Terungkap! Inilah Asal Signal Smartphone yang Jarang Diketahui

Kenapa Anda sering tidak menemukan sinyal ketika bepergian padahal Anda berada di lokasi terbuka? Dengan menyimak artikel ini Anda akan tahu jawabannya.

Dari mana asal signal smartphone? Mungkin banyak orang awam yang mengira berasal dari sinyal satelit. Sebenarnya, itu bukanlah opini yang sepenuhnya salah. Faktanya smartphone memang bisa menangkap sinyal satelit, tetapi itu hanya terbatas pada sinyal GPS saja.



Sumber sinyal smartphone yang paling utama adalah berasal dari jaringan operator seluler. Sinyal dari jaringan seluler ini berupa sinyal radio dengan frekuensi tertentu yang dipancarkan melalui menara-menara di sekitar Anda.

Asal Signal Smartphone dan Mekanisme Koneksinya

Mengenali sumber sinyal smartphone akan menjawab apa fungsi menara-menara yang ada di sekitar Anda. Selain itu untuk memahami bagaimana terjadinya proses koneksi melalui sinyal radio maka terdapat dua hal yang perlu diketahui, yaitu:

Baca juga:

Arsitektur Jaringan Telekomunikasi Seluler

Sumber sinyal smartphone berasal dari jaringan telepon seluler. Pada prinsipnya jaringan telepon seluler memiliki arsitektur jaringan yang berlapis, yaitu bagian core dan radio. Jaringan core adalah bagian yang terhubung dengan jaringan internet dan ada pula yang terhubung dengan jaringan operator lain.

Jaringan radio merupakan jaringan yang paling dekat dengan pengguna smartphone. Fisik perangkat jaringan ini terpasang di menara-menara, sedangkan untuk wilayah kota besar umumnya terpasang di dalam gedung. Fungsi dari jaringan radio ini adalah memancarkan sinyal radio ke smartphone dan menerima sinyal dari smartphone untuk diteruskan ke jaringan core.

Proses Koneksi pada Smartphone

Dalam setiap smartphone terdapat sebuah perangkat radio. Perangkat ini mampu mengirimkan dan menerima sinyal dalam range frekuensi tertentu. Untuk mengaktifkan perangkat radio ini diperlukan modul chip yang namanya SIM card.



Setelah smartphone terpasang SIM card maka perangkat radio pada smartphone akan memancarkan sinyal dengan frekuensi tertentu (sesuai dengan SIM card-nya). Ketika posisi smartphone masuk dalam jangkauan jaringan radio operator, smartphone secara otomatis langsung terintegrasi dengan jaringan seluler tersebut.

Baca juga:

Misalnya pada kasus mengakses internet. Ketika Anda membuka aplikasi browser maka smartphone akan mengirimkan sinyal radio ke menara operator di dekat lokasi Anda. Sinyal dari smartphone ini kemudian diterima oleh jaringan radio dan diteruskan ke jaringan core. Setelah koneksi ini terbentuk maka Anda bisa mengakses internet dengan lancar.

Kini Anda telah paham jika asal signal smartphone dari jaringan operator seluler lah yang membuat fungsi smartphone bisa bekerja secara optimal. Apakah teman Anda juga paham hal ini? Mari bagikan artikel ini agar orang di sekitar Anda makin paham teknologi.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel