Cara Cleaning Printer Epson, HP dan Canon Secara Benar

Tak selamanya kinerja printer dapat melakukan hasil printing yang sempurna. Terutama jika printer yang Anda miliki masih baru, tak dapat dipungkiri jika hasil cetakan printer baru akan terlihat baik.

Namun terkadang ada saja masalah yang kadang terjadi pada printer, seperti hasil printing terputus atau tintanya tak dapat keluar. Apabila tinta cartridge tidak dapat keluar, maka Anda dianjurkan untuk melakukan cleaning.

Cara Cleaning Printer


Anda akan menyadari jika printer yang anda gunakan secara terus menerus menemui masalah seperti hasil cetakan printer yang terputus-putus. Hingga tinta pada printer baik yang warna maupun yang hitam tidak keluar pasti anda akan memerlukan  cara cleaning printer ini. Lalu dimanakah head printer berada?

Head printer berada di bagian bawah pada komponen printer yang bernama Catridge. Fungsi dari head inilah yang berperan untuk mengeluarkan tinta menuju kertas pada saat proses cetak. Ada baiknya anda mengecek tinta apa yang tidak keluar dengan sempurna pada printer dengan melakukan Nozzle Check.

Perlu anda ketahui pula bahwa cara untuk melakukan head cleaning berbeda-beda setiap merk dan jenis printer akan tetapi cara cleaning printer windows 10,8, 7 sebenarnya sama saja. Oleh karena itu mari kita bahas satu persatu tentang bagaimana melakukan head cleaning printer, berikut ini:

Cara Cleaning Printer Epson


Berikut ini akan kami uraikan tentang cara cleaning printer epson anda mulai seri L120, L310, L360, L405, L805, L1300, dan L1800. Langkah-langkahnya sebagai berikut:

1. Langkah pertama yaitu pastikan printer anda dalam keadaan hidup (Power ON)

2. Klik tombol Windows dan pilih Devices and Printer pada Start Menu.



3. Klik kanan pada printer yang akan anda lakukan Cleaning kemudian pilih Printer Properties.



4. Klik tombol Preferences > Maintenance > Head Cleaning




5. Klik tombol Start dan tunggu sampai proses cleaning selesai.


Hal yang perlu diperhatikan bahwa saat proses head cleaning berjalan, printer tidak boleh mati karena akan berakibat fatal bahkan printer anda akan rusak permanen.

Baca juga:
Reset Printer Epson L120 Dengan Mudah
Cara Menginstall Printer Epson L360 Tanpa CD


6. Klik tombol Print Nozzle Check Pattern maka printer akan secara otomatis melakukan pencetakan dokumen untuk menampilkan kualitas tinta dan cetakan catridge, sehingga pastikan sudah ada kertas yang terpasang.


Dengan melihat hasil cetakan, jika anda dapatkan hasil cetakan garis putus-putus, silahkan ulangi langkah diatas sampai hasil cetakan tanpa garis putus-putus.

7. Klik tombol Finish untuk mengakhiri.

Cara Cleaning Printer HP

kali ini kita membahas cara cleaning printer hp 1110 series yang juga bisa diterapkan pada HP 2135, HP Deskjet GT 5810 ataupun seri printer HP yang lainnya. Langkah-langkahnya sebagai berikut:

1. Langkah pertama, pastikan printer dalam keadaan hidup atau Power ON, dan kabel USB printer telah terhubung ke komputer anda.

2. Buka start menu dan Jalankan aplikasi HP Deskjet 1110 Series.

3. Selanjutnya klik tab Print > kemudian pilih Maintenance Your Printer.


4. Pilih tab Device Services > klik Clean Ink Cartridges


5. Silahkan anda tunggu proses cleaning sampai dengan selesai


6. Jika scanning selesai, klim tombol Print.


7. Amati hasil cetakan, jika garis cetakan yang dihasilkan masih belum optimal atau masih bergaris putus-putus, silahkan ulangi langkah cleaning diatas sampai mendapatkan hasil print yang paling optimal.

Baca juga: Resetter Epson L1110 Download

8. Jika sampai dengan 3 kali mengulangi cleaning tapi hasil tetap juga tidak optimal, silahkan klik tombol Second Level Clean > Print dan amati kembali hasilnya.

Cara Cleaning Printer Canon

Dalam bahasan ini akan kita uraiakan cara cleaning printer Canon IP2770 tapi bisa juga dijadikan panduan untuk series yang lain seperti Canon MP287, Canon MP237, Canon MP280 dan series yang lainnya. Langkah-langkahnya sebagai berikut:

1. Pastikan printer anda dalam posisi menyala atau Power ON, dan kabel USB terhubung ke komputer anda.

2. Masuk ke jendela Control Panel > Device and Printer

3. Klik kanan printer yang akan di lakukan cleaning > klik Printer Properties


4. Klik tab menu Maintenance > klik Cleaning


5. Klik pilihan All Colors > Klik tombol Execute


6. Tunggu sampai proses Cleaning Canon IP2770 anda selesai, selanjutnya klik tombol Print Check Pattern


7. Selesai

Baca juga: Canon IP2770 Error 5B00 Bagaimana Cara Mengatasinya

Demikianlah artikel tentang Cara Cleaning Printer Epson, HP dan Canon Secara Benar dan semoga bermanfaat.



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel