Harddisk SSD, Perangkat Penyimpanan Berkapasitas Besar

Seringkali ruang penyimpanan komputer cepat habis dan proses bootingnya lama. Kini hadir harddisk SSD, penyimpanan besar dan proses booting cepat.

Saat ini, perkembangan teknologi terbilang sangat pesat. Penggunaan harddisk SSD juga bukan menjadi hal yang asing lagi. Sebenarnya, SSD ini sudah ada sejak dulu. Hanya saja, penggunaanya masih sebatas untuk komputer-komputer khusus, seperti halnya komputer server.

Namun, saat ini komputer biasa atau laptop sudah banyak yang menggunakan harddisk jenis ini. Bahkan, ada beberapa merek laptop yang sudah dilengkapi dengan SSD laptop terbaik. Umumnya, laptop yang dilengkapi dengan SSD ini merupakan laptop berkualitas tinggi yang sering digunakan untuk bermain game.

Lebih Detail Tentang Harddisk SSD

Kepanjangan dari SSD adalah Solid State Drive yang merupakan perangkat penyimpanan data dengan dilengkapi rangkaian IC. Rangkaian ini berfungsi untuk menyimpan berbagai data dan informasi dalam jumlah yang cukup besar.


SSD ini bisa dibilang seperti USB Flash drive dalam versi canggih. Kapasitas penyimpanannya pun jauh lebih besar jika dibandingkan hardisk pada umumnya. Kira-kira apa saja komponen penyusun SSD ini? Berikut informasinya!

Komponen Penyusun Harddisk SSD

SD ini umumnya menggunakan flash memori dengan basis NAND yang berjenis Non-volatile. Dengan dilengkapi memori jenis ini, SSD tetap dapat menyimpan data meski dalam kondisi tegangan suplainya dimatikan. Data yang disimpan di sana pun dapat bertahan lama bahkan hingga beberapa tahun.


 
Harddisk jenis ini hanya menggunakan daya dengan kekuatan 2-3 watt. Kapasitasnya pun sangat besar hingga mencapai sekitar 1TB. Menakjubkan bukan? Meski memiliki kapasitas yang besar, hardisk ini hanya membutuhkan waktu sekitar 10-13 saat proses booting.

Melihat komponen yang digunakan harddisk jenis ini cukup canggih, kira-kira apa saja kelebihan yang ditawarkan harddisk ini?

Kelebihan Harddisk SSD

Adapun beberapa kelebihan SSD yang dapat Anda rasakan di antaranya adalah:
  • Memiliki performa yang lebih baik jika dibandingkan dengan HDD, baik dari segi kecepatan membaca, transfer file, dan lain sebagainya.
  • Hampir tidak memiliki suara karena komponen di dalamnya hanya berisi sekumpulan memori.
  • Jauh lebih ringan jika dibandingkan dengan HDD.
  • Lebih menghemat listrik karena hanya menggunakan daya yang sangat kecil.
  • Lebih tahan terhadap guncangan.

Dengan semakin berkembangnya teknologi, penggunaan hardisk SSD bukan menjadi hal yang asing lagi. Hardisk jenis ini dilengkapi dengan komponen yang terdiri dari kumpulan memori. Dengan komponen tersebut, SSD memiliki beberapa kelebihan jika dibandingkan dengan HDD.

Demikian sedikit informasi mengenai harddisk SSD. Jika Anda membutuhkan ruang penyimpanan yang sangat besar, gunakanlah harddisk ini. Namun, Anda juga harus rela merogoh kocek lebih karena harganya masih terbilang cukup mahal. Jangan lupa untuk share artikel ini di sosial media Anda, ya. Siapa tau mereka membutuhkan informasi ini.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel