Error Pada Printer Epson dan Solusinya

Artikel kali ini akan kita bahas beberapa jenis error yang sering di alami bagi pengguna printer epson. Mengapa kita bahas ini? Kita sama-sama tahu bahwa selain printer Canon, printer Epson adalah printer yang sangat laris di pasaran dan banyak sekali penggunanya. Sehingga pastilah tidak sedikit dari para pengguna mengalami masalah atau error pada printernya saat digunakan.

Printer tetaplah sebuah mesin yang pasti akan mengalami kerusakan. Banyak sekali faktor yang menjadi penyebab sampai printer epson kita mengalami kerusakan, dan setiap error yang muncul pastinya disebabkan oleh faktor yang berbeda-beda pula.


Error Pada Printer Epson dan Solusinya


Tapi yang akan kita bahas kali ini error yang secara umum terjadi pada printer epson, dan kondisi error sering muncul dibeberapa tipe misalkan epson L110, L210, L300, L350, L355 dan beberapa tipe yang lainnya.

1. Ink Run Out Error

Error ini menandakan bahwa printer tidak bisa mengenali cartridge dengan baik. Printer menganggap bahwa tinta pada cartridge habis. Mengapa ini bisa terjadi? padahal setelah kita cek, tinta dalam cartridge masih banyak atau mungkin baru saja kita isi ulang.



Alasannya bahwa printer epson pada kasus ini sebenarnya tidak bisa mengetahui secara fisik kapasitas tinta dalam cartridge, tapi printer memang sudah di program sedemikian rupa selama proses pengerjaan pencetakan yang kemudian dibandingkan dengan seberapa banyak proses yang telah dikerjakan.

Solusi yang bisa dilakukan pertama-tama coba lakukan proses head cleaning pada printer espon kalian, tapi jika setelah dilakukan head cleaning ternyata masih saja muncul error Ink Run Out Error tersebut, maka sebaiknya dilakukan reset.

Bagaimana melakukan reset printer epson? ikuti langkah-langkah berikut:
  • Pertama sekali pastikan printer dalam posisi hidup atau power on.
  • Tekan dan tahan tombol resume kurang lebih 5 detik, kemudian lepas.
  • Tekan dan tahan lagi tombol resume kurang lebih 4 detik, kemudian lepas lagi.
  • Tekan lagi tombol resume sekali dengan cepat.
  • Tunggu beberapa saat, dan jika proses reset berhasil maka printer epson anda sudah bisa digunakan kembali.

2. End Of Services Life atau Ink Absorber Is Full

Error ini terjadi karena printer epson mendeteksi penampung tinta sudah penuh. Posisi penampung tinta pada printer epson biasanya berada di bawah printer bagian dalam. Penampung tinta ini terdapat spon yang digunakan untuk menyerap dan menampung sisa tinta printer epson.



Solusi untuk dapat memperbaiki error tersebut, lakukan reset pada printer epson anda. Bagaimana cara melakukan reset printer epson?

Melakukan reset pada printer epson bisa menggunakan aplikasi resetter epson L110, L210, L300, L350, L355 dan beberapa tipe yang lainnya, sesuai dengan tipe printer yang anda miliki. Berikut ada beberapa referensi cara melakukan reset pada printer epson kesayangan anda.

Reset Printer Epson L120 Dengan Mudah
Reset Epson L3110 - Link Download Resetter Full Version
Cara Reset Printer Canon IP2770 Mudah Dan Cepat


3. General Error

Error ini sebenarnya jarang di jumpai bagi sebagian kalangan yang menggunakan printer epson. Tapi percayalah error ini merupakan error yang menandakan kerusakan berat pada printer epson kesayangan kita.



Generar error akan muncul pada printer epson jika terjadi kerusakan pada bagian-bagian yang vital pada printer kita, bisa jadi kerusakan pada motherboard, sensor dan bagian vital printer yang lainnya. Karena pada dasarnya masih banyak lagi kemungkinan lain yang terjadi pada printer epson kita jika error ini muncul.

Solusinya, lebih baik anda membawa printer kesayangan anda ke tempat servis printer yang bisa dipercaya dan profesional, sekalian anda berdoa agar printer epson kesayangan anda bisa pulih kembali dari sakit beratnya. heheh

4. Tinta Tidak Keluar Saat Mencetak

Masalah ini pastinya hampir semua pengguna printer pernah mengalami. Bayangkan betapa stress kita ketika tengah melakukan print dokumen dalam jumlah banyak tapi tiba-tiba hasil cetakan kosong, tinta tidak keluar.



Permasalahan seperti ini tidak hanya terjadi bagi pengguna printer epson saja, tapi bagi pengguna printer merk dan jenis lainnya. Bagaimana solusinya? Ikuti beberapa tips dari kami dibawah ini:

  • Lakukan pengecekan pada cartridge, bisa jadi tinta pada cartridge telah habis.
  • Jika memang tinta habis, silahkan lakukan isi ulang tinta printer kesayangan anda.
  • Jika tinta cartridge sudah kita isi tinta penuh tidak juga mengeluarkan tinta saat mencetak, maka lakukan cleaning.
  • Jika dengan melakukan proses cleaning tapi tetap saja tidak bisa keluar tinta, maka lakukan proses deep cleaning.
  • Jika proses cleaning dan deep cleaning telah dilakukan tapi tetap juga tinta tidak keluar, bisa jadi terjadi penyembutan pada head cartridge printer anda. 
  • Cara terbaik bisa anda lakukan setelah semua tips diatas tetap gagal, ganti cartridge printer epson anda dengan yang baru.

Selain permasalahan diatas, masih banyak lagi permasalahan lain yang mungkin saja terjadi pada printer epson. Kuncinya kita harus rajin mencari solusi dan referensi di internet untuk menyelesaikan permasalahan yang terjadi pada printer kita.

Demikianlah bahasan kita pada artikel ini tentang error pada printer dan solusinya, semoga bermanfaat dan silahkan bagikan artikel ini jika bermanfaat.



0 Response to "Error Pada Printer Epson dan Solusinya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel