iklan header

5 Tips Belajar Online Efektif dan Menyenangkan

Anjuran menjaga jarak pada masa Wabah COVID-19 ini membuat beberapa aktivitas harus ditangani di dalam rumah, diantaranya aktivitas belajar atau kuliah. Keadaan ini jadi rintangan tertentu untuk mahasiswa dan dosen. 

Saat sebelum wabah, guru dan siswa dapat bertatap muka langsung, tetapi sekarang aktivitas evaluasi harus dikerjakan lewat daring. Guru dan siswa harus mempersiapkan beberapa piranti, seperti netbook, smartphone, atau koneksi internet.


Artikel berikut ini akan kami bagikan 5 tips agar kuliah online anda tetap efektif dan menyenangkan walaupun dalam kondisi Pandemi COVID-19 seperti sekarang ini.


1. Atur agenda kuliah secara rapi

Mengawali belajar online memang diperlukan waktu untuk kamu beradaptasi dengan sistem pembelajarannya. Kalau waktu kuliah ataupun sekolah biasanya, kamu dapat ikuti proses belajar mengajar secara langsung dan pastinya terasa lebih menyenangkan karena kamu tidak perlu on time sekali di kelas. 

Tetapi lain dengan belajar online, saat kamu menjalani pembelajaran online, kamu harus membuat agenda belajar secara teratur dan rapi, ini akan menolong kamu untuk dapat konsentrasi mengikuti proses belajar mengajar yang telah ditentukan.


2. Kerjakan tugas sesuai deadline yang ditetapkan

Ketidaksamaan belajar online atau kuliah online dengan secara langsung yang paling terlihat ialah dari langkah penghimpunan pekerjaannya. Kamu wajib menulis kapan deadline pengumpulan tugas yang telah ditentukan oleh guru atau dosen. 

Karena semua mekanisme terdaftar lewat cara online, jadi tidak ada toleransi ketika kamu terlambat mengumpulkan tugas.


3. Carilah tempat yang nyaman saat dirumah untuk

Sepanjang kuliah online tentunya kamu hanya akan duduk saja di depan laptop untuk mengerjakan beberapa tugasmu, hingga kamu perlu sekali cari tempat atau posisi yang nyaman di rumah, contohnya saja di kamar atau di ruangan tamu. 

Kamu bisa juga membuat dan mengganti lingkungan belajarmu sekreatif mungkin. Misalkan saja kamu dapat belajar dalam taman sambil mendengarkan musik favoritmu.

Baca juga: Cara Download Scribd Gratis


4. Tulis rangkuman selama kuliah online berlangsung

Walau kamu sedang jalankan kuliah online tidak berarti kamu dapat tidak memerhatikan semua materi perkuliahan yang diberi oleh dosen atau guru. 

Tidak hanya itu, kamu harus sekali untuk menulis semua beberapa hal penting dalam dalam materi perkuliahan, hingga kamu bisa memperoleh beberapa poin penting sepanjang mata kuliah berjalan.

5. Buat situasi belajar lebih membahagiakan

Kondisikan kuliah online kamu menjadi menyenangkan dan efektif. Saat sebelum mengawali kuliah online kamu dapat nikmati sarapan dengan menu favorit kamu serta makanan yang bergizi dan sehat.

Baca juga: Cara Download Slideshare Mudah Tanpa Login


Kamu harus mengkondisikan pikiran kamu bahwa kuliah online ini tidak membosankan seperti yang kamu pikirkan sehingga kamu dengan mudah untuk melalui kuliah online kamu dengan baik.

Disamping itu, di antara jam istirahat kamu dapat lakukan olahraga skala kecil untuk bikin beberapa harimu semangat jalani kuliah online! 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel