Amankan Segera PC dari Virus Komputer Paling Berbahaya Ini

Sepanjang sejarah terdapat berbagai virus komputer paling berbahaya. Apa saja? Untuk tahu lebih lengkapnya, simak ulasan berikut ini!
Berbeda virus tubuh yang bisa diserang dengan obat dan meningkatkan antibodi, virus komputer paling berbahaya justru bisa menggandakan dirinya sendiri. Virus komputer itu sendiri merupakan program atau suatu aplikasi yang bisa menggandakan diri dan kemudian menyebar atau menyisip ke file ataupun program.



Akibatnya, komputer yang sudah dilengkapi dengan antivirus pun, bisa terserang dan data penting menjadi hilang. Diantara sekian banyak virus, berikut adalah virus komputer paling berbahaya yang pernah ada.

3 Virus Komputer Paling Berbahaya di Dunia

Dalam sejarah virus komputer yang pernah ada dan menyerang, ada 3 virus yang paling berbahaya. Beberapa diantaranya bahkan tidak hanya menyebabkan data hilang namun juga menimbulkan kerugian materi. Virus komputer tersebut yaitu

1. ILOVEYOU

Akibat yang ditimbulkan virus ini tidak seidah namanya. ILOVEYOU mulai menyebar lewat email di tahun 2000. Jika virus tersebut menjangkit PC Anda, maka akan merubah file  di PC, mengganti data dan merubah malware yang ada.

Parahnya lagi, virus yang dibuat oleh Onel de Guzman (Filipina) berisi program VBScript. Jika diklik, maka virus akan mengakses seluruh daftar kontak outlook dari korban. Kemudian akan mengirim file sendiri yang isinya virus ke kontak tersebut.

Baca juga:
Faktanya, Virus Menyerang Komputer Mac, Ini Pencegahannya 
Tips Memilih Flashdisk Terbaik Sesuai Kebutuhan

Akibatnya, sudah lebih dari 45 juta PC terjangkit virus ini. Bahkan menimbulkan kerugian lebih dari USD 8 Miliar.



2. Storm Worm

Virus Trojan horse ini memungkinkan PC Anda yang terjangkit bisa dikendalikan dari jauh dan menyebarkan email spam. Virus yang pertama kali ada di Januari 2007 ini membuat PC tidak bisa mendeteksi program jahat. Bahkan untuk PC yang sudah dilengkapi dengan antivirus sekalipun.

Email yang dikirimkan tersebut berisi link. Jika di-klik akan mengarahkan user ke situs untuk memasang software berbahaya.

3. CIH

Masuk dalam jajaran virus komputer 2019 yang berbahaya karena susah dideteksi. Kerugian yang timbul mencapai lebih dari USD 100 juta. Pertama kali dideteksi di Juni 1998 di Taiwan dan bisa mengotak-atik BIOS agar PC tidak bisa booting.

Baca juga:
Inilah 4 Rekomendasi Laptop Murah yang Ada Di Pasaran

Itulah 3 virus komputer paling berbahaya yang pernah ada. Bukan tidak mungkin akan ada virus komputer lainnya yang semakin berbahaya. Jangan lupa share agar informasi ini semakin bermanfaat untuk Anda dan orang lain.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel