HP Lambat Loading? Lakukan Hal Ini Supaya Kembali Kencang

Anda sering merasa handphone anda semakin lama semakin lambat loading, sangat berbeda ketika pertama beli dulu? Mari kita bahas lebih mendalam dalam artikel ini.

Saat hp baru kita beli kita merasa sangat kencang hal wajar karena hp baru, dan belum banyak aplikasi yang kita download dan gunakan serta performa dari hp kita juga masih sangat baik. Tetapi mungkin sekitar satu tahun kemudian hp lemot dan sangat berat apalagi saat kita mulai membuka aplikasi-aplikasi edit foto, bermain sosial media dan lain sebagainya.


HP Lambat Loading

Tidak hanya hp melambat, bahkan kita mengamati memori kita semakin lama semakin berkurang padahal kita tidak selalu mendownload video atau aplikasi besar lainnya yang bisa saja memakan kapasitas memori hp kita. Oleh karena itu ada baiknya kita mengetahui faktor penyebab mengapa hp kita jadi melambat.

Aplikasi Background

Sadar atau tidak kita sering sekali mengunduh aplikasi yang kita butuhkan kapanpun dengan sangat mudah karena tinggal kita masuk ke Play Store dan mendownloadnya, tetapi tanpa kita sadari tidak semua aplikasi yang kita download itu kita gunakan setiap hari bahkan ada banyak mungkin aplikasi yang kita gunakan hanya sesekali saja saat diperlukan.



Anda tau? diantara aplikasi yang kita download itu selalu bekerja di belakang sistem operasi android dan akan selalu berjalan berdasarkan jenis akses yang beragam dan lebih lagi aplikasi tersebut memakan kapasitas memori hp kita. Hal inilah yang menjadi salah satu faktor mengapa hp lambat loading dan sering kita merasakan bahwa hp kita semakin lama semakin melambat.
Cas Smartphone Baru Tidak Perlu Sampai 8 Jam 

Hal yang perlu anda lakukan adalah luangkan waktu anda untuk membuka menu pengaturan dan opsi pemeliharaan (maintenance), disana anda dapat melihat aplikasi mana saja yang memakan banyak memori dan bahkan menguras baterai hp anda, selanjutkan lakukan pembersihan dan membuang aplikasi yang kita anggap tidak diperlukan lagi.

Memori Penuh

Banyaknya file yang tersimpan di hp kita baik itu foto, video yang mungkin sampai bertahun-tahun tidak kita hapus membuat kecepatan memori internal hp kita menjadi berkurang, ditambah lagi setiap aplikasi yang kita install memiliki cache yang akan memakan kapasitas memori internal hp kita.


Salah satu contoh konkrit adalah banyaknya foto dan bahkan video dari aplikasi whatshapp dan juga telegram yang secara default akan mengunduh otomatis gambar dan video dari percakapan grup maupun secara obrolan pribadi yang sering tidak kita sadari, hal ini sering terjadi saat kita menggunakan koneksi Wifi.

Cara mengatasinya adalah silahkan buka galery anda, lakukan seleksi foto dan video yang sekiranya tidak lagi diperlukan. Selanjutnya buka menu pengaturan dan lakukan penghapusan cache dari aplikasi yang sekiranya tidak diperlukan lagi.

Baterai Menurun

Tidak hanya masalah memori, performa baterai pada hp yang kita gunakan semakin lama performanya akan menurun dan kita merasakan bahwa baterai hp kita semakin cepat habis. Dengan menurunnya performa baterai dari hp yang kita gunakan hal ini mempengaruhi pemprosesan program dan komponen memori di hp kita secara keseluruhan.

Baca juga :
Inilah 5 Kamera Youtuber dengan Spesifikasi Mumpuni 
4 HP Oppo Terbaru dengan Kamera Canggih

Solusinya adalah rawatlah baterai hp anda dengan baik, dengan tidak melakukan charging secara berlebihan atau terlalu lama, biasakan mematikan handphone anda saat charging.

Degradasi Memori

Seperti halnya baterai, memori flash storage dan RAM yang dijadikan media penyimpanan pada handphone anda lambat laun akan mengalami penurunan performa karena aktifitas menulis dan menghapus data dalam memori atau sering disebut Write Circle.

Itulah beberapa faktor yang menyebabkan mengapa hp lambat loading dan disamping itu masih ada faktor-faktor lain yang akan kami bahas lebih lanjut di artikel berikutnya. Bagikan artikel ini ke teman-teman anda jika bermanfaat.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel