Tips Memilih Flashdisk Terbaik Sesuai Kebutuhan

Flashdisk adalah perangkat penyimpanan portable masih sangat diminati bagi kita karena ukurannya kecil sehingga mudah dan simpel untuk disimpan dan dibawa kemanapun. Tapi tidak jarang juga kita mendapati flashdisk masih baru tapi sudah rusak tidak bisa digunakan lagi ataupun kapasitas yang tertera di flashdisknya tidak sesuai dengan kapasitas penyimpanannya.

Dengan banyaknya flashdisk yang beredar dipasaran bahkan ada yang harganya sangat murah pastinya membuat kita tergiur dengan harganya, akan tetapi kualitas yang kita dapat sangat tidak baik. Mengapa demikian? Sekarang ini sudah banyak sekali flashdisk KW (asli tapi palsu) yang beredar dipasaran yang sangat mirip dengan produk aslinya. 



Oleh karena itu, dalam artikel ini akan kita uraikan beberapa tips memilihi flashdisk terbaik yang pastinya sesuai dengan kapasitas, kualitas dan kemampuan kita sebagai calon pengguna.

Memilih Flashdisk Terbaik

1. Merek

Langkah paling awal adalah menentukan merek flashdisk yang akan dibeli yang pastinya sesuai dengan kebutuhan. Pilihlah flashdisk yang tidak asing kita jumpai dan pastinya merek terkenal, mengapa demikian? karena pastinya banyak sekali review atau ulasan dari pengalaman para pengguna merek tersebut dan kita bisa dengan mudah mendapatkan informasi tentang kualitas flashdisk tersebut berdasarkan mereknya.

Lakukan pencarian di internet, tanya jawab di forum-forum atau komunitas online yang akan memberikan anda rekomendasi tentang merek flashdisk yang anda perlukan berdasarkan pengalaman para anggota komunitas tersebut dan sekarang ini sudah cukup banyak merek flashdisk yang ada dipasaran diantaranya Kinston, Transcend, SanDisk, Corsair, Toshiba, Samsung dan lain sebagainya.

2. Kapasitas Penyimpanan

Selain dari merek, yang harus diperhatikan adalah kapasitas penyimpnana dari flashdisk tersebut, anda tinggal menyesuaikan kebutuhan anda dengan kapasitas penyimpanan yang tersedia. Apabila yang anda butuhkan hanya untuk kebutuhan penyimpan dokumen maka disarankan cukup dengan kapasitas 1 sampai 2 GB pun sudah cukup, selain itu jika kebutuhan anda untuk menyimpan dokumen foto dan video misalkan, setidaknya anda membutuhkan kapasitas penyimpana 4 sampai dengan 6 GB dan seterusnya.

Kapasitas penyimpanan flashdisk sampai dengan saat ini bahkan bisa mencapai 1 TB. oleh karena itu masalah berapa kapasitas penyimpanan yang anda butuhkan tinggal disesuaikan dengan kapasitas flashdisk yang ingin anda beli.

3. Kecepatan Transfer Data

Kecepatan transfer data disini dimaksudkan adalah kecepatan melakukan transfer data, membaca data, dan mentransfer data dari satu ke yang lainnya yang dimiliki oleh flashdisk tersebut. yang Flashdisk menggunakan port USB (Universal Serial Hub) yang merupakan faktor utama dari kecepatan flashdisk yang ada.



Teknologi USB sendiri telah berkembang pesat sampai saat ini, pada jaman dahulu ada namanya USB 2.0 yang memiliki kecepatan transfer data mencapai 480 Mbps. Sedangkan sat ini sudah ada USB 3.0 yang memiliki kecepatan transfer data mencapai 4.800 Mbps.

Baca juga :
Inilah 5 Laptop Gamers yang Banyak Beredar di Pasaran
Cara Download Driver Laptop dengan Mudah


4. Casing Yang Kuat

Selain dari merek, kecepatan transfer data, carilah flashdisk yang memiliki casing dengan pegangan kuat dan tidak mudah patah. hal ini penting dilakukan karena nantinya akan digunakan berulang kali dan berpindah-pindah dari komputer satu dengan komputer yang lain.

Selain casing yang harus kuat, perhatikaan juga bagian penutup port flashdisknya. Carilah penutup flashdisk yang menyambung dengan casing agar supaya tidak mudah hilang, karena jika penutupnya hilang maka yang terjadi rentan kerusakan bagian port usb nya.

5. Harga Sesuai Kualitas

Seperti teori bisnis, kualitas akan berbanding lurus dengan harga. Maka jangan tergiur dengan harga murah tapi memiliki kapasiitas besar karena itu bisa dipastikan flashdisk bajakan atau rekondisi. Biasanya flashdisk dengan merek ternama tidak akan menawarkan harga yang sangat murah. Maka kita harus cermat dan sekali lagi jangan tergiur dengan harga murah.

Demikianlah 5 tips memilih flashdisk terbaik yang pastinya sesuai kebutuhan anda yang akhirnya pada kesimpulan bahwa pilihlah flashdisk yang sudah memiliki reputasi merek yang baik, pilihlah flashdisk USB 3.0, memiliki casing yang kuat dan harga yang sesuai dengan kapasitas. Silahkan tinggalkan komentar dibawah jika ada pertanyaan dan silahkan si share jika artikel ini bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel