Apa itu Chromium? Begini Perbedaannya dengan Google Chrome

Apa itu Chromium? Apakah sama dengan chrom? Berikut penjelasan tentang perbedaan chrome dan Chromium, ternyata bukan virus seperti yang dianggap orang selama ini

Bagi Anda pengguna Linux tentu tak asing lagi dengan browser Chromium. Namun kini Chromium juga sering tiba-tiba muncul di pengguna Windows. Apa itu Chromium? Orang seringkali menganggapnya sebagai virus, padahal fungsinya sama dengan browser Chrome yang ada di windows dan MacOS. 



Berikut ini beberapa fakta tentang Chromium yang berbeda dengan Chrome, Anda patut tahu sebelum memilihnya: 

1. Perbedaan Update Software




Pada Chrome yang digunakan pada windows biasanya memiliki sistem update yang otomatis pada google, langsung bisa memperbarui ke versi terbaru. Namun, pada Chromium yang ada di linux, hal ini tidak bisa dilakukan. Update di linux biasanya dibuat dengan paket tertentu.

Baca juga: Game Offline PC Terbaik Tahun ini, Gamers Wajib Tahu

2. Fasilitas Web Store yang Berbeda




Jika Anda menggunakan Chrome, sudah tersedia chrom web store yang dapat membantu Anda lebih mudah menjelajah di internet, tetapi sayangnya layanan ini tidak tersedia pada Chromium.

Baca juga: Cara Kompres Video Tanpa Mengurangi Kualitas

3. Perbedaan Media Codex




Sistem audio dan video HTML5 pada Chromium memiliki dukungan yang terbatas, di antaranya hanya VPM, WebM, dan Vorbis. Sementara untuk codec lain seperti MP3, AAC, H.264 belum didukung seperti yang Anda temukan pada chrom.

Jadi yang manakah yang lebih bagus, Chrome atau Chromium? Jawabannya tentu disesuaikan apakah Anda pengguna Linux atau Windows. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan sesuai peruntukannya. Jika Anda pengguna Windows maka lebih disarankan untuk menggunakan Google Chrome. 
Kemudian bagaimana cara menghapus chromium atau bagaimana uninstall chromium sebetulnya sama saja dengan aplikasi lain pada umumnya.

Apa itu Chromium sudah bisa sedikit Anda maknai perbedaannya dengan Chrome yang sering Anda gunakan, bukan?

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel