Cara Menggunakan Handbrake Lengkap Beserta Langkah-Langkahnya

Banyak sekali software untuk kompres video yang bisa Anda gunakan, mulai dari gratis hingga berbayar atau berlangganan. Salah satu contoh software gratis namun mempunyai kualitas yang baik adalah Handbrake. Mungkin sebagian dari kalian sudah tidak asing dengan software satu ini. Untuk itu, inilah ulasan mengenai bagaimana cara menggunakan Handbrake.

Cara Menggunakan Handbrake untuk Kompres Video

Kompres video sangat diperlukan saat memori penyimpanan penuh. Terlebih, jika semua file yang disimpan adalah hal penting. Tidak sedikit software untuk mengkompres video yang mengurangi kualitas video itu sendiri.

Cara Menggunakan Handbrake


Handbrake termasuk salah satu software gratis yang bisa digunakan untuk kompres video dan dapat dioperasikan di berbagai sistem operasi. Selain itu, Anda bisa mengatur sendiri kualitas sekaligus ukuran video baru. Selanjutnya, simak cara menggunakan Handbrake berikut ini:

  • Download file induknya terlebih dahulu di website resmi software tersebut.
  • Setelah itu, install software-nya.
  • Buka software Handbrake yang sudah terpasang. 
  • Jalankan, kemudian cari video yang akan dikompres. Pengguna bisa memilih file di menu “Source” lalu klik “File” atau langsung drag dari “File Explorer” Anda sendiri pada bagian sisi kanan software.
  • Setelah video berhasil terbuka, pilih folder mana yang akan menyimpan file tersebut. Caranya, klik tombol “Browse” lalu tentukan foldernya. Jangan lupa memberi nama videonya.
  • Selanjutnya, pada bagian preset yang ada di kanan layar, terdapat banyak pilihan “Presets”, mulai dari untuk umum, website, sampai berdasarkan device. Anda bisa memilih sesuai dengan keinginan. 
  • Setelah preset dipilih, maka secara otomatis resolusi video akan menyesuaikan. 
  • Kemudian, pilih MP4 pada “Output Settings” atau Anda bisa mengubah format file video yang baru jika mau. 
  • Selanjutnya, centang pada bagian “Web Optimized” supaya hasil video baru sesuai dengan rekomendasi ukuran yang dapat diunggah di internet.
  • Sebelum di-encode, Anda bisa mengatur resolusi atau size yang diinginkan pada tab picture.
  • Selanjutnya di bagian Video, ubah “Video Codec” menjadi H.264 (x264). 
  • Setelah itu, Anda bisa melakukan preview dulu untuk memastikan kualitasnya tetap terjaga melalui menu “Preview”.
  • Setelah semua pengaturan sudah benar, sekarang saatnya ke tahap teraknir. Yaitu mengkompres video tersebut dengan cara klik tombol “Start Encode”.
  • Lalu, tunggu hingga proses kompres video selesai. Lamanya kompres video bergantung pada durasi yang dikompres dan spesifikasi komputer. 
  • Setelah selesai, coba buka file hasil kompres video tadi. Bisa dilihat bahwa ukuranya lebih kecil dari aslinya. 

Mudah bukan? Cara di atas tentu saja sangat cocok digunakan oleh pemilik channel di Youtube. Atau siapapun yang menginginkan file video dengan ukuran kecil juga dapat menggunakan software Handbrake ini.

Baca juga:
Cara Kompres Video Tanpa Mengurangi Kualitas
4 Aplikasi Edit Video PC Gratis Terbaik yang Mudah Digunakan


Cara Download Handbrake

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, langkah pertama adalah download software Handbrake terlebih dahulu. Memasang Handbrake pada komputer Anda tidaklah sulit. Sama seperti software lain pada umumnya. Di bawah ini adalah cara mengunduh file induknya, yaitu:

  • Pertama, buka situs resminya di https://handbrake.fr/downloads.php
  • Kemudian, pilih file yang sesuai dengan operating system milik Anda. Lalu klik download.
  • Secara otomatis, file induk akan tersimpan.
  • Selanjutnya, buka filenya. 
  • Klik Next lalu sesuaikan penyimpanan file install-nya.
  • Klik Next lagi dan tunggu sampai proses loading install-nya selesai.
  • Setelah selesai, Handbrake sudah terpasang dan bisa Anda gunakan.
Cara Download Handbrake


Fitur Software Handbrake


Setelah mengerti cara download dan mengkompres video dengan Handbreak, ada baiknya untuk mengerti apa saja fitur yang ada di software kompres video satu ini. Berikut adalah fitur-fitur dari Handbrake, yaitu:

1. Mendukung Format Video Baru
Hampir semua format video bisa dibuka dan diedit dengan menggunakan Handbrake. Contohnya adalah MP4, MKV, maupun format yang lainnya. Selain itu, software ini juga cocok untuk kompres video dari DVD atau YouTube.

2. Sangat Mudah Digunakan
Meskipun Anda belum paham tentang cara penggunaan dan belum pernah menggunakan software ini, namun Handbrake sangat mudah digunakan. Ditambah lagi dengan adanya preset yang siap pakai. Jadi Anda cukup klik kemudian format dan pengaturannya dibuat otomatis.

3. Proses Transcode yang Cepat
Software ini sudah mendukung hardware dan software acceleration. Jadi, proses kompres video hanya membutuhkan beberapa menit. Walaupun video yang akan dikompres memiliki durasi yang cukup panjang atau bahkan berdurasi 1 jam.

4. Multi Platform
Software Handbreak ini dapat dioperasikan di berbagai macam sistem operasi komputer. Mulai dari Microsoft Windows, Linux sampai MacOS. Jadi Anda tidak perlu khawatir apapun jenis sistem operasi komputer yang Anda gunakan.

5. 100% Gratis Digunakan
Dengan menggunakan Handbreak, Anda tidak perlu takut mengeluarkan biaya untuk berlangganan lumayan banyak.Software ini dapat digunakan secara gratis 100%. Tidak ada satupun fitur yang mengharuskan Anda membayar.

6. Open Source
Selain gratis, Handbrake juga merupakan software yang bersifat open source. Jadi Anda bisa memodifikasi software ini, karena disediakan source code di website resminya. Sehingga, cocok bagi pengguna yang merupakan seorang programmer software.

7. Antrian Berkas, jika melakukan encoding untuk banyak berkas video ataupun audio.

8. Live Video Preview

9. Video Filter
Contohnya yaitu Deinterlacing, Decomb, Detelecine, Deblock, Grayscale, Cropping dan Scaling.

10. Mendukung VFR, CFR, dan VFR.

11. Subtitle
Contohnya adalah VobSub, Closed Captions CEA-608, SSA dan SRT.

12. Seleksi Judul atau Chapter

13. Mampu Membuat Chapter Sendiri

14. Kualitas Sama Seperti Average Bitrate Video Encoding


Minimum Spesifikasi Handbrake

Sebetulnya tidak ada spesifikasi khusus untuk dapat mengoperasikan Handbrake. Tetapi untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan, sebaiknya Anda menjalankansoftware ini di device dengan spesifikasi berikut :
  • Untuk CPU, penggunadisarankan menggunakan Intel Core 2 Duo atau AMD Athlon X2.
  • Selanjutnya adalah RAM. Ini termasuk hal yang penting agar saat transcode video, device baik-baik saja, Anda disarankan menggunakan RAM berukuran sebagai berikut :
    • 512MB untuk transcode video dengan resolusi SD.
    • 1,5GB untuk transcode video dengan resolusi HD.
    • 4GB untuk transcode video dengan resolusi 4K.
  • Selanjutnya adalah resolusi layar. Untuk hal ini, penggunadisarankan menggunakan 1024 x 768 agar lebih jelas saat live video preview.
  • Berikutnya adalah hal yang juga penting saat transcode, yaitu storage atau penyimpanan. Sama seperti RAM, sangat disarankan agar device Anda baik-baik saja. Minimum sepesifikasinya adalah :
    • 50MB untuk menyimpan file induk dari software Handbrake-nya sendiri, dan
    • 2GB untuk proses transcode video di software.
Baca juga:
Cara Download Video Facebook Tanpa Ribet

Itulah penjelasan lengkap mengenai Handbreak. Mulai dari download, instalasi, langkah-langkah menggunakannya, sampai apa saja fitur yang bisa Anda gunakan pada software open source ini. Sekaligus keterangan minimum spesifikasi yang dibutuhkan saat ingin meng-install untuk menghindari hal-hal yang tidak Anda inginkan.

Seperti pepatah, lebih baik mencegah daripada mengobati.Semoga informasi di atas bisa bermanfaat dan menambah wawasan untuk Anda tentang cara menggunakan Handbreakuntuk kompres sebuah video.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel