iklan header

4 Tips Membuat Packaging Makanan Unik Agar Produkmu Makin Menarik

Di era modern ini, ada banyak sekali jenis kemasan yang digunakan. Dibuat dari berbagai macam material, seperti plastik, kertas, kardus, styrofoam, dan sebagainya, kemasan diharapkan bisa menjadi pelindung untuk makanan yang ada di dalamnya. Tak sedikit pula brand yang menggunakan kemasan sebagai senjata dalam promosi agar penjualan mereka melejit. Hal ini pun dikarenakan perilaku pembelian konsumen yang membeli sebuah produk hanya karena kemasannya yang menarik, bukan karena produk itu sendiri. Oleh karenanya, kamu harus mampu membuat packaging makanan unik agar tidak kalah bersaing dengan para kompetitor.

Penggunaan packaging makanan unik ini bisa kamu terapkan untuk berbagai jenis produk makanan. Mulai dari makanan ringan seperti keripik, produk frozen food seperti nugget, siomay, dan sebagainya. Kamu juga bisa coba pakai kemasan unik ini untuk produk makanan yang perlu dihangatkan dengan microwave, seperti makanan instan. Keunikan yang bisa kamu perlihatkan dari kemasanmu adalah visualnya ataupun bentuknya.


Dengan memanfaatkan packaging makanan unik, penjualan kamu bisa dilakukan dengan lebih baik. Hal ini juga tentunya dapat membantu branding kamu sehingga konsumen lebih mengenal dan berkeinginan untuk membeli produk yang kamu tawarkan. Ini pun berkenaan dengan fungsi kemasan sebagai alat promosi. Dimana kamu tidak perlu hadir secara langsung di hadapan konsumen agar mereka mau membeli produkmu. Cukup biarkan produk kamu yang dikemas dengan cantik terpajang pada rak display supermarket, dan dia akan menarik konsumen dengan sendirinya.

Kemasan dapat dikatakan berperan sebagai garda terdepan penjualan. Karena kemasan adalah hal pertama yang dilihat dan dikenali oleh konsumen, sebelum mereka benar-benar mengenal dan mencoba produk yang ada di dalamnya. Agar bisa menentukan seperti apa packaging makanan unik yang bisa kamu terapkan pada brand kamu, kamu bisa coba menerapkan beberapa tips berikut. Penasaran apa saja? Yuk simak ulasan berikut ini!

1. Menggunakan warna yang solid

Salah satu tren packaging makanan unik di tahun 2021 ini adalah menggunakan warna solid yang fresh. Dimana hanya ada satu warna yang digunakan. Kamu bisa memilih jenis warna yang bright dan bold agar bisa langsung memancing perhatian konsumen, dan tampak lebih menonjol ketika disandingkan dengan produk dari brand lain.

2. Menyelipkan cerita

Saat ini konsumen memiliki tingkat keingintahuan yang lebih besar. Mereka tidak hanya ingin mengonsumsi produk kamu saja. Namun mereka pun ingin mengetahui tentang bagaimana produkmu diolah, darimana kamu mendapatkan bahan baku, apa value dari brand kamu. Hal-hal tersebut tentunya bisa kamu selipkan dalam kemasan untuk menciptakan packaging makanan unik.

Untuk melakukan branding yang efektif, kamu bisa menuangkan cerita tentang brand atau produk yang kamu buat. Selain itu, kamu juga bisa menambahkan maskot agar packaging makanan unik dan brand kamu melekat di ingatan konsumen. Pembuatan maskot ini pun tentunya harus kamu sesuaikan dengan target konsumen agar bisa tampak lebih menarik dan membuat mereka menginginkan produk yang kamu jual.

3. Penggunaan nama produk di bagian depan dan tengah kemasan

Dibandingkan dengan memakai logo sebagai highlight utama, salah satu cara lain yang bisa kamu coba untuk membuat packaging makanan unik adalah dengan menggunakan nama produk di bagian depan dan tengah kemasan. 

Kamu bisa menerapkan cara ini dengan font juga tipografi agar tampilannya terlihat lebih menarik. Pastikan juga kalau ukuran yang kamu gunakan sudah tepat dan bisa dilihat dari kejauhan oleh konsumen. 

4. Memakai ilustrasi produk

Buatlah konsumen bisa membayangkan produk yang kamu jual hanya dengan melihat kemasannya saja. Untuk membuatnya menjadi packaging makanan unik, kamu bisa memakai ilustrasi kecil yang menggambarkan produk kamu. Selain bisa menunjukan isi produk, hal ini pun dapat menambah nilai artistik pada kemasan yang kamu gunakan.

Selain menerapkan ide-ide packaging makanan unik yang telah disebutkan, perlu diingat juga kalau kemasan yang kamu buat harus sederhana dan jelas. Sebab konsumen saat ini lebih concern dengan hal-hal yang berkaitan dengan manfaat dari sebuah produk. Bahkan berdasarkan studi, sebanyak 85% konsumen merasa bahwa keputusan pembelian mereka bergantung pada informasi yang tercantum pada kemasan produk yang hendak mereka beli.


Menampilkan desain kemasan yang sederhana dan jelas adalah hal mendasar yang dibutuhkan oleh packaging makanan unik yang kamu buat. Namun tidak hanya itu saja, penggunaan visual yang menarik pun perlu kamu lakukan. Apabila tampilannya kurang menarik, pastinya konsumen pun enggan untuk membelinya. Jangan lupa juga untuk menggunakan bahasa yang sesuai dengan target konsumenmu agar mereka lebih tertarik untuk membeli produk yang kamu tawarkan.

Sudah mulai terpikir untuk membuat custom packaging makanan seperti apa? Kalau sudah, langsung aja hubungi Supernova Digipack! Kami adalah vendor kemasan makanan yang bisa membantu meningkatkan kualitas kemasan kamu! Merupakan bagian dari PT. Supernova Flexible Packaging, tim kami sudah memiliki pengalaman lebih dari 30 tahun dalam pembuatan kemasan fleksibel. Jadi kamu nggak perlu merasa ragu lagi dengan kualitas kemasan yang kami hasilkan. Berikut beberapa jenis kemasan yang bisa kamu pesan di Supernova Digipack:

1. Kemasan Standing Pouch

Salah satu jenis packaging makanan unik yang populer saat ini adalah standing pouch. Dengan bentuknya yang bisa diberdirikan, standing pouch bisa membantu produk kamu tampak lebih outstanding. Apa lagi kalau kamu tambahkan fitur zipper lock yang bisa menambah nilai produkmu. Sebab zipper lock dapat membuat konsumen lebih nyaman ketika membuka produk dan bisa langsung menutupnya kembali.

2. Kemasan Gusset

Jenis packaging makanan unik yang bisa kamu pakai untuk produk seperti biskuit. Kemasan ini bisa menjaga produkmu dari paparan sinar cahaya matahari langsung, dan pastinya kedap udara. Produk kamu bisa terlindungi dengan baik dan tetap terjaga kualitasnya ketika tiba di tangan konsumen kamu nanti.

3. Kemasan Vacuum Pack

Kalau kamu menjual makanan frozen food, kamu bisa lho pakai jenis kemasan vacuum pack. Dengan proses vakum, yaitu proses mengeluarkan udara dari dalam kemasan, packaging makanan unik ini bisa meningkatkan shelf life produk kamu sehingga lebih awet dan tahan lama.

4. Kemasan Three Block Seal

Apabila kamu ingin menjual produk yang ekonomis dan berukuran kecil, kamu bisa pakai jenis packaging makanan unik berupa three block seal! Kemasan ini tidak membutuhkan biaya yang besar untuk proses produksinya sehingga bisa meminimalisir biaya produksimu.

5. Kemasan Central Seal

Salah satu jenis packaging makanan unik yang banyak digunakan untuk produk makanan ringan seperti keripik. Kemasan ini akan diisi dengan nitrogen terlebih dahulu sebelum di-seal agar bisa menjaga tekstur makanan tetap utuh dan tidak mudah hancur.

Supernova Digipack sudah tersertifikasi FSSC 22000 Food Safety Management sehingga seluruh proses produksi kemasan sudah sesuai dengan standar prosedur keamanan pangan. Untuk material yang kami gunakan pun sudah pasti food grade dan tidak akan membahayakan kesehatan konsumen kamu! Untuk bisa menghasilkan cetakan yang berkualitas tinggi pada packaging makanan unik milikmu, kami menggunakan mesin digital printing terkini yaitu HP Indigo 20000, dimana mesin ini bisa menghasilkan cetakan dengan warna kontras, sangat tajam, dan pastinya tidak mudah luntur.

Tunggu apa lagi? Yuk segera buat packaging makanan unik untuk produkmu hanya di Supernova Digipack! Minimal order cuma 500 pcs saja lho! Untuk informasi lebih lengkap dan pemesanan silahkan kunjungi website Supernova Digipack ya!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel