Cara Menghilangkan Chromium

Anda sempat heran mengapa ada aplikasi Chromium yang tiba-tiba muncul di layar dekstop komputer sedangkan anda merasa tidak pernah menginstallnya? Artikel berikut ini akan membahas tentang apa itu Chromium, mengapa bisa muncul dan cara menghapus chromium.

Chromium adalah aplikasi browser yang berbasis open source dan browser lainnya namun bagi sebagian dari kita merasa terganggu dengan adanya browser ini.



Chromium ini biasanya muncul secara tiba-tiba, dan biasanya disebabkan karena anda sebelumnya mungkin ada mendownload aplikasi di internet tetapi tanpa sadar yang anda download adalah chromium ini. Ada kalanya juga chromium ini menumpang pada aplikasi yang kita download dari internet dan ketika kita ingin menginstall aplikasi tersebut, chromium ini memaksa untuk ikut terinstall bersama dengan aplikasi yang di tumpanginya.

Bagaimana Cara Menghapus Chromium

Bagi anda pengguna yang memiliki komputer ataua laptop dengan kapasitas RAM kecil pastinya akan merasakan efek buruknya performa komputer anda, lebih-lebih ketika anda membuka browser dan mengakses internet. Komputer anda akan terasa lebih lambat, bahkan bisa saja sampai hang dan restart dengan sendirinya.

Baca juga: Apa itu Chromium? Begini Perbedaannya dengan Google Chrome

Tapi jangan khawatir, chromium ini bukanlah tidak bisa dihapus. Ada beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk menghapus chromium dari komputer anda.

Cara menghapus chromium sebenarnya sama seperti menghapus aplikasi windows pada umumnya, yaitu kita lakukan uninstall di menu Control Panel. Namun adakalanya chromium ini tidak muncul di control panel, sehingga kita kesulitan untuk melakukan uninstall.

Adapun ketika kita berhasil melakukan uninstall chromium, beberapa hari kemudian aplikasi ini muncu kembali ketika kita mengakses internet. Sehingga bagaimana cara menghapus chromium secara permanen dan efektif? Marilah kita bahas satu-persatu dibawah ini.

Cara Menghilangkan Chromium di Windows 10

Cara menghapus chromium di Windows 10 sebenarnya sangat mudah untuk dilakukan, langkah-langkahnya sebagai berikut:
  • Masuk ke menu Control Panel > Programs

  • Kemudian pilih Programs and Features
  • Cari aplikasi chromium dan kemudian klik kanan, pilih Uninstall

  • Selanjutnya buka jendela RUN, dengan menekan tombol kompinasi Windows + R, kemudian ketikkan regedit > Klik OK

  • Setelah muncul jendela Registry Editor, klik menu Edit > Find > ketikkan: chromium > klik tombol Find Next
  • Hapus semua file chromium yang didapatkan dari hasil pencarian

  • Buka Explorer > Klik menu View > Options Toolbar > Change Folder and search options

  • Klik radio button Show hidden files, folders, and drivers > uncheck Hide protected operating system files (Recommended). Langkah ini dimaksudkan untuk menampilkan semua file atau folder yang tersembunyi. Selanjutnya klik tombol OK

  • Langkah terakhir, buka jendela Explorer, kemudian cari semua hal yang berhubungan dengan chromium dan hapus.

Cara Menghilangkan Chromium di Windows 8

Bagaimaca menghapus chromium di Windows 8 sebenarnya hampir sama langkah-langkahnya dengan Windows 10. 

Silahkan mengikuti langkah-langkah diatas, mulai dari menghapus aplikasi Chromium dari Control Panel, kemudian menghapus file di Registri editor, dan sampai dengan menghapus file chromium dari explorer sesuai dengan urutan langkah-langkah diatas sebelumnya.
  • Silahkan buka Explorer > Klik menu View > Options Toolbar > Change Folder and search options

  • Klik radio button Show hidden files, folders, and drivers > uncheck Hide protected operating system files (Recommended). Langkah ini dimaksudkan untuk menampilkan semua file atau folder yang tersembunyi. Selanjutnya klik tombol OK

  • Buka jendela Explorer, kemudian cari semua hal yang berhubungan dengan chromium dan hapus.


Cara Menghilangkan Chromium di Windows 7

Selanjutnya bagaimana cara menghapus chromium di Windows 7 sama halnya juga seperti pada Windows 10 dan Windows 8 yang sebelumnya sudah kita bahas diatas.

Hal yang perlu diperhatikan jika ingin menghapus chromium di Windows 7 adalah apabila folder Chromium yang berada di explorer tidak bisa dihapus, maka perhatikan pada jendela Task Manager karena bisa jadi aplikasi Chromium masih berjalan.
  • Langkah-langkah membuka jendela Task Manager adalah sebagai berikut:
  • Tekan tombol kombinasi Ctrl + Alt + Del pada keyboard > Pilih Task Manager, atau bisa juga dengan melakukan klik kanan pada Taskbar > Kemudian pilih Task Manager
  • Cari aplikasi Chromium > Klik kanan pilih End Task
  • Selanjutnya silahkan hapus file atau folder chromium yang sebelumnya tidak bisa di hapus pada jendela exporer
Demikianlah artikel tentang Cara Menghilangkan Chromium, semoga bermanfaat

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel