Cara Backup Mikrotik dengan Mudah

Backup konfigurasi mikrotik sangat penting kita lakukan untuk mencegah hal yang tidak di inginkan pada konfigurasi mikrotik kita. Bayangkan saja betapa stressnya kita ketika sudah melakukan konfigurasi mikrotik sedemikian kompleks yang kemudian tiba-tiba router mikrotik terjadi masalah dan mendadak reset dengan sendirinya, atau terjadi masalah. Dengan demikian diharapkan anda semua melakukan backup konfigurasi mikrotik secara berkala.

Kelebihan dari backup konfigurasi mikrotik ini membuat pekerjaan kita semakin mudah dan efisien, karena jika akan melakukan setting mikrotik baru tinggal kita lakukan restore konfigurasi mikrotik yang telah kita backup dari router yang lain.


Cara Backup Konfigurasi Mikrotik


Untuk melakukan backup dan restore setingan mikrotik sebetulnya ada banyak cara, diantaranya backup binay dan backup text dengan winbox, backup dengan FTP, backup dengan cloud. Dalam artikel ini akan kita bahas tentang bagaimana melakukan backup konfigurasi mikrotik secara binary dan text. Secara garis besar, bagaimana cara melakukan backup konfigurasi mikrotik ini berlaku untuk semua seri routerboard ataupun routerOS.

Backup Mikrotik Secara Binary


Backup mikrotik secara binary dimaksudkan melakukan backup konfigurasi mikrotik menjadi sebuah file binary berekstensi *.backup yang dapat kita simpan di harddisk komputer kita. Cara ini terbilang sangat mudah dan simpel untuk dilakukan karena hanya menggunakn aplikasi winbox kita bisa tinggal klik menu backup dan drop ke drive komputer kita, maka saat itu juga file binari backup konfigurasi mikrotik sudah tersimpan.

Baca juga: Lupa Password Mikrotik? Begini Cara Mudahnya

Bagaimana melakukan mikrotik dengan cara ini? Berikut langkah-langkahnya:

1. Buka aplikasi winbox yang terhubung dengan router yang ingin kita backup.
2. Login dengan username dan password yang sudah dibuat
3. Klik menu Files > Backup > Name dan password : sesuaikan saja > klik Backup



4. Jika proses diatas berhasil, maka akan terdapat sebuah file bernama pakiqin-hotspot.backup dalam kotak dialog File List. Lakukan Drag and Drop file tersebut ke drive laptop / komputer anda.



5. Dengan langkah-langkah diatas, saat ini kita sudah memiliki file backup mikrotik yang kita miliki.

Hal yang menjadi penting saat melakukan backup mikrotik, file template atau tampilan login page pada hotspot tidak ikut terbackup. Jadi disarankan untuk melakukan drag and drop folder hotspot ke drive laptop atau komputer anda sebagaimana anda lakukan pada file backup.

Backup Mikrotik secara Text


Untuk melakukan backup mikrotik secara text pastinya berbeda dengan backup secara binary. File backup yang dihasilkan dari backup secara text berekstensi *src dan hanya bisa dilakukan dengan mengetikkan perintah pada terminal router mikrotik.

Bagaimana melakukan backup mikrotik secara text, ikuti langkah-langkah berikut:
1. Klik menu New Terminal pada winbox
2. Ketikkan perintah export file=pakiqin-text > kemudian enter


3. Untuk melihat hasilnya, klik menu Files kemudian cara nama file backup pakiqin-text.src



4. Untuk menyimpan ke komputer kita, silahkan lakukan drag and drop file pakiqin-text.src ke laptop anda.

Baca juga: Template Login Mikrotik Responsive Gratis

Demikianlah artikel tentang Cara Backup Mikrotik dengan mudah ini semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel