Smartphone Di-charge Semalaman, Cepat Rusak? Ini Faktanya

Mitos tentang bahaya smartphone di-charge semalaman sudah menyebar di mana-mana sejak lama. Tetapi, tahukah Anda beberapa fakta sebenarnya di balik mitos tersebut?

Setiap teknologi menjadi booming, ada saja ‘mitos’ tentang hal tersebut, contohnya tentang smartphone di-charge semalaman. Ada yang bilang hal itu bisa membuat baterai ‘gendut’ hingga akhirnya rusak.


Banyak pengguna awam yang langsung percaya mengatakan HP Samsung di cas semalaman bisa bikin rusak. Padahal kenyataannya tidak demikian, bukan hanya untuk Samsung, tetapi sebagian besar merek smartphone.

Ponselnya Pintar, Baterainya Juga Sudah Pintar

Mungkin mitos tentang smartphone di-charge semalaman membuat baterai rusak berasal dari era HP ‘jadul’. Namun ponsel pintar masa kini berbeda, karena seluruh komponen di dalamnya sudah disesuaikan agar menjadi pintar. Berikut fakta sebenarnya tentang mitos tersebut.

1. Berhenti Ketika Sudah Penuh

Sebuah smartphone dirancang untuk bisa menentukan kapasitas daya yang mampu ditampung oleh baterainya. Saat ini hampir semua smartphone modern sudah ditanami chipset agar menghentikan proses charging ketika baterai penuh.

Baca juga:
Cas Smartphone Baru Tidak Perlu Sampai 8 Jam

2. Siklus Pengisian Baterai

Fakta pertama memang benar, tetapi yang tidak bisa dihindari adalah kualitas baterai bisa menurun. Ini bukan dikarenakan sering di-charge semalaman, melainkan karena baterai smartphone memiliki siklus pengisian daya.


Rata-rata siklusnya adalah 400 kali pengisian. Setelah mencapai batas tersebut, memang ada kemungkinan kualitas baterai menurun.

3. Waktu yang Tepat untuk Mengisi Daya

Jadi apakah tepat mengisi daya smartphone di waktu malam hari menuju pagi? Sah-sah saja, tetapi yang sering jadi masalah adalah HP Anda di-charge pada saat kondisinya benar-benar kosong.
Baterai smartphone modern berbeda dengan tipe baterai lama. Jadi, apakah itu HP Xiaomi di cas semalaman atau merek lain, yang penting isilah ketika masih ada daya tersisa.

4. Khusus Baterai Non-Removable

Anda mungkin menyadari bahwa kebanyakan smartphone yang dirilis belakangan ini sudah menggunakan baterai non-removable. Dari sisi teknologi yang digunakan sudah pasti akan ada perbedaan. Termasuk kemampuannya untuk menjaga kesehatan baterai itu sendiri.

Baca juga:
Faktanya, Virus Menyerang Komputer Mac, Ini Pencegahannya 
Inilah 4 Rekomendasi Laptop Murah yang Ada Di Pasaran

Dari beberapa fakta di atas, mulai sekarang Anda tidak perlu khawatir lagi tentang mitos bahaya smartphone di-charge semalaman. Selama penggunaan smartphone Anda masih dalam batas wajar, sepertinya semua akan baik-baik saja. Jangan lupa beritahukan hal ini kepada kolegamu supaya mereka tidak salah kaprah lagi.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel