Semua Hacker Jahat? Faktanya Ada White Hat Hackers

White hat hackers, black hat hacker dan grey hat hacker adalah tiga pekerjaan yang sama namun berbeda. Simak penjelasan lebih lengkapnya berikut ini.

Istilah hacker lebih familiar dengan penjahat siber, padahal ada white hat hackers yang memiliki sifat berbeda. Ya, kemampuan hacking ini sebenarnya akan ada manfaatnya jika berada di tangan orang yang benar. Jika tidak, maka yang terjadi adalah sebaliknya.



Semua Hacker Jahat? Faktanya Ada White Hat Hackers

Contohnya kasus di mana saldo rekening ribuan nasabah bank BRI di Kediri Jawa Timur Puluhan berkurang secara misterius. Itu adalah kelakuan dari para hacker jahat yang ingin memanfaatkan kelengahan orang lain. Anda tidak perlu tahu caranya, melainkan cukup perlu mengetahui perbedaan hacker dan pekerjaan sejenisnya.

Ada Hacker yang Baik dan Jahat

Hacker bisa dikategorikan menjadi tiga jenis, yaitu white hat hackers, black hat dan grey hat. Ketiganya memiliki peran dan sifat yang berbeda satu sama lain.



Baca juga:

White hat hacker adalah ‘orang baik’. Mereka yang biasanya dibayar oleh perusahaan-perusahaan besar untuk mencari kecacatan program. Pekerjaan mereka adalah legal dan bayarannya bisa mencapai ribuan dolar Amerika Serikat per tahun. Beberapa tempat menyediakan kursus bersertifikat untuk menjadi hacker yang baik.



Sedangkan black hat hacker adalah peretas jahat yang pekerjaannya mencuri atau mendapatkan sesuatu secara ilegal. Terkadang mereka juga merusak sistem atau situs dengan tujuan-tujuan tertentu.



Terakhir, aliran grey hat hacker adalah yang paling labil. Sebab, terkadang mereka menjadi baik, tetapi di suatu waktu juga bisa menjadi jahat.

Apa Beda Hacker, Defacer dan Cracker?

Setelah tahu apa itu white hat hackers dan kawan-kawannya, Anda perlu tahu juga perbedaannya dengan yang lain. Bedakan antara hacker, defacer dan cracker, yang pasti sebagian masyarakat awam belum mengetahuinya.

Baca juga:
Faktanya, Virus Menyerang Komputer Mac, Ini Pencegahannya
Laptop Sering Restart Sendiri Atau Blue Screen 

Hacking merupakan suatu keterampilan dalam mengoperasikan komputer yang levelnya sudah mencakup segala aspek. Sedangkan hacker adalah orang yang melakukannya, dan biasanya mereka ini bersembunyi di balik nama anonim.



Bedanya dengan defacer, hacker ini biasanya adalah sekelompok profesional. Sedangkan defacer umumnya hanyalah orang-orang iseng yang kemampuannya sekadar mengubah tampilan website dan sejenisnya.

Jenis yang ketiga adalah cracker, kategori orang yang lihai dalam pemrograman dan jaringan. Cracker biasanya ‘mengoprek’ dan menyajikan program bajakan dengan cara mematikan fungsi tertentu atau memanipulasi jalur.

Nah, semoga penjelasan tadi cukup menjelaskan kepada Anda bahwa ternyata ada hacker baik dalam kategori white hat hackers. Yang harus diwaspadai adalah para pelaku black hat hacker karena mereka biasanya sangat lihai. Jangan lupa bagikan artikel ini ke rekan-rekan lainnya, ya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel