Jumlah Bar signal Tanda Kualitas Jaringan Bagus? Belum Tentu!

Tanda kualitas jaringan bagus tidak selalu berpatok pada jumlah bar signal, melainkan juga karena 4 faktor ini.

Zaman sekarang, hampir setiap orang mengira tanda kualitas jaringan bagus tergantung dari jumlah bar signal. Jika tidak ada bar signal, ponsel tidak bisa digunakan untuk menelepon, berkirim pesan, bahkan internetan.



Bar signal adalah tanda yang ada di bagian atas ponsel sebagai petunjuk ada tidaknya jaringan. Karena itu, bagus tidaknya atau jaringan justru tergantung dari faktor tertentu seperti kecepatannya, bukan dari jumlah bar signalnya.

4 Hal yang Mempengaruhi Tanda Kualitas Jaringan Bagus atau Tidak

Bukan dari jumlah bar signal, ada 4 hal berikut yang ternyata mempengaruhi bagus tidaknya signal yang diterima ponsel. Ini 4 penanda tersebut.

1. Kecepatan dan Jenis Jaringan

Kecepatan internet sangat berpengaruh pada kualitas jaringan. Untuk mendapatkan kecepatan jaringan yang bagus, tidak hanya dipengaruhi dari device yang dipergunakan namun juga dari jenis jaringan dan operatornya. Cek signal internet di bagian atas ponsel dan lihat symbol yang ada di atas bar.  Akan ada simbol jenis jaringan seperti H+, 3G atau 4G.



Baca juga:

Jadi, untuk kecepatan jaringan apakah H+ sama dengan 4G? Jawabannya adalah tidak karena keduanya memiliki kecepatan yang berbeda. Untuk jaringan 4G sendiri memiliki kecepatan jaringan hingga 100 Mbps, sedangkan H+ hanya sekitar 7,2 Mbps. Jadi, kecepatan jaringan tergantung juga dari jenis jaringannya.

2. Aplikasi

Apa kaitannya aplikasi dengan signal jaringan? Kedua hal tersebut ternyata saling berkaitan. Aplikasi yang ada di ponsel, terutama yang ‘bawaan’ membutuhkan space data besar. Akibatnya sering menyebabkan gangguan pada server. Karena itu, signal menjadi lemot walaupun jumlah bar signal tinggi.

3. Sektor signal

Base transceiver station (BTS) mempunyai 3 sektor berbeda. Masing-masing sektor mampu menyampaikan atau menghubungkan signal dari server provider ke penerima. Sehingga, ada kalanya di sektor A justru lebih cepat dari sektor B, begitu juga sebaliknya. 


Baca juga:

4. Banyaknya Perangkat yang Terhubung

Pernah tidak kala di tempat terbuka, bar signal Anda bagus, Anda juga menggunakan kartu provider terbaik tapi jaringan lelet? Itu disebabkan karena BTS operator terdekat Anda sedang melayani banyaknya perangkat. Sehingga signal yang ditangkap tidak bisa maksimal karena harus ‘dibagi-bagi’ dengan perangkat yang lainnya.

Itulah tanda kualitas jaringan bagus dengan 4 faktor yang mempengaruhinya. Yuk, share informasinya agar tidak berpatok hanya dengan jumlah bar signal pada ponsel.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel