iklan header

Rekomendasi Plastik Bungkus Makanan Untuk Produk UMKM

Penggunaan plastik bungkus makanan saat ini memang populer digunakan dalam bidang kuliner. dengan sifatnya yang kuat, plastik bisa menjaga produk yang ada di dalamnya dengan baik. Selain itu, plastik memiliki bobot yang ringan bila dibandingkan dengan jenis bahan kemasan lainnya seperti kaleng ataupun kaca. Hal ini membuat kemasan makanan yang dibuat dengan bahan plastik bisa meminimalisir biaya pengiriman kamu.

Ada banya jenis plastik yang bisa digunakan untuk mekasan makanan kamu. Namun jangan sampai kamu menggunakan plastik bungkus makanan yang salah. Karena pada kenyataannya, tidak semua jenis plastik aman untuk digunakan sebagai kemasan makanan. Meskipun sama-sama terbuat dari bahan plastik, namun plastik tersebut telah melalui proses pengolahan yang berbeda-beda sehingga senyawa yang terkandung di dalamnya pun akan berbeda satu sama lain.


Plastik Bungkus Makanan Food Grade

Penggunaan plastik bungkus makanan food grade saat ini memang sangat diperlukan. Karena pandemi, konsumen menjadi lebih melek akan isu kesehatan dan juga kebersihan. Terlebih untuk produk seperti makan yang akan mereka konsumsi langsung. Pastinya kebersihan dan keamanan adalah hal utama yang diperhatikan. Oleh karenanya, kamu harus menggunakan jenis kemasan food grade.

Plastik bungkus makanan foot grade adalah jenis kemasan yang tidak akan menyalurkan zat-zat berbahaya dan beracun terhadap makanan yang dikemasnya. jadi produk kamu bisa tetap terjaga kehigienisannya dan aman untuk dikonsumsi oleh para konsumen. Bisa kamu bayangkan apabila kamu menggunakan kemasan non-food grade sehingga ketika konsumen ingin mengonsumsi makanan yang kamu jual, terhadap zat-zat beracun yang berasall dari kemasan itu sendiri? Pastinya kamu tidak akan mau hal seperti ini terjadi bukan?

Penggunaan plastik bungkus makanan ini sangatlah penting. Sebab kemasan bisa membantu kamu saat produk dalam proses distribusi. Coba bayangkan apabila kamu menjual keripik, namun keripik tersebut tidak memiliki kemasan. Pastinya kamu akan kesulita mengirimkan keripik tersebut pada konsumen kan? Oleh sebab itu, jangan sepelekan peran kemasan untuk produk dan juga keberlangsungan branf kamu ya!

Ada beberapa jenis material yang bisa kamu jadikan sebagai plastik bungkus makanan, seperti Polythylene Terephthalate (PET), Polypropylene (PP), Low Density Polythylene (LDPE), serta High Density Polyethylene (HDPE). Material-material ini sudah termasuk kategori food grade sehingga aman untuk diaplikasikan pada oroduk makanan yang hendak kamu jual.

Pemilihan plastik bungkus makanan ini pastinya perlu kamu sesuaikan dengan makanan yang ingin kamu kemas. apabila kamu ingin mengemasnya untuk produk makanan yang nantinya perlu dihangatkan, pastikan kalau materiall yang digunakan memiliki ketahanan yang baik terhadap suhu panas. Sebab kalau materialnya tidak dapat menahan suhu panas ketika produk dipanaskan, akan membuat material kemasan menjadi berbahaya.

Sebaliknya, apabila kamu ingin mengemas produk yang nantinya harus disimpan di dalam freezer, kamu harus memilih plastik bungkus makanan yang dibuat dari material tahan suhu dingin. Pastinya kalau plastik yang digunakan memiliki permukaan yang kuat dan tidak mudah rusak, sehingga bisa menjada kualitas produk kamu dengan baik.

Tidak hanya mengenai ketahanannya terhadap suhu tertentu saja, bentuk dan ukuran dari plastik bungkus makanan yang kamu gunakan juga harus disesuaikan dengan produk. Kalau kamu ingin menjual produk dalam kuantitas yang kecil, pastinya kamu tidak mungkin menggunakan kemasan berukuran besar kan Selain kurang enak dilihat, kemasan besar yang hanya diisi dengan sedikit produk akan menimbulkan kekecewaan pada konsumen.


Bentuk Plastik Bungkus Makanan

Untuk bentuk plastik bungkus makanan, kamu bisa pilih yang paling sesuai dengan produk kamu. Untuk itu, kamu perlu mengetahui karakreristik dari produk makanan yang ingin kamu jual, sehingga kamu bisa mengetahui jenis kemasan seperti apa yang bisa mempertahankan kualitas makanan tersebut semaksimal mungkin. Berikut beberapa rekomendasi jenis plastik bungkus makanan yang bisa kamu gunakan:

1. Kemasan Vacuum Pack

Plastik bungkus makanan yang bisa kamu gunakan untuk produk frozen food seperti bakso, sosis, siomay, nugget dan sebagainya. Kemasan jenis ini akan melalui proses vakum terlebih dahulu, dimana udara yang ada di dalam kemasan akan dikeluarkan, untuk kemudian memasuki proses sealing kemasan.


2. Kemasan Standing Pouch

Salah satu jenis plastik bungkus makanan yang banyak digunakan untuk produk makanan ringan seperti keripik. Selain makanan ringan, kamu juga bisa menggunakan kemasan ini untuk produk seperti teh maupun kopi bubuk. Dengan bentuknya ang bisa diberdirikan, standing pouch bisa membuat produk kamu terlihat lebih stand out ketika diletakkan pada tak display. Kamu juga bisa menambahkan fitur zipper lock untuk menambahkan kenyamanan konsumen ketika mengonsumsi produk. Sehingga mereka bisa dengan mudah membuka kemasan dan langsung menutupnya kembali.


3. Kemasan Gusset

Kalau kamu ingin menjual produk seperti biskuit, kamu bisa menggunakan plastik bungkus makanan berjenis gusset. Kemasan ini memiliki ketahanan terhadap udara dan paparan sinar cahaya matahari langsung sehingga bisa menjada kualitas produk kamu dengan baik. Apabila kamu berniat untuk menjual produk kopi, kemasan gusset bisa kamu jadikan andalan. Dilengkapi dengan fitur valve, kemasan ini bisa menjada kualitas biji kopi kamu dengan maksimal.


4. Kemasan Central Seal

Pasti kamu sering melihat jenis kemasan ini di supermarket kan? Jenis produk apa yang biasanya dikemas dengan plastik bungkus makanan ini? Iya betul, kemasan ini seringkali digunakan untuk produk makanan ringan. Sebelum memasuki proses sealing, kemasan central seal biasanya akan diisin dengan nitrogen terlebih dahulu. Tujuannya agar bisa mengisi udara di dalam kemasan yang dapat menjada tekstur makanan ringan tetap utuh dan tidak mudah hancur.


5. Kemasan Three Block Seal (Sachet)

Plastik bungkus makanan three block seal atau yang lebih dikenal dengan sachet ini memiliki ukuran yang ekonomis. Sehingga cocok untuk kamu yang ini menjual produk makanan ringan dalam ukuran yang tidak terlalu besar. Penggunaan kemasan ini populer digunakan karena tidak membutuhkan biaya produksi yang besasr dan mililiki cakupa pasar yang luas.


Bagaimana? Sudah tahu mau menggunakan plastik bungkus makanan sepert apa? Anda ingin tahu dimana yang jual kemasan makanan berkualitas? Langsung aja hubungi Supernova Digipack! Kami menyediakan berbagai jenis kemasan fleksibel yang bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan. Dengan kualitas kemasan setara kelas industri, kamu bisa memesan kemasan hanya dengan MOQ 500 pcs saja dan tentunya dengan harga yang bersahabat.

Menggunakan mesin digital printing terkini yaitu HP Indigo 20000, Supernova Digipack bisa menghasilkan cetakan desain yang sangat baik pada plastik bungkus makanan kamu. Warna yang dicetak sangat tajam, kontras, dan tidak mudah luntur. DIjamin bisa bikin konsumen kamu semakin tertarik dengan produk yang kamu jual.

Supernova Digipack sudah tersertifikasi FSSC 22000 Food Safety Management sehingga proses produksinya telah sesuai dengan standar prosedur keamanan pangan. Material yang digunakan pun berkualitas baik dan pastinya food grade. Sehingga aman untuk dijadikan plastik bungkus makanan produk kamu.

Tunggu apa lagi? Ayo segera pesan plastik bungkus makanan yang fleksibel dan higienis hanya di Supernova Digipack! Untuk informasi lebih langkap dan pemesanan langsung aja kunjungi website Supernova Digipack ya!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel