Laptop Sering Restart Sendiri Atau Blue Screen

Laptop atau komputer saat ini merupakan sebuah kebutuhan utama bagi kita, khususnya yang bekerja di kantor ataupun perusahaan yang setiap harinya diharuskan bekerja dengan data dan informasi dengan cepat dan fleksibel. Akan tetapi, sering kali kita mengalami sebuah kondisi dimana saat pekerjaan sedang menumpuk, ataupun tugas kuliah yang sedang di kejar deadline terus tiba-tiba laptop atau komputer yang kita gunakan restart? Tak berbayang gimana stressnya kita saat itu dan rasanya ingin sekali membanting laptop atau komputer saat itu, ditambah lagi data yang sedang kita terjakan belum tersimpan.

Mengapa laptop sering restart sendiri?

Kondisi laptop atau komputer yang sedang digunakan, tiba-tiba restart sering disebut dengan Blue Screen of Death (BSOD) atau sering kita sebut Blue Screen. BSOD merupakan sebuah kondisi dimana laptop atau komputer yang kita gunakan terjadi crash atau kesalahan fatal dalam perangkat keras maupun software sehingga memaksa memori laptop dan processor untuk bekerja lebih keras diluar kapasitasnya sehingga mengakibatkan  laptop kita mati secara tiba-tiba. 



Kondisi seperti diatas biasanya di awali dengan suara kipas prossessor yang terdengar nyaring dan keras, hal ini menandakan kipas tersebut memutar dengan kencang karena kondisi kinerja prosessor yang meningkat. Mengapa bisa demikian ? hal ini disebabkan terjadi ketika sistem operasi khususnya windows bertemu dengan Error STOP sehingga terjadi  kondisi kegagalan kritis yang menyebabkan sistem operasi berhenti bekerja.

Ketika laptop atau komputer kalian tiba-tiba mati sendri atau Blue Screen, maka sistem operasi Windows secara otomatis akan menampilkan informasi atau sering disebut Minidunp tentang kesalahan yang terjadi dan menyimpannya di dalam harddisk komputer kita. Dengan adanya minidump ini, maka kalian dapat memanfaatkan dan menggali informasi tentang penyebab dan bagaimana cara memperbaikinya.

Penyebab dan Cara Mengatasi Laptop Sering Restart Sendiri atau Blue Screen

1. Permasalahan Pada Driver  

Muncul pesan error IRQL_NOT_LESS_OR_EQUAL dengan kode 0X0000000A atau muncul pesan VIDEO_DRIVER_INIT_FAILURE.

Jika  muncul error sebagaimana diatas, maka yang terjadi adalah adanya kesalahan atau permasalahan pada driver dari perangkat keras VGA (Video Graphics Array) yang terpasang. Hal ini biasanya dikarenakan laptop atau komputer mendeteksi adanya perangkat baru yang terpasang, akan tetapi terjadi masalah pada driver yang tidak dapat terdeteksi oleh sistem operasi baik secara otomatis ataupun manual, sehingga menimpulkan crash.

Baca juga:
Cara Download Driver Laptop dengan Mudah
Cara Mengatasi Smartphone Tidak Bisa Terhubung Dengan WiFi

2. Kerusakan pada File Sistem

Biasa muncul pesan error FAT_FILE_SYSTEM (0X00000024) atau juga NTFS_FILE_SYSTEM atau (0X00000023).

Jika muncul error sebagaimana diatas, maka yang terjadi adalah adanya kerusakan partisi pada file system sistem operasinya tapi bukan terletak pada harddisk. Bisa saja tiba-tiba harddisk tidak terdeteksi ataupun kabel harddisknya tidak terpasang dengan benar.
3. Suhu Laptop atau Komputer Terlalu Panas

Kondisi tersebut bisa saja terjadi dikarenakan laptop bekerja melampaui batas wajar, laptop kita mungkin tidak pernah kita matikan dalam beberapa hari ataupun kita sedang membuka aplikasi yang cukup besar sehingga komputer kita dipaksa untuk bekerja lebih dari biasanya.

Biasanya muncul pesan error UNEXPECTED_KERNEL_MODE_TRAP (0X0000007F).

Kondisi diatas terjadi karena beberapa penyebab diantaranya :
- Overheat, kondisi dimana komputer yang kita gunakan terlalu panas.
- Overclocking yang terlalu berlebihan.
- Processor pada komputer terjadi corrupt.
- BIOS pada komputer terjadi corrupt.

Hal yang dapat dilakukan bagi kalian yang mengalami kondisi diatas, maka sebaiknya matikan dulu laptop atau komputer kalian dalam beberapa saat sampai semua komponen perangkat keras di komputer kalian relatif dingin dan setelah itu hidupkan kembali dan gunakanlah seperti biasanya. Selain itu, tambahkan pendingin (cooller) tambahan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel