Pengertian dan Fungsi MAC Address

Apa itu MAC Address? sebagian orang tentu bingung kira- kira apa itu MAC Address. Sedangkan sebagian yang lain yang memanglah telah berpengalaman dalam urusan jaringan tentu langsung tertuju ke sekumpulan kode angka unik.

MAC Address adalah suatu angka yang sangat penting dan rahasia. Tiap perangkat jaringan (hardware), baik itu hp ataupun pc telah diberikan MAC Address yang tidak sama. Mengapa demikian? karena MAC Address bersifat unik dan setiap perangkat jaringan memilikinya dengan MAC Address yang berbeda-beda.


Pengertian MAC Address


MAC Address( Media Access Control address) merupakan alamat sebuah perangkat keras sebuah interface jaringan seperti ethernet card pada pc, interface/ port pada router, serta node jaringan lain yang memiliki alamat unik dan menjadi identitas sebuah perangkat keras. Secara universal MAC Address dibuat oleh pabrik pembuat NIC( Network Interface Card) serta ditanam secara permanen pada ROM( Read Only Memory) pada perangkat yang di produksi tersebut.

Baca juga: Pengenalan OSI Layer

MAC address sering juga fisebut sebagai Ethernet Hardware Address( EHA), Hardware Addres, ataupun Physical Address. MAC Address mempunyai panjang 48- bit( 6 byte). Format standard MAC Address secara universal terdiri dari 6 kelompok digit yang tiap- tiap kelompok berjumlah 2 digit heksadesimal. tiap- tiap kelompok digit dipisahkan ciri(-) ataupun(:), misalnya 01- 23- 45- 67- 89- ab ataupun 01: 23: 45: 67: 89: ab.


Agar supaya komputer kita dan perangkat jaringan lainnya dapat saling berkomunikasi, frame- frame/ informasi yang dikirim lewat jaringan wajib mempunyai MAC Address. Namun supaya komunikasi jaringan lebih gampang serta simpel, digunakanlah IP Address. Akan tetapi dikarenakan komunikasi dasarnya memakai MAC Address, oleh karena itu alamat IP tersebut wajib diterjemahkan ke MAC Address yang selanjutnya dikenal adanya ARP( Address Resolution Protocol) yang bertugas buat menerjemahkan IP Address jadi MAC Address sehingga pc juga dapat silih berbicara.

Baca juga: Mengenal Protokol TCP IP

Sebagian Teknologi yang memakai MAC Address 48 bit

  • Ethernet
  • Bluetooth
  • FDDI
  • ATM
  • FireWire
  • ZigBee Networks
  • 802. 11 wireless networks
  • IEEE 802. 5 token ring 

Fungsi MAC Address

Fungsi dari sebuah MAC Address dimaksudkan buat mempermudah router dan perangkat jaringan lainnya agar supaya secara unik mengenali tiap tipe perangkat yang tersambung ke jaringan dengan bermacam metode. Ini digunakan dalam sebagian besar suatu jaringan komputer serta munculnya sebuah standar industri yang dinamakan Institute of Electrical and Electronic Engineers( IEEE).

Dalam suatu jaringan, MAC address berperan bagaikan alamat yang mengidentifikasikan perangkat- perangkat yang tersambung dalam jaringan sehingga dapat berkomunikasi satu sama lain.

MAC Address diberikan kepada sebuah interface yang terkoneksi pada jaringan komputer ataupun internet. Biasanya MAC Address ini kita akan selalu jumpai ada perangkat router, wireless card, LAN, serta berbagai perangkat lainnya yang digunakan untuk menghubungkan ke internet.

Bisa jadi sebagian orang berpikiran kalau MAC Address tidak lebih dari hanya kumpulan angka biasa yang umumnya diabaikan. Sementara itu MAC Address sangat penting karena setiap perangkat keras yang digunakan untuk komunikasi pada jaringan atau internet memiliki MAC Address yang berbeda-beda. Apalagi antara MAC Address pc dengan hp juga pula tidak sama. Untuk sebagian orang, mereka tentu ketahui kalau alamat ini bisa dipalsukan dengan bermacam berbagai metode. Hingga dari itu, pengguna dilarang buat menyebarkan ataupun memberitahu kepada orang lain tentang MAC Address pada perangkat yang dimilikinya.

Berikut kami bagikan bagaimana cara melihat MAC Address pada laptop / komputer untuk sistem operasi Windows 10,8,7 serta pada perangkat android.

Baca juga: Cara Setting Mikrotik Dasar Lengkap Dengan Winbox

Cara Melihat MAC Address Laptop / Komputer

Untuk cara melihat mac address laptop windows 10, cara melihat mac address laptop windows 8 ataupun cara melihat mac address laptop windows 7 sebenarnya langkahnya sama. Berikut tahapan langkahnya:

1. Buka jendela cmd (command prompt) dengan cara menekan tombol kombinasi (Windows + R) pada keyboard anda, kemudian ketikkan perintah cmd > OK



2. Setelah muncul jendela command prompt, ketikkan perintah ipconfig /all > Enter


3. Kemudian amati pada nama perangkat jaringan anda, sebagaimana contoh pada gambar dibawah ini

Gambar diatas menunjukkan alamat MAC Address perangkat LAN Card.

4. Selanjutnya scroll kebawah lagi untuk melihat informasi tentang MAC Address pada perangkat lainnya yang ada pada komputer kita.


Gambar diatas menunjukkan alamat MAC Address perangkat WLAN atau wifi.

5. Selesai

Cara Melihat MAC Address HP (Android)

Di HP Android, MAC Address ini dapat dikenal dengan gampang karena menu pengecekan MAC Address telah disediakan dari pihak penyedianya.

Nah, bagaimana cara melihat MAC Address HP? dibawah akan kita contohkan pada hp Xiaomi Redmi 6. Cara ini dapat juga diterapkan di seluruh HP Android, mulai dari Samsung, OPPO, Vivo, Lenovo, Huawei serta lain- lain. Langkah-langkahnya sebagai berikut:

1. Buka menu Setelan



2. Cari dan pilih Tentang telepon



3. Cari dan pilih Keseluruhan spesifikasi



4. Kemudian pilih Status



5. Lihat pada bagian bawah, informasi mengenai MAC Address dari perangkat ada disana



Demikianlah artikel tentang Pengertian dan Fungsi MAC Address. Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel