Router Mikrotik Pengertian dan Kegunaannya

Saat ini adalah jamannya teknologi khususnya bidang informasi dan komunikasi, perkembangan sebuah teknologi informasi tidak terlepas dari pesatnya peningkatan infrastruktur jaringan komputer yang merupakan pondasi sebuah teknologi informasi.

Berbicara lebih jauh tentang jaringan komputer, ada banyak komponen dalam sebuah jaringan komputer itu sendiri hingga bisa terhubung dan berkomunikasi secara luas diseluruh dunia, salah satu komponen dalam jaringan komputer itu  kita mengenal yang namanya router.

Router adalah sebuah media atau alat penghubung antara dua jaringan atau lebih dan berfungsi sebagai transmisi data dari satu jaringan ke yang lain.


Pengertian Mikrotik

Mikrotik adalah sebuah sistem operasi Linux yang difungsikan sebagai router jaringan. Mikrotik dirancang untuk memenuhi kebutuhan pengguna dalam jaringan komputer sehingga mudah untuk dilakukan konfigurasi dan administrasi dalam skala jaringan besar maupun kecil sekalipun.

Mikrotik sengaja didesain khusus untuk memfasilitasi berbagai keperluan komputer dalam jaringan. Sebut saja seperti untuk desain dan membangun jaringan komputer skala kecil sampai dengan jaringan komputer yang kompleks.

Jenis Mikrotik

Mikrotik tersedia di pasar tidak hanya satu jenis saja. Perusahaan Mikrotik mengembangkan dua produk yaitu Mikrotik RouterOS dan RouterBoard. Pengaturan Mikrotik bisa dilakukan dengan berbagai cara yang pastinya disesuaikan dengan kebutuhan penggunaanya. Berikut penjelasan dari dua jenis mikrotik.

1. RouterOS

Router OS dalah sistem operasi UNIX yang digunakan untuk sebuah PC stand alone menjadi sebuah router yang dapat mengelola router pada umumnya, fitur seperti hotspot, brigde, proxy server, router, firewall dan banyak fitur lainnya. Pengaturan ini sangat mudah sehingga tak heran banyak orang yang menggunakannya untuk router.

2. Routerboard
adalah perangkat keras jaringan yang dikembangkan dan didesain khusus oleh perusahaan Mikrotik untuk keperluan router jaringan. Routerboard dilengkapi sistem operasi bawaan mikrotik yang dinamakan RouterOS. Meskipun bentuknya hardware, itu masih cukup praktis bentuk dan juga sangat kecil dalam ukuran.


Routerboard terdiri dari berbagai komponen. Sebut saja seperti RAM, ROM, flash memory dan prosesor. Harga Mikrotik jenis ini di pasaran juga cukup terjangkau. Di mana Anda harus cukup mengeluarkan uang sebesar 700.000-800.000 untuk model dan fitur standar. Untuk cara pengaturan juga cukup mudah.

Fungsi Mikrotik

Mikrotik adalah router yang sangat populer dan menjadi router yang digemari oleh sebagian besar pegiat haringan komputer dalam membangunn dan administrasi jaringan karena kemudahan dalam melakikan konfigurasi dan harga yang sangat terjangkau sehingga menjadikan mikrotik sebagai pilihan banyak orang, Selanjutnya fungsi Mikrotik dalam jaringan komputer adalah sebagai berikut:
  • Dapat digunakan sebagai billing hotspot untuk memfasilitasi, mengkonfigurasi dan pembagian bandwith pada jaringan. (Setting Queue Tree Mikrotik Terbaik)
  • Konfigurasi jaringan internet dapat dilakukan secara terpusat pada Mikrotik untuk memudahkan administrator jaringan untuk mengelola jaringan.
  • Dapat digunakan untuk memblokir situs-situs yang mengandung konten yang dilarang seperti konten pornografi dengan memanfaatkan fitur proxy pada Mikrotik sehingga membuat penggunaan internet menjadi lebih positif.
  • Dapat digunakan sebagai PPPoE Server.
  • Pengaturan dan konfigurasi jaringan LAN dapat dilakukan dengan hanya mengandalkan Mikrotik PC Router OS dengan spesifikasi hardware yang sangat rendah.
  • Memisahkan internasional dan lokal bandwidth yang lalu lintas dan banyak lagi.

Tujuan Mikrotik

Tujuan dari mikrotik diantaranya:
  • Mikrotik mudah digunakan dan dirancang dengan baik untuk mengelola jaringan komputer seperti merancang dan membangun sebuah sistem jaringan komputer.
  • Akhir-akhir ini, banyak bisnis yang menggunakan warnet sebagai router mikrotik dan mereka puas dengan hasilnya.

Manfaat Mikrotik

Manfaat menggunakan mikrotik seperti:



1. Sebagai Internet Gateway pada jaringan LAN
Contohnya router mikrotik yang menghubungkan beberapa jaringan LAN untuk terhubung ke internet. Router Mikrotik juga bisa menjadi kontrol lalu lintas data yang masuk dan keluar. Mikrotik juga mampu mengatur konten dari Internet yang dapat diakses oleh klien.

2. Sebagai Access Point
router mikrotik dilengkapi dengan interface nirkabel dapat berfungsi sebagai titik akses pada jaringan wifi. Seperti di sekolah-sekolah, kafe, perguruan tinggi atau jaringan publik biasanya menggunakan router sebagai proxy dari jalur akses wifi.

3. Sebagai Routing
Routing adalah fitur utama dalam routing router proxy menghubungkan beberapa jaringan dan menentukan jalur terbaik menuju komputer atau alamat tujuan. Sebagai contoh, ada tiga cabang A, B dan kantor C router mikrotik set ketiga untuk menghubungkan satu sama lain ke jaring.

Fitur Mikrotik

Berikut ini beberapa fitur dari Router Mikrotik, diantaranya:

Kekurangan dan Kelebihan Mikrotik

Dari sekian banyak fitur yang dimiliki router Mikrotik, berikut rangkuman beberapa kekurangan dan juga kelebihan mikrotik, diantaranya sebagai berikut:

1. Kekurangan Mikrotik
  • Memiliki spesifikasi hadware yang terbatas (CPU, Main Storage / NAND, RAM)
  • Web Proxy internal yang kurang handal, sehingga jika ingin menggunakan proxy dalam jaringan anda, dianjurkan untuk memanfaatkan proxy external.
  • Hardware tidak bisa di upgrade ke spesifikasi yang lebih tinggi.

2. Kelebihan Mikrotik
  • Biaya lebih murah, bahkan untuk membeli lisensi sebuah routerboard jauh lebih murah lagi jika dibandingkan dengan versi routerOS
  • Lebih hemat daya, RB750 contoh konsumsi listrik hanya 2,5 watt.
  • Mudah untuk dilakukan install, bahkan cukup memilih konfigurasi standar, atau bawaan maka router mikrotik langsung bisa digunakan
  • Router mikrotik ini sangat cocok jika dipergunakan pada jaringan dengan beban kecil sampai menengah, tapi jika anda memiliki jaringan dengan insfrastruktur yang berat misalkan maka dapat membeli routerboard dengan spesifikasi yang lebih tinggi dan pastinya harganya pun lumayan tinggi.

Demikianlah artikel tentang Pengertian Mikrotik dan Kegunaannya, semoga bermanfaat

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel