Cara Setting Totolink N300RT Sebagai Router

Totolink N300RT sudah menggunakan teknologi wireless N dan mampu melakukan transfer data hingga 300Mbps, dikenal dengan harga yang murah tapi memiliki fitur yang cukup lengkap, seperti pada seri Totolink N300RT ini dapat digunakan sebagai Router, Access Point dan Wireless Extender (repeater) dan juga mode WISP yang bisa juga digunakan untuk repeater signal wifi.id.

Totolink N300RT ini dilengkapi dengan tombol WPS (Wi-Fi Protected Setup) sebagai fitur keamanan jaringan, tetapi mode ini tidak mendukung semua perangkat dan hanya bisa bekerja pada perangkat yang telah mendukung WPA2 dan WPA Personal, Keuntungan dengan diaktifkan mode ini, maka berinternet melalui Wi-Fi menjadi lebih mudah, cepat dan aman.

N300RT juga dilengkapi dengan 1 port WAN (sebagai gateway internet) dan 4 port LAN 10/100 Mbps untuk mengkoneksikan PC/laptop anda melalui kabel jaringan.

Baca juga: Pengertian Router dan Fungsinya

Cara Setting Totolink N300RT Sebagai Router

Artikel kali ini akan kita bahas tentang bagaimana melakukan setting Totolink N300RT menjadi wifi router. Langkah-langkahnya sebagai berikut:

1. Pasangkan kabel UTP pada LAN port Totolink N300RT, kemudian hubungkan ke LAN Card laptop atau komputer kita.
2. Default ip Totolink N300RT adalah 192.168.1.1, maka pastikan komputer ada telah dimasukkan IP manual satu segment, misalkan 192.168.1.2


3. Kemudian buka browser anda, dan ketikkan ip 192.168.1.1 (ip default totolink)
4. Pada tampilan login, masukkan Username: admin dan Password: admin > Klik Login

5. Muncul tampilan Easy Setup, Klik tombol Advanced Setup pada bagian kanan atas


6. Muncul Jendela Advanced Setup, kemudian klik tombol Operation Mode pada bagian sebelah kiri atas.

7. Pilih Router Mode kemudian klim tombol Apply/Next>>



8. Pada pilihan WAN Type: DHCP Client (Jangan lupa untuk menghubungkan port WAN Totolink N300RT ke modem / ISP menggunakan kabel LAN) > Klik tombol Next


 9. Kemudian pilih Basic Settings : Enabled > SSID : Pakiqin.com (sesuaikan dengan nama ssid anda) > Broadcast SSID : Enabled > Pre-Shared Key : 12345678 (sesuaikan dengan password anda) > kemudian klik tombol Connect


10. Tunggu sekitar 1 menit, router akan menyimpan pengaturan yang sudah di lakukan dan dilanjutkan reboot perangkat


11. Pada tahapan diatas, anda sudah berhasil melakukan setting Totolink N300RT sebagai router, selanjutkan akan kita lakukan pengujian. Silahkan buka pengaturan wifi komputer anda, kemudian temukan ssid router sesuai dengan pengaturan yang sudah kita lakukan. Hubungkan ke jaringan dengan memasukkan password anda.


Baca juga: Cara Mengatasi Smartphone Tidak Bisa Terhubung Dengan WiFi

12. Setelah komputer kita terhubung ke router wifi Totolink N300RT, berarti pengaturan kita berhasil.
13. Selanjutnya kita akan melihat apakah komputer kita mendapatkan IP Address secara otomatis?


14. Pada gambar diatas menunjukkan bahwa komputer kita telah terhubung ke router menggunakan perangkat wireless dan mendapatkan ip address otomatis dari Totolink N300RT.
15. Langkah terakhir, buka browser anda dan silahkan coba akses internet.


16. Berhasil.

Demikianlah cara setting Totolink N300RT sebagai router. Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel