Perbedaan HUB dan Switch

Mungkin beberapa orang akan berpikir bahwa switch dan hub memiliki kesamaan, bahkan bentuknya hampir mirip. Namun pada kenyataannya, ada perbedaan yang signifikan antara Hub dan switch.

Memang, Hub dan switch hampir fungsi yang sama, yaitu menghubungkan port pada komputer dengan menggunakan satu perangkat. Meskipun secara fungsional serupa, namun perbedaan Hub dan Switch begitu jelas dalam hal cara kerjanya.


HUB Adalah

Hub adalah sebuah antarmuka antar-pengguna. Hub akan bekerja meneruskan paket data seperti: e-mail, dokumen, pengolah kata, spreadsheet, grafis, permintaan cetak mereka terima melalui satu port dari satu workstation ke semua port yang tersisa. Hub sangat mempengaruhi proses koneksi antara komputer, sehingga ketika hub rusak maka seluruh jaringan akan terputus dan terganggu.



Hub berfungsi sebagai sinyal peragkat keras dari komputer dan merupakan titik fokus yang menghubungkan ke semua komputer dalam jaringan. Hub juga bertindak sebagai penguat sinyal UTP kabel, konsentrator dan band.

Fungsi Hub

Berdasarkan fungsinya, hub dibedakan menjadi 2 jenis, diantaranya:

  1. Hub Pasif adalah hub yang berfungsi sebagai pemisah atau pembagi jaringan, tetapi hub pasif tidak melakukan penguatan sinyal sehingga hub tidak akan membutuhkan daya tambahan.
  2. Hub Aktif adalah hub yang berfungsi sebagai penghubung secara fisik melacak dan penguat sinyal di jaringan, tetapi hub aktif membutuhkan daya listrik tambahan untuk bekerja.
Ketika sebuah paket tiba di satu port, paket akan disalin ke port lain pada hub. Atau dengan kata lain hub hanya menyalin data ke semua node terhubung ke hub. Hal ini menyebabkan kinerja jaringan akan lambat.

Misalkan ada sebuah Hub dengan spesifikasi 10 / 100Mbps maka harus berbagi bandwith masing-masing port yang ada. Jadi ketika hanya satu PC menggunakan, akan memiliki akses ke bandwidth maksimum yang tersedia. Namun, jika beberapa PC beroperasi atau di gunakan pada jaringan, bandwidth akan didistribusikan ke semua PC, sehingga mengurangi kinerja jaringan.

Switch adalah

Switch lebih cerdas dibandingkan Hub. Switch melanjutkan paket data ke port hanya penerima yang dimaksud. Menurut informasi dalam header paket, transmisi terpisah dari port yang berbeda, switch membuat koneksi sementara antara sumber dan tujuan, kemudian meneruskan koneksi setelah ujung komunikasi data.



Switch dan Hub kadang-kadang sulit dibedakan karena kesamaan dalam hal fungsi umum dan jika dilihat secara fisik hampir sama. Tapi sebenarnya Switch memiliki satu keuntungan yang dapat mencegah terjadinya Collision (Tabrakan), tujuan dari tabrakan di sini adalah data tabrakan. Switch memiliki fungsi data yang lewat dan jika satu node ingin mengirim data ke node lain, dan ada node lain yang ingin mengirim data sehingga menjegah terjadinya tabrakan. Switch akan memberikan jalur pada keduanya, sehingga tidak akan terjadi Collision. Dengan demikian, gagasan Switch adalah perangkat jaringan yang berfungsi untuk menghubungkan beberapa node dalam jaringan, tetapi memiliki fungsi lain, yaitu sebagai pencegah Collision dengan memberikan aliran data jalur masing-masing sesuai Pelabuhan / Collision Domain.

Jadi, ketika menggunakan Switch setiap Client dapat melakukan komunikasi data tanpa masalah Collision (Tabrakan) Data. Selain port lebih tersedia pada switch, tidak akan mempengaruhi bandwidth yang tersedia untuk setiap port. Switch dapat bekerja di Layer Data Link dan Layer Network, biasanya kecepatan saklar yang sering digunakan adalah 10/100 Mbps.

Ada dua arsitektur dasar yang digunakan adalah: cut-through dan store and forward, yaitu:

  1. Switch cut-through ini hanya memperhatikan alamat tujuan sebelum diteruskan ke segmen tujuan, sehingga switch ini menjadi lebih kerjanya ketika paket datang.
  2. Switch store and forward merupakan kebalikan dari cut-melalui switch. Switch ini berfungsi untuk menganalisa dan menerima seluruh isi paket sebelum kemudian dilanjutkan ke tujuan dan untuk memeriksa paket akan memakan waktu, tetapi memungkinkan switch untuk mendeteksi kerusakan paket dan mencegah mengganggu jaringan.

Switch spesifikasi 10 / 100Mbps akan mengalokasikan 10 / 100Mbps penuh untuk setiap port nya. Jadi terlepas dari jumlah komputer yang terhubung, pengguna akan selalu memiliki bandwidth penuh.

Perbedaan HUB dan Switch

Hub memiliki fungsi sebagai penghubung antara perangkat dengan perangkat lain. Sementara itu, Switch berfungsi untuk bertukar informasi khusus untuk perangkat diberikan akses. Switch juga digunakan pada jaringan untuk memverifikasi data center, sebelum dikirim ke perangkat lain.



Selain itu, beberapa perbedaan mendasar antara HUB dan Switch adalah sebagai berikut:

1. Transfer Data

Hub memiliki kecepatan hingga 100 Mbps, sedangkan switch biasanya memiliki kecepatan di atas 100 Mbps dan bahkan hingga 1 Gbps.

Switch mempunyai kecepatan lebih cepat dalam mengirim data langsung ke tujuan. Sementara pada hub, dibagi menjadi beberapa port sesuai dengan perangkat yang terhubung.

2. OSI Layer

OSI atau Open System Interconnection adalah teknologi jaringan komputer link dalam bentuk konseptual sebagai koneksi standar-definition.

Dalam hal ini, hub menggunakan lapisan OSI Physical Layer yang hanya dapat mengirim data dari pengirim ke penerima saja.

Sedangkan Switch menggunakan lapisan lapisan OSI Layer kedua yang mana dapat memanfaatkan MAC dan LLC dalam mengirimkan data.

3. Cara Kerja

Hub bekerja dengan mendistribusikan data ke setiap perangkat yang terhubung ke jaringan sedangkan switch akan menerima data dan hanya data mnegirimkan yang telah ditentukan melalui alamat MAC.

4. Menurut Sistem Keamanan

Dilihat dari model OSI yang digunakan, switch memiliki sistem keamanan yang lebih baik karena menggunakan OSI Layer 2 yang dapat memeriksa kesalahan yang mungkin terjadi, dan pembungkus bit dalam bentuk frame data. Sedangkan hub tidak menerima jaminan apapun untuk transfer data akan dikirim langsung ke perangkat yang terhubung.

5. Harga

Hub biasanya memiliki harga yang lebih murah dibandingkan dari switch tergantung pada kecepatan dan jumlah port yang disediakan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel