Cara Setting Router Tenda F3

Jika Anda sedang mencari router dengan harga murah dan berbagai Saya dapat menyarankan Anda untuk membeli F3 tenda. Mengapa? Karena Tenda F3 ini bisa dibilang sangat ekonomis namun memiliki kemampuan yang lumayan dibandingkan dengan perangkat sejenis di kelasnya.

Keuntungan dari router Tenda  F3 ini adalah setting mudah dan  banyak fitur yang bisa digunakan. Di antara fitur router Tenda F3 yang dapat dimanfaatkan salah satunya kita bisa membatasi kecepatan client yang terhubung dengan wifi, juga dapat memblokir client yang terhubung sesuai dengan keinginan. Untuk Spesifikasi Tenda F3 akan kita bahas dalam rincian lebih lanjut di bawah ini.

Tenda F3 Review

Tenda F3 bekerja pada frekuensi 2.4GHz dan memiliki tiga antena dengan daya 5dBi, bisa dibilang lumayan kuat untuk penyebaran dan menangkap sinyal wifi. Kemudian ada 4 port LAN yang dapat dimanfaatkan untuk koneksi internet ke PC, laptop, atau smart TV. Selain itu ada beberapa indikator LED yang menunjukkan kapan hijau berarti fitur tersebut aktif atau sedang digunakan.


Kelebihan Tenda F3

Beberapa kelebihan dari Tenda F3 ini adalah sebagai berikut:

  • Harga Rendah di bawah 150rb
  • Desain yang elegan dan tidak terlalu besar
  • Luas jangkauan dengan 3 5dBi antena
  • Sebuah sistem pendingin yang baik
  • Pengaturan lebih mudah
  • Bandwidth Kontrol
  • Pengawasan orang tua
  • Mendukung mode AP, WISP, Repeater
  • Bisa blok perangkat

Tenda F3 ini memiliki jangkauan wifi luas, sesuai dengan pengalaman 50 meter masih bisa mendapatkan sinyal 2 sampai 3 bar, dan koneksi internet tetap stabil.

Keuntungan lain dari router Tenda F3 tidak mudah panas, meskipun selalu hidup 24 jam hari. Bandingkan jika kita menggunakan kelas wifi router yang sama akan jauh lebih bandel router Tenda F3 ini.

Harga Tenda F3

Jika Anda ingin mendapatkan harga murah, kami saran anda membeli  tenda F3 ini di toko online seperti shopee, Tokopedia, dan Bukalapak. Biasanya banyak penjual yang memasang harga diskon.

Harga: Rp.120.000 - Rp.160.000

Cara Setting Tenda F3 Sebagai Access Point

Untuk diketahui bahwa Router Tenda F3 bisa digunakan sebagai WISP, Universal Repeater, ataupun AP Mode dan proses settingnya pun mudah, hanya beberapa menit saja. Disini kami akan menguraikan cara setting Tenda F3 sebagai Access Point. Langkah-langkahnya sebagai berikut:

1. Sambungkan kabel LAN dari ISP (modem internet) anda ke port WAN Tenda F3
2. Kemudian sambungkan kabel LAN dari port 1 LAN Tenda F3 ke komputer atau laptop anda
3. Buka Browser anda kemudian ketik 192.168.0.1 kemudian Enter (Catatan: jika tidak berhasil, pastikan komputer anda telah di setting IP 1 segmen dengan Tenda F3, misalkan IP komputer anda 192.168.0.10)
4. Untuk pertama kali setting, anda bisanya langsung diarahkan pada tampilan Quick Set (Pengaturan cepat), seperti pada gambar dibawah ini



5. Pilih Dynamic IP  (Pengaturan WAN mulai dari IP, Gateway dan DNS dari modem)
6. Ganti Wifi Name dan Password > klik OK
7. Tenda F3 anda sudah bisa digunakan.

Baca juga:
Daftar DNS Telkom dan Cara Kerjanya
DNS Tercepat Terbaru dan Aman

Cara Setting Tenda F3 Sebagai Repeater

Router Tenda F3 ini memiliki empat mode yang bisa anda manfaatkan, di antaranya wisp, wireless repeating,dan AP mode. Artikel berikutnya ini akan kita bahas cara setting Tenda F3 sebagai Repeater. Metode ini baik jika Anda sendiri yang memiliki koneksi indihome di rumah, jika Anda menembak tetangga wifi atau menembak wifi.id jarak lain.

Pada dasarnya semua mode pada Tenda F3 ini memiliki fungsi yang sama, yaitu untuk mendistribusikan wifi atau koneksi nirkabel. Anda dapat menggunakan AP mode untuk membuat hotspot koneksi nirkabel baru dan anda juga bisa memperkuat signal dengan mode Repeater (Universal Repeater) dari Access Point pusat menggunakan alat ini.

Hal penting yang harus anda perhatikan jika ingin menggunakan mode Repeater ini diantaranya:
1. Anda harus mengetahui IP, Gateway dari sumber wifi yang akan di kuatkan signalnya.
2. Wifi Name (SSID) dan password wifi utamanya yang akan dikuatkan

Baca juga: Mengenal Protokol TCP IP

Bagaimana Cara Setting Tenda F3 Sebagai Repeater? Berikut langkah-langkahnya:

1. Silahkan akses halaman pengaturan router Tenda F3 anda dengan mengetikkan alamat ip 192.168.0.1 melalui browser anda.
2. Setting IP Repeater satu segmen dengan Wifi pusat (misalkan wifi pusat: 192.168.0.1), maka kita setting IP pada repeater kita misalkan: 192.168.0.5
3. Klik menu Advanced > LAN Setting, kemudian ubah IP default (192.168.0.1 menjadi 192.168.0.5) > klik OK



4. Masuk ke Wireless Setting > Enable pada bagian Universal Repeater
5. Lakukan Scan Wifi Name (SSID) > Tentukan SSID yang ingin di repeater dengan cara di klik pada bagian SSID
6. Masukkan password yang sesuai (password harus sama dengan wifi yang di repeater)  > Klik OK


7. Tunggu dalam beberapa saat, Tenda F3 akan melakukan penyimpanan pengaturan dan dilanjutkan reboot perangkat.

 
8. Setelah reboot silahkan cek signal wifi anda, jika berhasil maka wifi yang anda repeater anda akan bekerja. Indikator berhasil tidaknya repeater adalah dengan menguatnya signal wifi yang sebelumnya lemah.

Ganti Password Tenda F3

Jika anda ingin mengganti Wifi Name (SSID) dan juga password anda, langkah-langkahnya sebagai berikut:

1. Login kembali ke pengaturan Tenda F3 dengan mengetikkan alamat ip 192.168.0.1 melalui browser anda.
2. Klik menu Wireless Settings 



3. Silahkan ganti nama SSID padaWifi Name > Security Mode: WPA/WPA2-PSK > Masukkan Password baru anda > klik OK
4. Muncul Pop-up pertanyaan, klik tombol OK


5. Silahkan anda melakukan koneksi ulang dengan nama wifi dan password yang baru.

Ganti Password Login Tenda F3

Sebelum Anda melakukan pengaturan lain, hal pertama yang harus anda lakukan adalah mengganti password default login router Tenda F3 anda. Karena secara standar, Tenda F3 ini tidak menggunakan password, sehingga ketika terhubung ke wifi tenda otomatis dapat mengakses halaman pengaturan (administrator) hanya dengan memasukkan ip router tenda anda. Untuk mengganti password administrator pada router Tenda F3 anda, langkah-langkahnya sebagai berikut:

1. Menghubungkan router tenda ke komputer anda, bisa melalui koneksi wifi atau kabel LAN yang terhubung ke port lan.
2. Buka browser Anda dan masukkan url tendawifi.com atau 192.168.1.1
3. Setelah masuk, silahkan klik menu Administration
4. Pada bagian Login Password, isikan Old Password (kosongkan jika belum pernah melakukan sebelumnya) > New Password: (isi dengan password baru) > Repeat New Password: (masukkan kembali password baru anda)


5. Klik tombol OK pada bagian bawah
6. Tunggu beberapa saat, router Tenda anda akan menyimpan konfigurasi yang telah dilakukan, sampai anda akan dialihkan ke halaman login.


7. Masukkan password baru yang telah anda rubah, jika berhasil maka akan sukses mengganti password router Tenda F3 anda.

Tenda F3 Firmware

Firmware dari Tenda itu sendiri sangat bagus dan stabil, tetapi jika anda ingin melalukan improvisasi maka anda dapat mencoba beberapa firmaware tenda F3. Salah satu kegunaan kita mengganti firmware Tenda F3 kita ini misalkan kita ingin membuat Wifi Name (SSID) lebih dari satu. Mengapa kita harus upgrade firmware Tenda bawaan? Karena secara default fitur SSID yang disediakan hanya satu SSID.

Firmware Tenda F3 download disini

Cara Upgrade Firmware Tenda F3

Ada baiknya sebelum anda melakukan updrade firmware, lakukan Backup Configuration terlebih dahulu. Hal ini penting sebagai antisipasi jika nanti terjadi masalah pada saat upgrade firmware.

Cara melakukan Backup Configuration Tenda F3 maupun Upgrade Firmware Tenda F3 berada dalam satu menu tampilan Device Management

 1. Jadi silahkan anda login terlebih dahulu ke Tenda F3 ada, kemudian masuk ke menu Administration > Scroll kebawah pada bagian Device Management


2. Jika ingin melakukan Backup setingan, anda tinggal klik tombol Backup disebelah menu Backup a Configuration File > Simpan file ke komputer anda
3. Jika ingin melakukan Upgrade Firmware, Klik tombol Browse disamping Menu Firmware Update > Kemudian upload file firmware yang sudah anda download sebelumnya.
4. Tunggu beberapa saat, Router Tenda F3 anda akan melakukan proses instalasi sesuai dengan firmware yang sudah kita upload kemudian dilanjutkan melakukan reboot.

Demikianlah artikel lengkap tentang Cara Setting Router Tenda F3, semoga bermanfaat.
 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel