Cara Filter Browsec VPN di Mikrotik

Fenomena saat ini semakin banyaknya konten dan web yang di blokir oleh pemerintah maupun oleh provider penyedia layanan koneksi internet, tapi disisi lain semakin banyak juga konten dan web baru yang serupa bermunculan. Belum lagi banyaknya aplikasi VPN yang bisa di download secara gratis bermunculan. Salah satu aplikasi VPN gratis yang sangat populer sekarang ini adalah Browsec VPN.

Browsec VPN merupakan aplikasi VPN free yang biasanya digunakan untuk membuka konten atau web yang terblokir. Browsec berupa aplikasi add-ons atau plugin yang bisa di instal pada browser Google Chrome, Mozilla Firefox dan browser lainnya.
Saat ini terdapat 2 tipe Browsec VPN, diantaranya Browsec Plugin buat browser Chrome/ Mozilla pada Komputer/ Laptop, dan ada juga Browsec versi Android.



Bagaimana Melakukan Blok Browsec VPN di Mikrotik


Misalkan kita sebagai seorang admin jaringan pastinya kita tidak mau web yang telah terblokir oleh kebijakan pemerintah tersebut bisa di buka oleh klien kita sendiri, karena kita sebenarnya setuju dengan konten dan web yang diblokir tersebut memang tidak baik. Dengan demikian kita berupaya untuk melakukan pemblokiran terhadap aplikasi VPN Browsec. Aplikasi VPN Browsec bekerja dengan menyembunyikan IP kita serta mengambil alih dengan IP dari VPN Browsec tersebut, sehingga kita dapat membuka web yang terblokir.

Baca juga : Port Mobile Legend dan Game Online Mikrotik Terbaru 2020

Sebenarnya kita dapat melakukan blok VPN Browsec pada plugin browser dan juga VPN Browsec pada aplikasi yang terinstall pada Android klien. Artikel kita kali ini akan membahas tentang bagaimana cara melakukan filter Browsec VPN di mikrotik.

1. Blok Akses VPN dengan Filter Rules


Langkah-langkahnya sebagai berikut:

  • Login mikrotik dengan winbox
  • Buka terminal, ketikkan kode berikut:

/ip firewall filter 
add action=drop chain=forward dst-address-list="Blacklisted Server"


Langkah diatas digunakan untuk melakukan blokir alamat IP dari server VPN  dan akan kita masukkan ke grup "Blacklisted Server"

2. Mencari IP Server Browsec VPN


Langkah paling mudah untuk menemukan ip server Browsec VPN yaitu dengan cara kita download plugin Browsec VPN di komputer klien jaringan kita kemudian kita aktifkan. Sebagaimana contoh pada gambar dibawah ini




Selanjutnya kita akan mencari ip publik yang dipakai oleh server Browsec VPN dengan mengunjungi whatismyipaddress.com.


Gambar diatas menunjukkan ip publik 178.128.17.16 yang merupakan ip server vpn yang di pakai browsec vpn. Jadi ip publik diatas bukanlah ip pada jaringan mikrotik kita.

Baca juga : Cara Setting Mikrotik Dasar Lengkap Dengan Winbox

Langkah selanjutnya adalah kita akan memasukkan alamat ip vpn diatas ke dalam daftar "Blacklisted Server".

  • Buka menu IP > Firewall > Address List > (+)
  • Pilih nama grup Blacklisted Server
  • Masukkan IP Browsec VPN diatas > OK

  • Selanjutnya kalian bisa lakukan tahap mencari ip server Browsec VPN seperti langkah diatas dan dimasukkan kembali ke Address List.

Demikianlah cara Filter Browsec VPN di mikrotik dan semoga kalian para admin jaringan bisa tidur nyenyak. Jika artikel ini dirasa bermanfaat, silahkan di share.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel