5 Perintah Dasar Linux yang Paling Sering Digunakan

Bagi pengguna Windows atau Mac yang ingin belajar linux, supaya cepat menguasai perintah dasar Linux, sebaiknya pelajari dulu perintah dasar linux yang sering digunakan mulai dari sudo, ls, sampai rm.

Linux merupakan sistem operasi open source yang sebenarnya cukup populer digunakan karena mudah untuk dimodifikasi. Hanya saja bagi pengguna Mac atau Windows, biasanya cukup kesulitan karena Linux menggunakan perintah atau command line. 



Untuk itu supaya bisa mengoperasikannya dengan cepat, Anda perlu mempelajari perintah dasar Linux yang sering digunakan berikut ini : 

1. sudo


Perintah ini digunakan untuk masuk sebagai pengguna tertinggi atau administrator. Sintaks yang digunakan adalah : #sudo su.
2. cd

Apabila Anda ingin berpindah direktori maka gunakanlah perintah cd. Command line ini sangat sensitif sehingga besar kecilnya huruf sangat berpengaruh. Misalnya saja “cd Music”, apabila file bernama “music” maka directory tidak akan terbuka. 

3. ls, ls –l, ls-a


ls digunakan untuk melihat informasi detail atau isi dari directory yang diinginkan. Sedangkan ls-l adalah untuk menampilkan isi directory, sementara ls –a digunakan untuk menampilkan file tersembunyi. 

4. mkdir


mkdir termasuk 100 perintah dasar Linux yang paling sering digunakan karena fungsinya untuk membuat directory baru. Cara penggunaannya “mkdir Potter”, apabila Anda ingin membuat directory dengan dua kata misalnya Harry Potter maka beri tanda “/”, seperti “mkdir Harry/Potter”. 

5. rm


perintah dasar Linux yang sering digunakan selanjutnya adalah rm yang berfungsi untuk menghapus directory. Contoh cara menggunakan perintah dasar linux lengkap dari rm adalah dengan menuliskan nama file plus ekstensinya, seperti “rm voldemort.html”.

Demikian 5 perintah dasar Linux yang sering digunakan, mulai dari perintah login, membuat directory hingga menghapusnya. Apabila Anda ingin belajar lebih jauh, ada banyak kumpulan perintah dasar Linux pdf yang bisa didownload dan dipelajari secara offline.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel