Teknologi GPON dan GEPON pada Jaringan

Saat ini perkembangan teknologi jaringan internet terus berkembang pesat, baik dari perangkat penerima atau media yang digunakan untuk menyampaikan paket data untuk mendapatkan kecepatan akses internet yang semakin cepat dan canggih.

Artikel kali ini akan membahas tentang teknologi GPON dan GEPON pada jaringan yang merupakan sebuah teknologi yang digunakan untuk keperluan akses internet menggunakan media fiber optik. Teknologi GPON maupun GEPON sebenarnya telah dikembangkan sejak lama dan telah digunakan oleh perusahaan penyedia layanan internet maupun layanan digital lainnya.


Teknologi Jaringan GPON dan GEPON

Telkom Indonesia telah menggunakan teknologi Teknologi GPON untuk standarisasi kualitas jaringan dari sebelumnya menggunakan media tembaga sebagai media transfer data ke media fiber optik, atau lebih dikenal sebagai perubahan produk Speedy ke IndiHome.

Kedua GPON dan GEPON adalah teknologi jaringan yang sudah menggunakan serat optik sebagai media transmisi, perangkat akan ditempatkan di pusat, maka akan mendistribusikan lalu lintas Triple Play (Voice / VoIP, Multi Media / Digital Pay TV dan data / internet ) hanya melalui media satu inti pelanggan kabel optik atau sisi pelanggan.

Baca juga : Cara Logout Wifi Id

Teknologi GPON

Gigabit Pasive Optical Network (GPON) merupakan salah satu teknologi yang dikembangkan oleh ITU-T melalui G.984. GPON memiliki dominasi pasar yang lebih tinggi dan roll out lebih cepat daripada GEPON. G.984 memiliki standar yang mendukung bit rate lebih tinggi, peningkatan keamanan, dan pilihan protokol pada Layer 2 (ATM, GEM, atau Ethernet).



Teknologi GPON diperlukan untuk menyediakan layanan multimedia (suara, data, video dan konten-konten lainnya) bagi pelanggan.

GPON adalah teknologi berbasis FTTx, yang mana berupa:
FTTH (Fiber to the Home).
FTTB (Fiber to the Building).
FTTZ (Fiber to the Zone).
FTTT (Fiber to the Tower).
FTTC (Fiber to the Curb).

Standard ITU-T pada GPON

Standard ITU-T pada GPON antara lain:
G.984.1 : General characteristics.
G.984.2 : Physical Layer
G.984.3 : Transmission Convergence layer
G.984.4 : Management layer

Arsitektur GPON

Arsitektur Teknologi pada  GPON diantaranya:
OLT (Optical Line Termination)
ODN (Optical Distribution Network)
ONU (Optical Network Unit) atau ONT (Optical Network Termination.

Cara Kerja GPON

FTTx GPON merupakan teknologi yang dapat mengirimkan informasi kepada pelanggan menggunakan kabel optik. Pada saat adanya data yang dikirimkan dari OLT, maka splitter akan mengaktifkan serat optik tunggal dapat dikirim ke berbagai ONU yang merupakan data sinyal yang diinginkan oleh pelanggan.

GPON menggunakan TDMA sebagai teknik akses hulu berganda dengan data rate 1,2 Gbps dan penggunaan siaran ke arah hilir dengan data rate 2,5 Gbps. Pada dasarnya PON merupakan sistem point to Multipoint yang menggunakan splitter sebagai pembagi jaringan,

Baca juga: Password Indihome ZTE F609 Terbaru Update 2020

Teknologi GEPON

GEPON adalah singkatan dari Gigabit Ethernet Passive Optical Network yang merupakan teknologi akses optik berkecepatan tinggi sesuai standar dari IEEE 802.3ah EFM dan dapat digunakan dalam konfigurasi point-to-multipoint.

GPON adalah teknologi yang dikembangkan oleh ITU-T melalui G.984. Lapisan media fisik tergantung pada Epon / GEPON dapat mendukung maksimum 01:25 Gbps (data rate efektif 1.0 Gbps) untuk lalu lintas hilir dan hulu.



Teknologi GEPON menggunakan teknologi Ethernet atau disebut Epon, tetapi karena pengaruh dari layanan yang diberikan kemudian dikenal sebagai gigabit tersebut. GPON menggunakan TDMA sebagai teknik akses hulu berganda dengan data rate 1,2 Gbps dan penggunaan siaran ke arah hilir dengan data rate 2,5 Gbps.

Selain itu, karena tidak ada fragmentasi atau kompilasi data pada GEPON dan kebutuhan fisik-media lapisan tergantung longgar sehingga peralatan GEPON lebih murah daripada GPON.

Baca juga: Pengenalan OSI Layer


Cara Kerja GEPON

Standar Ethernet didefinisikan untuk media bersama dan point-to-point (P2P) full-duplex. Hal ini menyebabkan GEPON memiliki fitur yang merupakan kombinasi dari dua sifat dari standar Ethernet.

GEPON tidak memerlukan beberapa protokol rumit untuk transmisi sinyal optik tepatnya kepada pelanggan, karena sinyal dari pelanggan dapat dikirimkan ke OLT terpusat.

Komunikasi OLT dan ONU.
GEPON menggunakan Ethernet paket struktur enkapsulasi untuk komunikasi pada layer 2, dan saat ini menyumbang hampir 95% dari komunikasi LAN menggunakan aplikasi Ethernet.

Karena strukturnya yang ekonomis dan sederhana sehingga GE-PON sangat efektif dalam modus komunikasi jaringan akses.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel