sesi 1


Selain itu saya juga belajar memahami mengapa dan bagaimana manajemen perubahan dengan pola pikir positif melalui pendekatan inkuiri apresiatif dilakukan. Saya juga belajar tentang tahapan BAGJA yaitu Buat pertanyaan, Ambil pelajaran, gali Mimpi, Jabarkan rencana dan Atur eksekusi.

Pada 28 November 2022 tiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi serta pemberian Umpan balik dan saling diskusi menyampaikan pendapat dan mengomentari pendapat kelompok lain. Banyak pengalaman dan pengetahuan baru yang saya dapatkan di kegiatan presentasi tesebut.

Ruang Kolaborasi Sesi 2 Modul 1.3

Terkait: Ruang Kolaborasi Modul 1.3 - Kanvas BAGJA

Pada tanggal 29 sampai dengan 30 November kita harus mempelajari materi demonstrasi kontekstual dan harus membuat tugasnya, jatuh tempo penugasan mandiri demontrasi Konstektual pada tanggal 5 Desember 2022.

Terkait: Demonstrasi Kontekstual - Modul 1.3

Pada tanggal 2 Desember 2022 dilanjutkan dengan Elaborasi Pemahaman tentang Prakarsa Perubahan diri bersama Instruktur bapak Dr. Ir. I Ketut Suarnaya, SST, M. Disini kita telah belajar antara lain menentukan kalimat visi yang sesuai profil pelajar Pancasila, menentukan prakarsa perubahan yang menantang,bermakna,kontekstual dan relevan, memahami bahwa prakarsa perubahan adalah bagian dari visi yang akan dicapai , membuat tahapan BAGJA untuk rencana perubahan ditempat dimana kita berkarya menggunakan paradigma dan pendekatan inkuiri apresiatif dan menjalankan semua rencana perubahan tersebut ditempat kita berkarya.

Di tanggal yang sama saya mulai mengerjakan tugas Koneksi antar materi yang jatuh pengumpulan tugasnya tanggal 7 Desember 2022.

Terkait: Koneksi Antar Materi Modul 1 3 Visi Guru Penggerak


2. Feeling (Perasaan)

Perasaan saya selama mempelajari modul 1.3 tentang visi Guru Penggerak ini adalah senang dan semakin termotivasi untuk semangat dalam menjalankan pendidikan guru penggerak. Selain itu saya juga bersemangat dalam menerapkan dan menjalankan visi dan menjalankan rencana perubahan yang sudah saya rumuskan.

Semangat dan motivasi saya ini akan membuat aura positif dalam menjalankan prakarsa perubahan saya sehingga visi saya akan terwujud. Banyak hal baru yang saya pelajari dalam materi modul 1.3 untuk membuat visi gambaran untuk mewujudkan murid yang berkarakter baik dimasa mendatang.

3. Findings (Pembelajaran)

Setelah mempelajari modul 1. 3 ini saya dapat mengetahui bahwa dalam memimpin perubahan positif harus berpikir strategi dan memahami imkuiri apresiatif sebagai paradigma. Tahapan BAGJA merupakan model manajemen perubahan yang merupakan akronim dari Buat pertanyaan utama,Ambil pelajaran, Gali mimpi, Jabarkan rencana dan Atur eksekusi sebagai terjemahan bebas yang diadopsi dari model 5D sebagai bagian dari inkuiri apresiati (Define, Discover, Dream, Design, Deliver).

Untuk melakukan perubahan yang positif tidak harus bermula dengan mengidentifikasi permasalahan yang ada,namun kita fokuskan pada kekuatan apa yang telah kita miliki sehingga sehingga pemikiran kita diarahkan arah yang positif. Selain itu saya juga dapat merumuskan visi sebagai Guru penggerak, merumuskan prakarsa perubahan dan membuat tahapan BAGJA.

4. Future (Penerapan)

Setelah mempelajari modul 1.3 ini yaitu tentang visi guru penggerak maka saya akan berusaha menerapkan dan mewujudkan visi yaitu "Mewujudkan murid yang Beriman dan Bertakwa kepada Tuhan YME, Berakhlak Mulia, Mandiri, Kreatif, Inovatif dan Berwawasan Global” yang sesuai dengan profil Pelajar Pancasila". Dan saya akan menerapkan prakarsa perubahan yang saya rumuskan yaitu "Mewujudkan murid yang kreatif melalui pembelajaran yang menyenangkan”. Melalui pembelajaran dengan metode role playing kemudian diunggah dalam media sosial youtube

Melalui pembelajaran yang menyenangkan yang berpihak pada murid sehingga membuat murid berkreasi dan berinovasi dalam mengembangkan ide dalam pembelajaran. Untuk mewujudkan murid yang kreatif melalui pembelajaran yang menyenangkan saya harus melakukan kolaborasi dengan rekan sejawat dan pihak sekolah untuk mewujudkan visi dan prakarsa perubahan saya sebagai guru penggerak

Sekian uraian yang dapat saya sampaikan dalam Jurnal Refleksi Dwi Mingguan Modul 1.3 Pendidikan Calon Guru Penggerak Angkatan 7 Provinsi Aceh.


www.pakiqin.com/ search/label/CGP-7
Alamat Portofolio Digital

Ahmad Sodiqin, S.ST
Calon Guru Penggerak Angkatan 7

Nurlindayani, S.Pd
Pengajar Praktik

IRVAN, S.Pd
Fasilitator

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel