7 Tips Fotografi Smartphone Dengan Hasil Maksimal

Memotret dengan ponsel disaat ini adalah hal yang biasa, apalagi smartphone terbaru sekarang ini telah banyak yang dilengkapi kamera yang cukup baik dan mayoritas kita saat ini senantiasa membawa smarphone kita kemanapun dan sangat gampang untuk memotret foto kapanpun dan dimanapun.

Teknologi saat ini banyak sekali smartphone yang mempunyai kemampuan nyaris sekuat kamera DSLR dan kamera profesional lainnya. Akan tetapi, keterbatasan dari kamera smartphone ini jika di bandingkan dengan kamera profesional mungkin jumlah megapixel yang rendah serta kurangnya fitur pengontrolan manual sehingga agak sulit untuk mendapatkan Shallow Depth of Field (jarak fokus yang kecil) ataupun menciptakan gerakan subjek yang tidak begitu tajam. 



Oleh karena itu untuk mendapatkan hasil fotografi smartphone yang berkualitas, kamera saja tidak cukup karena dibutuhkan pengetahuan dan pengalaman yang untuk bisa menghasilkan jepretan yang benar-benar bagus.

7 Tips Fotografi Smartphone 

Berikut ini mari kita bahas tentang tips mendapatkan hasil jepretan yang maksimal dengan beberapa teknik yang harus diperhatikan agar menghasilkan jepretan foto yang kece.

1. Pencahayaan Cukup

Cahaya merupakan faktor utama sebuah teknik fotografi untuk menghasilkan foto yang baik bahkan sampai pentingnya cahaya, sampai ada istilah fotografi adalah melukis dengan cahaya. Oleh karena sebelum menentukan posisi jepretan yang pas, tentukan terlebih dahulu bahwa objek harus berada di pencahayaan yang terang.

Baca juga:
Inilah 5 Kamera Youtuber dengan Spesifikasi Mumpuni
4 HP Oppo Terbaru dengan Kamera Canggih

2. Kamera Harus Stabil

Foto yang dihasilkan akan bagus jika anda menjaga kesetabilan kamera, oleh karena itu usahakan tangan anda tidak goyang atau gemetar saat mulai membidik supaya hasilnya maksimal dan tidak buram. Alternatif lain anda bisa menggunakan tripod kamera agar stabil dan mendapatkan hasil jepretan yang maksimal.



3. Hindari Zoom

Untuk mendapatkan hasil yang bagus, maka hindari zoom atau memperbesar lensa kamera karena ini merupakan salah satu kesalahan yang menyebabkan hasil jepretan menjadi buram (blurry) atau tidak jelas. Selain itu jika menggunakan teknik zoom bukannya hasil yang didapat menjadi lebih jelas, malahan mendapatkan hasil gambar yang pecah.

4. Jepret Lebih Dari Satu Angle

Hasil foto yang bagus biasanya ditentukan juga angle yang tepat. Begitu juga jika anda melakukan jepretan foto dari angle yang biasa maka hasil yang di dapatpun biasa saja. Oleh karena itu, disarankan anda melakukan jepretan dari banyak sudut kamera atau angle dan nantinya tinggal diamati dan diseleksi hasil yang paling baik dan dari angle yang tepat.

5. Resolusi Tinggi

Smartphone saat ini biasanya sudah dilengkapi dengan kamera ber-resolusi tinggi dan pastinya akan sangat memanjakan kita sebagai pengguna untuk bisa mendapatkan hasil jepretan yang berkualitas dan baik. Sebaiknya gunakan resolusi tertinggi yang dimiliki oleh karema smartphone anda untuk mendapatkan hasil yang paling maksimal.

Baca juga:
HP Lambat Loading? Lakukan Hal Ini Supaya Kembali Kencang
Inilah 5 Laptop Gamers yang Banyak Beredar di Pasaran

Akan tetapi, hal yang penting juga harus anda perhatikan adalah kapasitas penyimpanan smartphone anda, karena hasil jepretan dengan resolusi tinggi biasanya akan mendapatkan hasil foto dengan ukuran file yang besar pula.

6. Gunakan Aplikasi Edit Foto

Hasil bidikan yang baik, jelas dan terang akan lebih kece lagi jika di edit dengan menggunakan aplikasi foto editor yang sangat mudah juga kita temukan di playstore. Selanjutnya manfaatkan fitur filter foto yang dapat mengatur brightness, contrast bahkan cropping.

Satu hal yang harus diperhatikan bahwa gunakan aplikasi editor untuk mempercantik hasil foto tapi tidak merubah hasil secara berlebihan, jadi gunakan fitur editor secukupnya.

7. Berkreasi

Essensi dari sebuah keindahan foto adalah mengabadikan momen yang tepat di waktu yang tepat. Selanjutnya masalah hasil jepretan sebetulnya kembali ke selera kita masing-masing. Sering-seringlah memfoto maka anda akan mendapatkan hasil foto yang pastinya anda sukai.

Demikianlah uraian dari kami tentang tips fotografi menggunakan smartphone untuk mendapatkan hasil jepretan yang maksimal. Silahkan meninggalkan komentar dan share jika informasi ini dianggap bermanfaat.




Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel