Tips Baterai Laptop Supaya Awet

Selain smartphone, laptop saat ini merupakan alat yang sangat penting dan kita butuhkan setiap hari dimanapun, mungkin karena kebutuhan kerja maupun style kita hidup di zaman serba teknologi seperti saat ini. Tapi apa jadinya jika baterai laptop kita cepat habis atau soak? setiap saat harus mencari stop kontak listrik untuk charge dan pastinya itu sangat menjengkelkan.


Saat ini sebenarnya sudah banyak laptop baru yang beredar dipasaran yang memiliki ketahanan baterai lebih baik sehingga lebih tahan lama, tetapi semua itu kembali kepada kita sendiri pengguna jika cara menggunakan laptop tidak kita perhatiakan tentang ketahanan baterai dan asal-asalan melakukan charging maka sebagus apapun baterai yang dimiliki oleh laptop tersebut tetap saja akan mudah soak atau drop. Dalam artikel ini akan kita bahas tentang tips merawat baterai laptop agar tahan lama.

Tips Baterai Laptop

Beberapa hal yang harus di perhatikan agar baterai laptop bisa terawat dan bertahan lama, diantaranya sebagai berikut:

Hindari Penggunaan Laptop Berlebihan

Laptop tidak di desain untuk pekerjaan berat dalam jangka waktu lama, misalkan pekerjaan desain grafis, editing maupun bermain game yang sampai berhari-hari. Karena beban kerja yang besar akan membutuhakn resource yang besar pula sehingga akan mengakibatkan konsumsi daya pun menjadi tinggi dan akhirnya baterai laptop akan menjadi panas. Hal ini bisa menyebabkan performa baterai menjadi lebih cepat menurun karena beban dan suhu panas yang terjadi terus menerus.



Baca juga : 

Hal yang bisa dilakukan adalah lebih baik menggunakan komputer PC Stand Alone untuk kebutuhan tinggi dan terus menerus, karena komputer PC tidak membutuhkan baterai untuk menampung daya listrik yang masuk dan hanya mengandalkan Power Supply. Lebih bagus lagi jika disediakan UPS yang bisa menjadi backup arus listrik jika tiba-tiba mati lampu.

Jangan Menunggu Baterai 0%

Setiap laptop dengan kondisi baterai normal dan baik biasanya muncul peringatan bahwa baterai lemah, maka jangan biasakan menunggu sampai baterai laptop benar-benar habis baru di cas. Mengapa demikian? karena penggunaan laptop sampai baterai kosong membuat wear level laptop jadi meningkat sehingga dapat memperpendek usia baterai itu sendiri karena komponen-komponen yang terdapat pada baterai saat itu mati mendadak disaat kondisi sedang bekerja.



Untuk menghindari hal diatas, maka apabila kondisi baterai sudah lemah atau muncul peringatan bahwa laptop dalam kondisi baterai lemah, segeralah dilakukan cas. Hal ini setidaknya membuat laptop kita baik dan bahkan pekerjaan kita pun lebih aman karena bayangkan saja saat kita sedang asyik mengerjakan tugas tapi laptop tiba-tiba mati sedangkan kita lupa melakukan save data.

Cabut Cas Laptop Ketika Penuh

Saking seriusnya kita sedang main game dengan laptop, ataupun mungkin kita sedang serius mengerjakan pekerjaan dan laptop sedang posisi di charge , biasanya kita lupa untuk mencabut atau bahkan kita memang sengaja membiarkannya. Hal ini bagusnya dihindari karena faktor ini juga dapat mengurangi umur baterai karena laptop yang di cas terus menerus walaupun sedang digunakan membuat baterai menjadi panas dan secara otomatis akan mempengaruhi kualitas komponen-komponen yang terdapat pada baterai tersebut.



Maka biasakanlah mencabut cas baterai laptop ketika kondisi sudah penuh, dan tetaplah menggunakan laptop dan melanjutkan pekerjaan anda. Bahkan saran dari saya jika anda memang menggunakan laptop semalam atau seharian penuh dan malas untuk mematikan laptop, saya sarankan anda cabut saja baterai laptopnya posisikan cas laptop tetap tersambung hal ini setidaknya anda tetap terus bisa bermain laptop sampai kapanpun yang anda mau, akan tetapi resikonya laptop akan mati mendadak saat mati lampu.

Baca juga :

Baterai laptop adalah komponen elektronik yang mempunyai batas kemampuan dan batas performa, maka gunakanlah laptop anda secara bijak dan jangan sampai berlebihan karena sesuatu yang berlebihan itu apapun alasannya tetap tidak baik. Demikianlah tips baterai laptop supaya awet, apabila informasi ini bermanfaat maka silahkan si share kepada teman anda.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel