Panduan Lengkap Cara Memindahkan Akun WhatsApp ke HP Baru

Untuk kamu yang setiap harinya tidak pernah lepas dari gadget, memindahkan akun WhatsApp itu mungkin salah satu hal yang wajib dicoba apabila kamu membeli handphone baru. Mengapa begitu? pastinya dong.. kamu ga mau semua data (chattingan, foto, video, file penting lainnya) tiba-tiba hilang karena kita menggunakan whatsapp di hp baru.

Mungkin untuk sebagian orang, memindahkan akun Whatsapp itu mudah. Iya memang mudah kalau faham cara melakukan, tetapi masih banyak juga yang belum mengerti juga lho jadi pasti bingung dan berfikir gimana caranya ya. Dalam artikel ini akan kita bahasa secara lengkap, jelas dan disertai gambar.



Panduan Lengkap Cara Memindahkan Akun WhatsApp ke HP Baru


Kita tahu, untuk memindahkan akun WhatsApp ke fitur Android baru, hal yang harus diperhatikan adalah no telepon yang kamu pakai untuk mendaftarkan akun ke whatsap dan juga pastinya itu nomor handphone kamu ya, bukan milik orang lain.

Sebenarnya WhatsApp sudah secara otomatis melakukan backup informasi secara lokal tiap harinya di jam 02. 00 dini hari. Berkas backup whatsapp tersebut dapat diakses melalui File Manager - penyimpanan internal - buka folder WhatsApp - Database.

Baca juga:
Anda Gamer Sejati? Ketahui Rekomendasi HP Android Terbaik
Cas Smartphone Baru Tidak Perlu Sampai 8 Jam

Kemudian kamu akan melihat beberapa file seperti msgstore- TTTT- BB- DD. 1. db. crypt12, yang mana file TTTT artinya tahun, BB artinya bulan, dan DD artinya tanggal atau hari. Silahkan pilih salah satu untuk mencoba, kemudian pindahkan ke memori eksternal(ataupun penyimpanan yang lain).

Selain menggunakan cara diatas, kamu sebenarnya dapat juga membuat cadangan informasi ke Google Drive. Disini kita sangat dipermudah dan sangat saya anjurkan, mengapa? karena file backup whatsapp akan langsung disimpan ke akun google drive dan pastinya tidak akan memenuhi memori handphone kita.
  

Lakukan Pengaturan untuk Backup Whatsapp ke Google Drive


Proses backup whatsapp ke google drive ini tidak secara otomatis, artinya diperlukan langkah-langkah yang harus anda atur di akun whatsapp kamu supaya google drive bisa terhubung dan bisa melakukan backup data.

Langkah-langkah melakukan pengaturan backup whatsapp ke google drive, berikut ini:
  • Buka aplikasi Whatsapp kamu.
  • Klik menu yang Other ( ikon titik 3) di pojok kanan atas, kemudian klik Settings.

  • Selanjutnya klik Chat
  •  Kemudian klik Chat backup.


  • Selanjutnya kamu juga bisa melakukan jadwal backup otomaris, account Google Drive, jaringan yang hendak digunakan, serta opsi memasukkan video dalam proses backup ataupun tidak. Bila telah tekan tombol Backup buat mengawali proses backup.

Baca juga:
4 HP Oppo Terbaru dengan Kamera Canggih
HP Untuk Gamers, Inilah Merek HP yang Paling Laku di Pasaran
 
Cara Memindahkan WhatsApp ke HP Android Baru

Ikuti langkah-langkah berikut:
  • Download serta install WhatsApp di HP baru.
  • Masukkan Verifikasi No Telepon dengan memasukkan no hp yang terpakai di hp yang lama, kemudian isi kode OTP yang dikirim lewat SMS.
  • Selanjutnya aplikasi whatsapp akan melakukan memeriksa dan apabila terdapat cadangan file di Google Drive, WhatsApp pastinya meminta kita buat memulihkannya dengan menekan tombol Restore.
Akan tetapi, jika dengan cara di atas belum bisa juga mengembalikan informasi chat dan file yang lainnya,maka kamu bisa menggunakan file backup lokal yang pernah dicopy sebelumnya. Saran saya kamu harus ganti nama berkas file yang akan di restorekan msgstore. db. crypt12.

Caranya silahkan kamu hapus lalu install kembali aplikasi WhatsApp di hp barumu. Selanjutnya yang harus di perhatikan adalah saat sebelum membuka whatsapp, pindahkan terlebih dahulu file msgstore. db. crypt12 ke dalam folder WhatsApp - Databases di memori internal.


Selanjutnya buka aplikasi whatsapp, jika diminta untuk verifikasi nomor hp silahkan ikuti langkah-langkah sebelumnya.

Baca juga:
Daftar Hp Xiaomi Terbaru dengan Spek Canggih 
Cara Mengatasi Smartphone Tidak Bisa Terhubung Dengan WiFi

Demikianlah artikel tentang Cara Memindahkan Akun WhatsApp ke HP Baru. Jika ada hal yang ingin ditanyakan silahkan tinggalkan pertanyaan di kolom komentar dan bagikan artikel ini jika bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel