IDM Tidak Muncul di Chrome? Ini Solusinya

Anda sering mengalami IDM tidak muncul di google chrome? artikel ini akan mengulas beberapa faktor penyebab dan solusinya.

Internet Download Manager adalah aplikasi downloader yang sangat populer saat ini. Karena memang dengan aplikasi IDM ini kita bisa mendownload 5 sampai 8 kali lebih cepat dari download biasa.

Mengapa demikian? karena setiap kita mendownload menggunakan IDM, maka aplikasi IDM akan mencoba melakukan testing apakah server download tersebut dapat mensupport koneksi Multiple File Stream untuk satu IP. Apabila ternyata support, maka IDM akan melakukan request ke server menggunakan Threads dan membuat 8 request koneksi ke server untuk akan melakukan request download file yang berbeda.

Tapi adakalanya kita dibuat bingung ketika mengalami kendala IDM tidak muncul di google chrome dan pastinya akan membuat kita kebingungan untuk mencari solusinya.

Penyebab Kenapa IDM Tidak Muncul di Chrome


Berdasarkan pengalaman pribadi dan juga dari hasil penelurusan kami ke beberapa sumber, dapat kami uraikan beberapa penyebab mengapa IDM tidak muncul di google chrome, diantaranya:

  1. Ektensi IDM tidak terpasang dengan benar di browser Google Chrome kita, sehingga menyebabkan pop-up button menjadi hilang. Solusinya silahkan periksan kembali extensi IDM pada browser Google Chrome anda dengan benar.
  2. Masih menggunakan IDM versi lama sehingga ektensi tidak support dengan browser anda. Solusinya silahkan anda update atau ganti IDM anda dengan versi yang terbaru.
  3. IDM masih trial dan belum teraktifasi dengan benar. Solusi silahkan anda aktifikasi IDM anda menjadi Full.

Langkah Mudah Cara Mengatasi IDM Tidak Muncul di Chrome


Sebagaimana sudah kami uraiakan diatas, hal yang sering terjadi kenapa IDM tidak muncul di Chrome adalah permasalahan pada Extension IDM pada Google Chrome yang belum terpasang secara benar. Maka solusinya anda tinggal menginstall ulang extension IDM dengan cara sebagai berikut:

1. Pastikan IDM anda adalah versi terbaru.

2. Masuk ke tampilan Settings Google Chrome


3. Pilih More Tools > Extensions


4. Muncul tampilan Google Chrome Extensions (chrome://extensions/) dan terlihat ekstensi IDM belum terpasang.



5. Buka folder instalasi IDM yang berlokasi di C:\Program Files (x86)\Internet Download Manager


6. Cari file IDMGCExt.crx dan silahkan drag and drop ke jendela Google Chrome Extensions



7. Jika muncul notifikasi, klik tombol Continue


8. Untuk mencobanya, silahkan buka halaman youtube.com dan putar salah satu videonya.



9. Pop-up Extension IDM di Google Chrome berhasil muncul dan selamat mendownload.

Baca juga: Cara Download Mp3 dari Youtube

10. Jika dengan langkah diatas, tetapi juga tidak muncul, pastikan sekali lagi bahwa IDM yang anda install adalah versi terbaru dan sudah di crack.

Demikianlah artikel tentang penyebab dan solusinya jika IDM tidak muncul di google chrome. Selamat mencoba.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel