Printer Tidak Merepson Perintah Print dan Cara Mengatasinya

Artikel ini kami tulis berdasarkan pengalaman sendiri, ketika pernah merasa kebingungan dengan printer yang tidak mau mencetak dokumen. Dari pengataman printer dalam kondisi baik-baik saja tetapi ketika kita coba melakukan print tidak terjadi apa-apa, printer juga tidak merespon. Sempat bingung dan akhirnya mencari referensi dan solusi ke mbah google dan akhirnya solusi kami dapatkan.

Jika anda mengalami kondisi printer tidak merespon perintah print, pada jenis printer apapun bisa jadi printer canon, printer epson, printer HP dan jenis printer lainnya dan pengalaman kami pribadi terjadi ketika menggunakan printer Epson L120, printer Canon IP 2270 dan juga printer Canon IP 2770. Kondisi tersebut bisa disebut printer pending, artinya ada masalah pada spooler printer atau bisa jadi terjadi masalah pada driver printer anda.



Berikut ini akan kami uraikan cara mengatasi permasalahan printer tidak merespon perintah print secara lengkap.

Solusi Printer Tidak Merepson Perintah Print


Ada beberapa cara yang harus kita lakukan agar supaya printer kita bisa normal kembali diantaranya:

1. Print Spooler 

Langkah awal kita lakukan pengaturan pada pada services.msc (untuk sistem operasi windows) yang berfungsi mengatur berbagai jenis servis sistem yang berjalan pada windows. Pada services.msc ada sebuah perintah yang dinamakan print spooler yang berfungsi untuk mengatur dan menjalankan respon printer pada sistem operasi windows.

Langkah-langkahnya:

Langkah Pertama: Tekan tombol kombinasi pada keyboard (Windows + R) > ketikkan services.msc > Enter



Langkah Kedua: Cari service Print Spooler > klik 2 kali untuk membuka jendela Print Spooler > klik stop > OK




Langkah Ketiga: Buka My Computer > kemudian masuk ke directory: C:\Windows\System32\spool\PRINTERS > Hapus semua file yang ada dalam folder tersebut


Langkah Keempat: Kembali ke tampilan services. Cari service Print Spooler > klik 2 kali untuk membuka jendela Print Spooler > klik start > OK


Langkah Kelima: Restart komputer atau laptop anda.

2. Cabut dan Pasang Kabel USB Printer


Jika cara Print Spooler diatas tidak juga berhasil, cara lain yang patut dicoba adalah dengan melakukan cabut dan pasang kabel USB printer. Tujuannya agar komputer atau laptop kita bisa mengenali dan merespon ulang printer yang terhubung dan dapat menjalankan kembali perintah print.

Disarankan untuk mencoba langkah ini beberapa kali karena dari beberapa pengalaman cara ini cukup ampuh mengatasi permasalahan printer tidak merepson perintah print.

3. Install Ulang Driver Printer

Jika cara pertama dan cara kedua belum juga berhasil dan printer kita tetap juga tidak merespon perintah print, bisa jadi ada masalah pada driver printer di komputer atau di laptop. Solusinya adalah lakukan install ulang driver printer anda.

Baca juga :
Cara Menginstall Printer Epson L360 Tanpa CD
Download Driver Printer Epson L120 dan Cara Install
Bingung Cara Install Driver Epson L310? Ini Caranya


Mengapa kami menyarankan untuk melakukan install ulang driver printer? bisa jadi atau ada kemungkinan driver printer kita terjadi corrupt atau mungkin terhapus sebagian oleh antivirus atau sebab musabab lainnya.

Demikianlah artikel tentang Printer Tidak Merespon Perintah Print dan cara mengatasinya. Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel