iklan header

Wajib Tahu! Cara Menyimpan Buah Kering Kemasan Untuk Bisnis UMKM

Camilan merupakan salah satu jenis makanan yang gemar dikonsumsi oleh masyarakat. Mulai dari anak kecil, remaja, hingga orang dewasa menyukainya . Namun di tengah pandemi seperti ini, banyak konsumen yang lebih memilih untuk mengonsumsi makanan sehat agar imunitas tubuh tetap terjaga. Salah satu jenis camilan sehat yang banyak dikonsumsi adalah buah kering kemasan.

Buah kering kemasan bisa dibuat dari berbagai jenis buah. Mulai dari pisang, jeruk, apel, hingga anggur. Prociuk ini memiliki banyak manfaat untuk tubuh karena kaya akan antioksidan, mengandung omega 3 dan omega 6, serta tinggi serat. Hal ini membuat buah kering kemasan bisa membantu konsumen untuk meminimalisir resiko penyakit jantung, diabetes , mengatasi masalah pencernaan, juga bisa membantu untuk menyusun kepadatan tulang.



Usaha buah kering kemasan ini pun sudah banyak dilakukan oleh para pengusaha. Proses pembuatannya yang praktis dan bisa mencakup pasar yang luas membuat jenis usaha ini digemari. Melihat adanya peluang dan cukup banyaknya pesaing, kamu  membutuhkan  buah  kering  kemasan  yang  dibungkus  dengan  kemasan menarik. Sebab faktanya , kemasan bisa membantu kamu untuk menarik perhatian konsumen lho.


Cara Menyimpan Buah Kering Kemasan Untuk Bisnis UMKM

Berdasarkan riset, konsumen kamu hanya mempunyai waktu 7 detik untuk memutuskan apakah mereka ingin membeli produkmu atau tidak. Dalam waktu sesingkat itu, kamu harus bisa meyakinkan mereka  bahwa buah kering kemasan yang kamu jual lebih baik dibandingkan dengan buatan kompetitor. Lalu bagaimana caranya kamu melakukan ini? Penggunaan kemasan yang menarik  adalah solusinya!

Kamu bisa membungkus buah kering kemasan  dengan  desain  visual  yang menarik. Pastikan juga kamu telah mempersiapkan logo brand kamu agar bisa diletakkan pada kemasan kamu, sehingga konsumen lebih aware dengan  brand yang kamu miliki. Perlihatkan juga manfaat serta perjalanan dari produkmu mulai dari pengambilan bahan baku hingga proses pengemasan itu seperti apa. Hal ini diperlukan agar konsumen mengetahui manfaat yang bisa didapatkan ketika mereka mengonsumsi produkmu, dan meyakinkan mereka bahwa bahan baku yang kamu gunakan pun berkualitas baik.

lnformasi yang ada dalam label buah kering kemasan kamu bisa kamu  sajikan dalam bentuk ilustrasi agar konsumen tidak bosan membaca tulisan saja. Hal ini pun perlu dilakukan untuk membuat kemasan terlihat lebih menarik bagi konsumen. Cara lain untuk menyajikan informasi pada label kemasan adalah dengan menggunakan QR code. Sehingga konsumen bisa meng-scan QR code yang ada pada kemasan untuk kemudian dilanjutkan pada link seperti media sosial kamu, akun marketplace, video proses produksi, kupon diskon, ataupun kamu bisa memberi resep dan tips-tips  menarik yang berkaitan dengan buah kering kemasan.

Dengan tampilan smart packaging untuk buah kering kemasan kamu, konsumen akan merasakan pengalaman interaktif yang menyenangkan ketika mengonsumsi produk kamu. Hal ini pun bisa meningkatkan reputasi brand kamu di mata konsumen sehingga citra kamu lebih baik dibandingkan dengan kompetitor lainnya.


Tips Menyimpan Buah Kering Kemasan

Bagi kamu yang tertarik untuk terjun dalam bisnis penjualan buah kering kemasan, kamu perlu memperhatikan macam macam kemasan makanan yang digunakan. Sebab, kemasan memiliki peran untuk melindungi produk yang ada di dalamnya . Dengan menggunakan kemasan yang tepat, kamu bisa meningkatkan masa simpan produk sehingga lebih awet dan tahan lama Dalam membuat buah  kering kemasan, ada beberapa  hal yang harus kamu perhatikan, yaitu :

1. Lokasi penyimpanan buah kering kemasan

Ketika kamu memproduksi buah kering kemasan, pastikan produk disimpan di lokasi yang kering, bersuhu dingin, juga gelap. Hal ini dikarenakan paparan cahaya bisa mempengaruhi kualitas  dari buah kering kemasan yang telah kamu buat. Oleh karenanya, kamu harus menghindari cahaya yang secara langsung berhadapan dengan produk buah kering kemasan.

2. Temperatur ruang

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa buah kering  kemasan harus disimpan dalam ruangan bersuhu dingin . Umumnya, produk ini bisa bertahan selama 4 bulan hingga 1 tahun, tergantung dari kondisi penyimpanannya . Semakin tinggi suhu ruangan tempat buah kering kemasan disimpan, maka semakin pendek pula usianya.

3. Kemasan yang digunakan

Jenis kemasan yang paling baik dipakai untuk produk buah kering kemasan adalah vacuum pack. Sebab jenis kemasan ini dapat membantu meningkatkan shelf life produk. Adapun yang dimaksud dengan shelf life adalah estimasi masa simpan produk sebelum produk tersebut tidak layak konsumsi. Selain itu, vacuum pack pun dipercaya efektif  untuk menghilangkan udara yang ada di dalam kemasan . Sehingga produk kamu bisa tetap terjaga dan tidak menurun kualitasnya .


Jenis Packaging Untuk Buah Kering Kemasan

Kemasan vacuum pack merupakan jenis kemasan yang melalui proses vakum terlebih dahulu sebelum memasuki proses sealing menggunakan alat bernama Vacuum Sealer. Hal ini bertujuan untuk mengambil seluruh udara yang ada di dalam kemasan sehingga bisa dipastikan tidak akan ada bakteri lagi yang tersimpan dalam kemasan kamu. Jadi kamu  tidak perlu khawatir lagi ketika konsumen  memakan buah kering kemasan yang kamu jual karena sudah terjamin aman dan higienis.

Penggunaan vacuum pack ini memiliki banyak manfaat untuk produk buah kering kemasan yang kamu jual. Selain karena bisa menghilangkan udara dalam kemasan, vacuum pack juga dapat meminimalisir adanya freezer burn pada  produk kamu. Freezer burn dapat menyebabkan produk buah kering kemasan menurun kualitasnya.

Ketika kamu membungkus buah kering kemasan, usahakan untuk mengemasnya dalam kuantitas yang sedikit. Hal ini diperlukan untuk meminimalisir resiko kontaminasi produk dari bakteri luar. Sebab kemasan yang diisi banyak kuantitas akan membuat konsumen sering membuka kemasan dan membuat bakteri menjadi lebih mudah masuk.

Kalau kamu sudah siap untuk memproduksi buah kering kemasan tapi belum tahu harus membeli kemasan dimana, jangan khawatir! Karena Supernova Digipack bisa jadi solusinya! Di Supernova Digipack, kamu bisa menemukan berbagai jenis kemasan termasuk vacuum pack. Kami sudah tersertifikasi FSSC 22000 Food Safety Management sehingga seluruh proses produksi telah sesuai dengan standar prosedur keamanan pangan. Kami pun menggunakan tinta solventless dalam proses pencetakan yang telah tersertifikasi food safety. Jadi bisa dipastikan kalau kemasan kamu higienis dan bisa menjaga buah kering kemasan lebih terjaga kualitasnya.

Dengan memakai mesin digital printing terkini yakni HP Indigo 20000, kami bisa memastikan kalau cetakan desain pada kemasan kamu berkualitas tinggi. Mesin ini bisa mencetak kemasan dengan warna yang kontras, sangat tajam, dan  tidak mudah luntur. lnformasi-informasi yang kamu sajikan pada label kemasan pun bisa dengan mudah dibaca oleh konsumen, dan pastinya bikin tampilan buah kering kemasan lebih menarik.

Bagaimana? Sudah mulai tertarik untuk menggunakan vacuum pack untuk buah kering kemasan yang kamu produksi? Langsung aja kunjungi website Supernova Digipack untuk melakukan pemesanan! Harga yang kami tawarkan sangat bersahabat dengan Minimum Order Quantity (MOQ) hanya 500 pcs saja!


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel