Ukuran Foto Story Instagram

Bagi para pengguna Instagram, pastinya sering membagikan cerita baik foto maupun video di instagram story. Tau tidak anda berapa ukuran foto instagram story dan juga berapa ukuran video instagram story? Mari kita bahas lebih detail dalam artikel ini.

Sering kali para pengguna instagram mengeluh tentang kualitas foto atau video instagram story berubah ketika diterbitkan dan menjadi pecah, hal tersebut disebabkan karena Anda tidak mengikuti ukuran yang disarankan oleh instagram. Jadi sebenarnya berapa ukuran pixel instagram story yang sesuai?



Instastory atau instagram story itu sendiri adalah fitur instagram sangat sering digunakan. Selain cukup mudah, cerita Insta dapat berbagi momen atau kegiatan dan kemudian akan secara otomatis menghilang dalam waktu 24 jam. Dengan fitur instastory, Anda dapat berbagi foto, video, bahkan hanya teks pada instastory di akun instagram Anda.

Tidak hanya itu, Anda juga dapat menambahkan stiker dan bahkan filter wajah di instagram anda yang pastinya akan membuat Anda semakin asyik dan tidak lelah membuat instastory terus-menerus. Instagram juga menyediakan beberapa mode dalam instagram story seperti boomerang, hands-free, superzoom dan beberapa fitur lainnya.

Tentu saja sangat wajar, jika kita melihat banyak pilihan yang disediakan oleh instagram sehingga membuat instastory ke fitur yang cukup populer. Oleh karena itu, dengan mengetahui ukuran foto instagram story, ukuran video instagram story akan sangat membantu anda dalam membuat instastory yang keren dan menyenangkan.

Ukuran Foto Instagram Story

Jika anda memposting foto yang diambil dari galeri, gambar dapat dipotong di tepi kanan dan kiri. Hal ini karena menyesuaikan dengan ukuran size story instagram dan mungkin dikarenakan rasio ukuran gambar tidak sama dengan kamera HP anda sehingga otomatis terpotong. Nah, berapa sebenarnya ukuran pixel story instagram?

Ukuran Foto Instagram Story:
Dimensi ukuran pixel story instagram adalah lebar 1080px x tinggi 1920 px
Aspek rasio: 09:16
Format foto: JPG, JPEG atau PNG
Ukuran foto:  Maksimal 30 MB
Alternatif ukuran minimum yang bisa anda gunakan: 720px x 1280px, atau 450x x 800x

Saat ini anda juga dapat memposting instastory dengan foto Lanscape. Jadi jika anda memiliki foto yang diambil secara landscape, langsung saja upload ke instastory maka nantinya format foto landscape tersebut akan diperkecil secara otomatis. Instagram akan secara otomatis melakukan dari titik tengah foto dengan rasio aspek 09:16.

Saat ini, fitur dari Instastory pun sudah berkembang sehingga sekarang gambar dengan format landscape pun bisa langsung dipasang tanpa tanam di Instastory. Foto Anda akan terlihat utuh, tapi sisa daerah kosong akan diisi dengan background blur.

Cara Membuat Ukuran Instagram di Photoshop

Adapun ukuran size pixel story instagram sebagaimana sudah dijabarkan diatas, bagaiamana cara membuatnya dengan Adobe Photoshop? Berikut akan kita bahas bagaimana cara membuat ukuran foto instagram di photoshop. Langkah-langkahnya sebagai berikut:

  • Buka aplikasi Adobe Photoshop anda, kemudian klik menu File > New > Muncul jendela pengisian resolusi gambar yang diinginkan

  • Isi resolusi dengan nilai Width: 1080 (pixel) dan Height: 1920 (pixel) > Klik tombol OK

  • Tunggu sampai muncul area kerja dengan ukuran gambar yang telah kita tentukan, seperti gambar dibawah ini.

  • Silahkan anda melakukan kreasi dengan membuat gambar sesuai dengan keinginan yang akan anda upload ke instastory anda.

  • Jika sudah selesai, lakukan penyimpanan dengan klik menu File > Save as for Web

  • Selanjutya pilih standar resolusi: Very High > Quality: 80 > dan klik tombol Save



Ukuran Story Instagram Cm (Centimeter)

Diatas sudah kita bahas tentang ukuran pixel story instagram, akan tetapi beberapa orang mungkin tidak akrab dengan ukuran pixel. Kemungkinan besar mereka cinta dengan jenis ukuran CM (Centimeters) untuk mudah dimengerti. Sejak sekolah dasar dan bahkan TK kita telah diajarkan hal-hal seperti itu bukan?.

Mengenal CM mudah, mari kita coba untuk menerapkan resolusi snapgram. Bagi mereka yang hanya mahir dalam desain coreldraw, Anda dapat mengambil keuntungan dari kesempatan ini karena saya akan menggunakan cm atau inci saja membiarkan Anda terbiasa dengan ukuran cerita instagram corel draw.

Ukuran Story Instagram Cm:
Ukuran pixel story instagram dalam centimeter (Cm): panjang 38.1 cm x lebar 67.73 cm
Aspek rasio: 09:16

Cara Membuat Ukuran Story Instagram di CorelDraw

Bagaimana cara membuat ukuran instastory menggunakan aplikasi Corel Draw ? Berikut langkah-langkahnya:

  • Buka aplikasi Corel draw anda, kemudian klik menu File > New

  • Kemudian masukkan ukuran Width: 38.1 cm dan Height: 67.73 cm, kemudian klik tombol OK

  • Silahkan desain tampilan yang akan di jadikan instastory sesuai dengan keinginan anda

  • Untuk menyimpan, klik menu File > Export For Web

  • Selanjutnya tentukan format gambar yang akan digunakan, misalkan format: JPEG > Quality: 80% > Klik Save As


Ukuran Video Instagram Story

Tidak hanya foto, dengan instastory kita bisa menguggah video momen terbaik kita yang ingin kita bagikan. Mengapa unggahan video instastory menjadi sangat menarik, karena kita bisa mengupload video keren dan menarik dengan memanfaatkan fitur edit video yang disediakan oleh pihak instagram.

Bagi anda yang suka dengan efek video, pastinya akan sangat dimanjakan dengan ditur edit video yang dimiliki instagram ini.

Tetapi pastinya ada yang bertanya-tanya, berapakah ukuran video instagram story yang ideal, sehingga semua momen yang terekam dalam video kita bisa di tampilkan secara maksimal? Jawabannya adalah sama dengan ukuran pixel pada foto yang sudah kita uraikan panjang lebar pada uraian diatas.

Ukuran video instagram story:
Width: 1080px dan Height: 1920px

Bagaimana cara mendapatkan dimensi sesuai dengan ukuran size video instagram diatas? Sebenarnya sangat mudah yaitu jika anda pengguna smartphone, anda tinggal merekam video secara vertikal dan setting resolusi kamera anda pada ukuran yang paling maksimal

Baca juga: Inilah 5 Kamera Youtuber dengan Spesifikasi Mumpuni

Template Story Instagram

Selain aplikasi Adobe Photoshop ataupun Coreldraw, sebernya untuk mendapatkan ukuran size instagram story yang sesuai saat ini banyak sekali aplikasi template yang beredar dan bisa dimanfaatkan oleh siapapun untuk menghasilkan foto maupun video instastory yang keren dan menarik.

Berikut beberapa aplikasi template yang bisa anda pakai dan pastinya memudahkan anda untuk menghasilkan instastory yang menarik.

1. Unfold

Aplikasi Unfold adalah salah satu apikasi yang sangat praktis untuk penggunaan resize Instagram Story. Anda dapat langsung menggunakan template yang tersedia, mengedit, sambil menambahkan berbagai jenis efek foto yang hadir.



Tidak hanya foto, Anda bahkan dapat melakukan editing video dan membuat bahan dikombinasikan dengan foto. Aplikasi ini dikenal karena efek vintage dan film pakan yang mampu menghasilkan gambar dengan efek visual sebagai hasil dari kamera analog.

Kualitas gambar yang diekspor dari aplikasi juga akan Terungkap Anda mendapatkan dalam resolusi tinggi. Hal ini dimaksudkan agar Anda dapat berbagi dengan mudah melalui berbagai jenis platform media sosial.

2. StoryArt

Aplikasi ini dapat menyesuaikan gambar atau foto untuk fit bila digunakan sebagai instastory. Dengan demikian, Anda tidak perlu menghafal bagaimana ukuran yang ditentukan oleh instagram.



Aplikasi StoryArt menjadi aplikasi yang sangat berguna untuk mengedit foto dan video, karenaadanya filter yang dapat membuat foto atau video memiliki efek yang keren.

Selain itu, aplikasi ini sangat mudah digunakan. Anda hanya perlu mengikuti beberapa langkah untuk menyesuaikan foto dan video sebelum distribusi ke instastory.

3. StoryChic

Aplikasi selanjutnya yaitu StoryChic. Aplikasi ini bisa dibilang memiliki berbagai pilihan template untuk membuat Anda terlihat instastory lebih menarik.



Filter yang dimiliki aplikasi ini ada begitu banyak pilihan. Ada juga efek blur, efek warna, efek pada tulisan, efek musik, dan banyak lainnya.

Jumlah keseluruhan lebih dari 500 template statis dan cerita animasi yang terdapat dalam aplikasi ini. Anda dapat menggunakannya sebagai sebuah layout atau bingkai instastory gratis.

4. Canva

Canva adalah sebuah aplikasi yang bisa dianggap serbaguna. Dalam aplikasi ini, Anda dapat membuat sebuah cerita yang Anda inginkan. Font yang ada di aplikasi ini tentu akan membuat cerita lebih menarik, beberda dengan font yang disediakan Instagram.



Apa yang sebenarnya penting adalah, aplikasi Canva tersedia secara gratis di PlayStore dan App Store. Selain itu, penggunaan aplikasi ini sangat mudah. Jika Anda masuk ke aplikasi ini, Anda cukup memilih template yang Anda sukai dan mengedit dengan memberikan kata-kata.

Bahkan, Canva juga menyediakan beberapa kategori untuk template yang ada. Misalnya, kategori musim panas, Traveling, atau kutipan. Segera mencoba dan merasakan pengalaman membuat cerita dengan Canva.

5. Insta Story

Insta Story adalah sebuah aplikasi yang memiliki nama yang sangat tepat. Selain nama yang tepat dengan cerita Instagram, aplikasi ini juga memiliki daya pikat yang sangat kuat.



Disampaikan oleh daya pikat dari aplikasi ini adalah tempate-template sangat menarik. Template yang terkandung dalam aplikasi ini sangat banyak sehingga jika Anda ingin membuat sebuah cerita, Anda dapat memilih template yang sesuai.

Untuk menggunakan aplikasi ini, Anda cukup memilih template dalam kategori yang sesuai untuk foto Anda. Setelah itu, Anda dapat memodifikasi teks pada template tertentu untuk membuat cerita yang sangat menarik.

Jika itu adalah untuk mengedit template, Anda dapat menyimpannya ke galeri smartphone berikutnya Anda dapat meng-upload ke Instagram Story.

6. Adobe Spark Post

Adobe Spark Post memungkinkan Anda untuk membuat template posting (persegi atau Instastory), Twitter, Facebook, sampai dengan Pinterest. Bagi Anda yang ingin mendapatkan tampilan visual yang keren dari media sosial, tentu saja, fitur ini akan sangat membantu.



Anda tidak perlu lagi googling untuk menetukan ukuran yang tepat untuk poster yang sesuai di media sosial. Cukup dengan memilih template dari Adobe Spark Post, Anda akan mendapatkan ukuran yang tepat tanpa harus re-edit.

Berbagai pilihan Anda dapat menggunakan template ini dalam satu tap hanya untuk disesuaikan dengan kebutuhan. Selain Instastory, berikut daftar template yang Anda dapat memilih.
  • Foto kolase
  • Post Instagram, Facebook, Twitter, Pinterest
  • Quote
  • poster atau flyer
  • Undangan
  • Graphics
  • Presentasi
  • Iklan Facebook
  • Cover Profil
  • Banner untuk blog
  • Thumbnail YouTube

7. Over

Jika Anda ingin mengiklankan merek Anda pada instastory, menggunakan aplikasi ini adalah hal yang tepat. Karena, aplikasi ini memiliki template yang sangat mengesankan dan sangat elegan.



Tampilan yang dihasilkan oleh aplikasi ini sangat rapi, karena dibuat dengan warna-warna eye-popping. Yang memungkinkan Anda untuk mengedit warna di foto dengan hasil tidak mengecewakan.

Dalam aplikasi ini, Anda dapat memilih template yang disediakan gratis atau berbayar. Sehingga Anda dapat membuat sebuah cerita untuk sebuah merek dengan tampilan yang sangat elegan.

8. Hype Type

Untuk pengguna iOS, Anda dapat menggunakan aplikasi HypeType yang dapat diperoleh secara gratis melalui App Store untuk membuat tulisan animasi yang menarik. 



Mungkin Anda mulai bosan karena format standar postingan instagram tidak dapat diubah. Aplikasi ini dapat memberikan template ukuran Instastory sesuai dengan rasio aspek sehingga foto tidak perlu diedit secara terpisah.

Bagi Anda yang suka menulis, Anda dapat menempatkan ide dalam maksimal 100 karakter format dan kemudian berbagi dengan menambahkan berbagai jenis mengedit Format.

9. Buffer

Anda dapat mulai konten Cerita Instagram Anda dengan menggunakan aplikasi Buffer. Tool ini tersedia dalam bentuk website, Android, dan aplikasi iOS. Aplikasi ini cocok untuk membuat materi promosi di media sosial.



Selain mengatur ukuran Instagram Cerita sesuai dengan ketentuan default, aplikasi ini juga memungkinkan Anda untuk dapat mengatur penempatan teks dengan mudah. Tidak hanya itu, untuk kebutuhan pos, Buffer juga dilengkapi penerbitan otomatis dari beberapa akun yang berbeda.

Jika Anda sudah tahu ukuran yang tepat Instastory, Anda tidak perlu melakukan proses editing ketika posting di aplikasi Instagram. Anda hanya perlu memastikan kesesuaian ukuran, resolusi gambar, dan ukuran dokumen dengan standar yang ditentukan dan rasio.

10. Story Lab

Cerita Lab adalah aplikasi editing cerita instagram yang dapat membantu Anda membuat kolase yang menarik layout IG. Anda tidak perlu untuk menyesuaikan ukuran, karena aplikasi ini diatur secara otomatis.



Lebih dari 200 template yang bisa digunakan untuk foto dan video Instagram cerita Anda. Ada juga pilihan frame yang dapat memperindah IG cerita.

Selain itu, ada juga default filter efek VSCO yang dapat digunakan untuk foto dan video. Ada efek teks, stiker, dan banyak lagi.

11. Mojito Story Art

Mojito Story Art adalah cerita template aplikasi Instagram yang menawarkan lebih dari 500 template yang dapat Anda gunakan untuk instastory Anda.



Jika Anda menggunakan aplikasi ini, Anda tidak perlu khawatir lagi terkait ukuran cerita IG set oleh instagram. Karena aplikasi ini telah ditetapkan ketika Anda menggunakan aplikasi.

Ada banyak pilihan efek filter, stiker, latar belakang, teks dalam aplikasi ini. Anda dapat mengatur secara bebas dan tanpa perlu membayar apa-apa.

12. Story Maker

Aplikasi terakhir yang Anda dapat mencoba untuk membuat cerita Instagram adalah Story Maker. Sesuai namanya, aplikasi ini dirancang untuk membuat cerita lebih menarik dari biasanya.



Selain koleksi template yang menarik, Anda juga dapat menerapkan fitur brush yang ada. Fitur sikat ini memungkinkan Anda untuk membuat cerita dengan efek yang berbeda.

Story Maker menyediakan template gratis, hanya saja akan ada iklan yang muncul setelah Anda memilih template untuk mengedit. Jika Anda tidak masalah dengan iklan, Story Maker adalah sebuah aplikasi yang baik untuk Anda.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel