Cara Setting Mikrotik Dasar Lengkap Dengan Winbox

Saat ini para pelaku usaha penyedia layanan internet RT/RW Net semakin merebak hampir diseluruh pelosok tanah air, yang mana sebenarnya hal ini sangat bagus untuk kita Indonesia, karena dengan adanya para pelaku usaha seperti mereka membuat penyebaran internet semakin luas bahkan sampai di titik-titik yang tidak mungkin bisa di jangkau oleh provider besar seperti Telkom dan lainnya.

Coba kita amati, bisa kita pastikan hampir semua pelaku penyedia jasa layanan internet mereka menggunakan router Mikrotik sebagai alat pengatur jaringannya. Mengapa mereka sangat menggemari router yang satu ini jika dibandingkan dengan router CISCO misalkan? Hal ini dikarenakan router mikrotik bisa didapatkan dengan bandrol harga yang terjangkau dan lebihnya lagi Mikrotik memiliki performa yang baik dan cukup handal.



Sama seperti peralatan jaringan lainnya, router untuk dapat menggunakan router ini kita diharuskan melakukan setting peralatan, dan faktanya tidak semua pelaku usaha RT-RW Net mampu melakukannya. Karena itu, pengetahuan dan ketrampilan setting mikrotik ini sebenarnya sangat berharga.

Dalam artikel ini, akan kami bagikan cara melakukan setting mikrotik di RB750, RB750r2, RB750Gr3, RB450G, RB951G, RB941, hAP Lite serta seluruh type RouterBoard dari pertama sampai dengan tersambung ke internet menggunakan winbox.

Setting Mikrotik Dasar


Secara standar seluruh RouterBoard MikroTik telah terdapat konfigurasi yang siap di gunakan tanpa wajib di setting ulang. Namun konfigurasi bawaan mikrotik kadangkala tidak cocok dengan apa yang telah direncanakan dari dini, sehingga dibutuhkan reset terlebih dahulu mikrotik RouterOS nya ataupun dapat pula menghapus setingan standar mikrotik bawaannya.

Baca juga:
Reset Epson L3110 - Link Download Resetter Full Version
Faktanya, Virus Menyerang Komputer Mac, Ini Pencegahannya

Berikut urutan seting mikrotik dasar yang butuh kamu perhatikan bagaikan pendidikan dini konfigurasi mikrotik dan kali ini kami akan memberikan contoh Langkah Setting MikroTik dasar dengan Modem Indihome, ataupun dengan ISP lain nya, memakai RB750 ataupun RouterBoard lain nya.

1. Topologi Jaringan


Pertama sekali yang harus kita lakukan adalah menentukan topologi jaringan yang akan kita pakai untuk kita terapkan dalam jaringan kita. Sebagaimana dalam artikel ini kami memberikan contoh kasus jaringan yang akan kita bangun seperti pada topologi dibawah ini
Perhatikan topologi diatas, ada beberapa hal yang harus di amati, diantaranya:

  • Ether1 mengarah ke internet
  • Ether2 mengarah ke hub/switch yang terhubung ke komputer client via kabel
  • Ether3 terhubung ke Access Point
  • Ether4 dan ether5 kita abaikan saja

Topologi Jaringan MikroTik foto di atas yakni cuma contoh, namun topologi di atas nyaris sama dengan jaringan Warnet, Wifi, RT RW NET, kantor serta lain sebagainya. Akan tetapi, topologi diatas tidak mengikat, artinya silahkan buat topologi jaringan cocok dengan keadaan di tempat kalian masing-masing.

2. Download Winbox


Winbox adalah aplikasi miliknya mikrotik yang sengaja disediakan untuk pengguna melakukan setting mikrotik versi aplikasi. Mengapa kita harus pakai aplikasi winbox? karena tampilannya yang simpel, dan semua pengaturan bisa dilakukan hanya dengan klik.

Untuk mendownload winbox kalian bisa langsung menuju ke situs resmi mikrotik di mikrotik.com/download, atau bisa klik link berikut

Download Winbox 3.20 (64 bit)
Download Winbox 3.20 (32 bit)


3. Login Mikrotik dengan Winbox


Setelah winbox di download, selanjutnya buka winbox dan kita akan login ke mikrotik menggunakan MAC Address.



Setelah informasi perangkat router muncul pada bagian Neigbors (bagian bawah winbox), silahkan klik MAC Addressnya, kemudian isikan
Username : admin
Password : [kosong alias tanpa password]

Klik tombol Connect pada bagian sebelah kanan. Jika berhasil login, akan muncul tampilan seperti gambar dibawah ini

Klik tombol Remove Configuration untuk menghapus settingan standar bawaan mikrotik. Kemudian tunggu sejenak, router akan melakukan reset, sampai dengan restart.

4. Setting IP Address

Silahkan kalian login kembali ke mikrotik menggunakan winbox. Kemudian kita akan melakukan setting ip address pada ethernet sesuai dengan topologi sebelumnya.

Dalam kasus ini, kita mengansumsikan pengaturan IP sebagai berikut:

  • IP Modem (Gateway internet Indihome / ISP lainnya) 192.168.100.1
  • Ether1 - 192.168.100.2 atau bisa juga kita setting IP otomatis (dhcp-client) dari ISP
  • Ether2 - 192.168.2.1/24
  • Ether3 - 192.168.3.1/24

Mari ikuti langkah pemberian IP dengan winbox sesuai gambar dibawah ini


Kemudian silahkan dilanjutkan pemberian IP pada ether2 dan ether3 seperti langkah-langkah sesuai gambar diatas, cuma bedakan pada pilihan interface nya di sesuaikan.

5. Setting Internet Gateway


Setelah setting ip selesai, kita lanjutkan dengan memasang ip gateway isp pada router. hal ini sangat penting agar router kita bisa terhubung dengan isp.

Memasukkan ip 192.168.100.1 sebagai default gateway, sebagaimana pengaturan ip yang sudah kita jelaskan sebelumnya.

Ikuti langkah-langkah setting gateway pada gambar dibawah ini


6. Setting DNS


Setelah setting ip gateway selesai, pekerjaan kita lanjutkan dengan memasukkan DNS. Fungsi DNS disni agar supaya client router kita bisa terhubung ke internet dengan mengakses domain web.

Misalkan kita akan memasukkan DNS google, silahkan memasukkan ip 8.8.8.8 dan 8.8.4.4. Ikuti langkah berikut untuk setting DNS



7. Setting NAT (Network Address Translation)


NAT (Network Address Translation) ini berfungsi untuk pemetaan alamat IP, yang mana NAT ini bekerja dengan melakukan translasi ip private (lokal) ke ip publik, sehingga komputer atau host yang berada di balik router (yang menggunakan ip lokal / private) dapat mengakses intenrnet yang berada di sisi luar router menggunakan ether1 yang terhubung langsung dengan ip publik.

Cara setting NAT

Klik menu IP > Firewall > NAT


Klik tombol (+) > Chain : srcnat > Out Interface : ether1 

Selanjutnya klik menu Action > masquerade

Akhirnya, pada tahapan ini kalian sudah berhasil melakukan setting mikrotik dasar, apakah hanya sampai disini? tentunya tidak. masih ada tahapan selanjutnya yaitu bagaimana setting DHCP Server pada ether2 untuk jaringan LAN dan pada ether3 yang mengarah ke Access Point, serta setting hotspot mikrotik. Artikel mengenai hal tersebut akan kita ulas pada postingan berikutnya.

Artikel selanjutnya : Konfigurasi DHCP Server Mikrotik Mudah dengan Winbox

Demikianlah uraian tentang Cara setting Mikrotik Dasar beserta gambar menggunakan winbox, dan jika kalian merasa artikel ini bermanfaat silahkan share ke teman-teman kalian.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel