Aplikasi Cetak Foto

Dengan hanya menggunakan kamera serta printer, setiap orang dapat mencetak setiap momen yang sudah diabadikan agar bisa selalu tersimpan rapi sebagai kenangan. Berikut beberapa uraian mengenai aplikasi cetak foto terbaik yang dapat dijadikan pilihan.

Beberapa Aplikasi Cetak Foto di PC atau Laptop


Setiap orang saat ini memiliki kecenderungan untuk mengabadikan setiap momen yang dilakukan di sebuah foto. Dengan kemajuan teknologi yang berkembang semakin pesat, sebenarnya Anda bisa menyimpannya secara digital, akan tetapi sebagian besar tetap ingin mencetaknya.

Baca juga: Cara Mengecilkan Ukuran Foto Online dengan Mudah

Ketika seseorang hendak mencetak foto yang sudah diambil dalam beberapa waktu tentu membutuhkan sebuah software dalam PC maupun laptopnya. Karena macamnya sangat banyak, berikut beberapa pembahasan mengenai aplikasi cetak foto terbaik tersebut:

1. Adobe Photoshop Elements




Jika selama ini kebanyakan orang merasa kesulitan saat mengedit foto melalui seri Photoshop CS. Maka kini hadir aplikasi dengan fitur yang bisa dikatakan lengkap dan interfacelebih sederhana ketika digunakan oleh editor pemula.
Aplikasi cetak foto tersebut yaitu Adobe Photoshop Elements. Perangkat lunak ini tersedia untuk Windows dan Mac. Proses editing komposisi foto menjadi lebih gampang dengan menggunakannya. Pengguna juga mempunyai kontrol atas pemilihan resolusi gambar yang akan dicetak.

2. ArcSoft




Saat Anda ingin mencetak foto dalam berbagai ukuran, maka aplikasi ArcSoft ini sangat mudah digunakan. Cukup pilih gambar yang akan dicetak kemudian masukkan pada layout sesuai keinginan lalu langsung bisa diprint.
Perangkat lunak ini memiliki tampilan yang sangat mudah untuk dipahami, sehingga para pemula bisa langsung mengerti. Sebelum mencetak, Anda juga bisa mengedit foto terlebih dahulu. Itulah yang menjadi keunggulan dari aplikasi cetak pas foto online ini.

3. Picasa




Aplikasi cetak foto yang dapat Anda dapatkan secara gratis salah satunya yaitu Picasa. Akan tetapi, perangkat lunak ini hanya bisa bekerja dengan baik dengan sistem operasi Windows. Tampilan antarmukanya sangat mudah dipahami.
Picasa menawarkan kemudahan untuk Anda dalam hal mengedit dan mengelola sebuah foto. Keunggulan lain aplikasi ini yaitu setelah mendapatkan hasil editan foto, maka gambar tersebut akan tersimpan di album dan dapat dilihat secara online oleh orang lain.

4. PIXLR




Aplikasi PIXLR memiliki berbagai macam varian, di antaranya yaitu PIXLR X, PIXLR Pro, PIXLR Editor, dan PIXLR Express. Semua jenis itu bisa digunakan dalam perangkat dengan sistem operasi Windows maupun Mac.
Perangkat lunak yang satu ini menyajikan banyak fitur praktis dan simpel dalam hal mengedit gambar. Selain itu, aplikasi tersebut juga dapat digunakan secara offline ataupun online. Ketika menggunakan PIXLR, Anda akan menghasilkan foto dengan resolusi bagus.

5. Paint NET





Jika Anda menggunakan PC atau Laptop dengan sistem operasi Windows, maka Paint NET sangat cocok digunakan untuk mencetak foto. Karena aplikasi ini memang hanya bisa bekerja secara baik untuk perangkat tersebut.
Keunggulan utama yang ditawarkan Paint NET dalam mengedit foto yaitu adanya fitur Undo tidak terbatas untuk mengoreksi hasil editing ketika dirasa belum memuaskan. Aplikasi ini akan mencetak hasil gambar sangat baik ketika menggunakan kertas matte maupun glossy.

Baca juga:
4 Aplikasi Edit Video PC Gratis Terbaik yang Mudah Digunakan
Cara Download Video Facebook Tanpa Ribet
Cara Kompres Video Tanpa Mengurangi Kualitas


6. GIMP




GIMP atau yang biasa dikenal dengan GNU Image Manipulation Program. Merupakan aplikasi yang dapat bekerja pada PC atau Laptop dengan sistem operasi Linux, Windows dan Mac. Perangkat lunak ini menyediakan fitur-fitur mirip Adobe PhotoShop.
Bisa dikatakan bahwa GIMP menyediakan banyak pilihan fitur yang menarik untuk digunakan mengedit gambar. Selain itu, perangkat ini juga bisa disebut sebagai aplikasi cetak foto Polaroid karena kemampuannya dalam mencetak mirip seperti hasil kamera polaroid.

7. IrfanView




IfranView merupakan aplikasi cetak foto yang hanya bisa digunakan dalam perangkat PC atau Laptop dengan sistem operasi Windows. Didalamnya terdapat beberapa pilihan fitur untuk melakukan edit gambar secara sederhana.
Anda dapat menggunakan aplikasi IrfanView untuk keperluan editing pribadi, misalnya dalam memanipulasi foto keluarga. Hal yang penting diingat ketika menggunakan perangkat lunak tersebut yaitu sebelum mencetak, harap pastikan bahwa printer memiliki cukup tinta.

8. PhotoScape




Para pengguna PC atau Laptop tentu tidak asing lagi dengan aplikasi cetak foto berbagai ukuran dalam satu kertas,yaitu PhotoScape. Merupakan perangkat lunak yang memang menjadi favorit banyak orang dalam hal mengedit foto.
Memang awalnya aplikasi ini hanya bisa digunakan untuk proses editing gambar, akan tetapi seiring berjalannya waktu juga diperuntukkan mencetak foto. PhotoScape sangat mudah dioperasikan oleh para pemula sehingga tidak perlu keahlian khusus.

9. PhotoELF Printing




Jika Anda mencari aplikasi khusus untuk mencetak foto saja maka PhotoELF Printing sangat cocok digunakan. Akan tetapi, perangkat lunak yang satu ini hanya dapat bekerja pada PC atau Laptop dengan sistem operasi Windows.
Cara menggunakan aplikasi PhotoELF Printing ini sangat mudah. Pertama, Anda cukup memilih layout yang ingin digunakan. Kedua, masukkan beberapa foto pilihan ke dalamnya, setelah itu tinggal klik tombol cetak maka hasil akan keluar.

10. Apple iPhoto





Jika Anda termasuk pengguna PC atau Laptop keluaran dari perusahaan Apple, maka perangkat lunak satu ini cocok dijadikan pilihan untuk mencetak foto. Akan tetapi ketika ingin menggunakan aplikasi ini, pengguna perlu membeli terlebih dahulu melalui App Store dengan harga terjangkau.
Dengan menggunakan aplikasi Apple iPhoto, Anda bisa secara langsung menyesuaikan pengaturan gambar otomatis, mengatur banyak foto dalam flipbooks dan bahkan menampilkan resolusi terbaik. Hampir semua fitur yang ada sangat bermanfaat bagi pengguna.


Beberapa Aplikasi Cetak Foto di Android

Jika menggunakan PC atau Laptop dirasa cukut rumit, maka kini Anda bisa mencetak foto melalui aplikasi cetak foto online di handphone Android. Memang tidak semua perangkat dapat melakukannya, akan tetapi tidak salah apabila mengetahuinya terlebih dahulu.

1. Pixlr – Free Photo Editor




Pixlr – Free Photo Editor merupakan perangkat lunak buatan dari 123RF limited yang kini termasuk dalam salah satu aplikasi cetak foto paling populer di Android. Terbukti dari jumlah penggunduh yang kini mencapai lebih dari 50 juta unduhan di Play Store.

Baca juga: 
7 Tips Fotografi Smartphone Dengan Hasil Maksimal
Ukuran Foto Story Instagram


Meski dulu pada awalnya hanya bisa digunakan pada PC atau Laptop, kini Pixlr – Free Photo Editor sudah tersedia di perangkat Android. Dengan tampilan fitur yang mudah dipahami, menjadikan aplikasi ini sangat simple dan praktis jika dipakai untuk mencetak foto.

2. StarPrint – Aplikasi Cetak




StarPrint adalah salah satu perangkat lunak dalam mencetak foto yang bisa digunakan pada semua sistem operasi smartphone termasuk Android. Namun, apabila ingin menggunakan aplikasi ini maka handphone harus dilengkapi dengan fitur USB, bluetooth dan WiFi.

Aplikasi yang satu ini bisa digunakan pada printer airprint dan menggunakan mode cetak melalui printer bersama (SMN, IPP, LPD/LPR). Selain itu, StarPrint juga dapat dipakai secara gratis dan kompatibel pada lebih dari 4.000 model maupun merk printer.

Demikian ulasan tentang aplikasi cetak foto, baik melalui PC atau laptop dan juga Android. Semoga dapat membantu para pembaca ketika ingin mencetak gambar dengan berbagai perangkat lunak yang tersedia.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel