Menambah Kecepatan? Ini Fungsi Refresh di Komputer

Fungsi Refresh di komputer dipercaya dapat meningkatkan kecepatan komputer. Namun kenyataannya, pernyataan tersebut hanyalah mitos belaka.

Apa yang biasa Anda lakukan saat komputer Anda lemot? Kebanyakan pengguna komputer akan otomatis klik tombol F5 atau refresh. Apakah cara tersebut mempengaruhi kecepatan atau performa komputer Anda? Pembahasan fungsi refresh di komputer akan dibahas lebih lengkapnya sebagai berikut.



Tombol “Refresh” di Komputer

Sampai detik ini, mungkin masih ada yang beranggapan bahwa kegunaan refresh di komputer adalah untuk menambah kecepatan atau performa. Namun tahukah Anda, pernyataan tersebut salah atau hanya mitos. Sebelum membahas lebih lanjut terkait fungsi refresh itu sendiri, lebih baik halnya Anda memahami apa arti “Refresh”.

Baca juga:

Refresh berasal dari bahasa Inggris yang berarti menyegarkan atau bisa juga diartikan memuat ulang. Cara refresh laptop atau komputer adalah dengan mengklik kanan kursor dan arahkan pada tulisan “Refresh” atau refresh komputer CTRL+F5. Namun apakah fungsi sebenarnya refresh tersebut?

Fungsi “Refresh” Sesungguhnya pada Komputer

Secara garis besar, untuk fungsi dari refresh di website browser dan desktop sangatlah berbeda. Fungsi refresh pada website browser sendiri adalah untuk memuat kembali halaman website yang terbuka dengan tidak sempurna. Sebagai contoh, fungsi refresh brainly, yang mana merupakan salah satu website yang ada saat ini.



Sedangkan fungsi refresh untuk desktop adalah untuk menyegarkan tampilan desktop atau memuat kembali tampilan yang mungkin terjadi perubahan. Jadi tidak benar adanya, jika fungsi refresh berpengaruh pada RAM ataupun meningkatkan kecepatan.

Baca juga:

Namun untuk lebih jelasnya, berikut adalah beberapa situasi yang bisa menggunakan tombol refresh di komputer:
  1. Berkas/dokumen yang Anda buat tidak dapat ditampilkan di komputer Anda
  2. Desktop tidak dapat menampilkan beberapa berkas/dokumen yang Anda ubah, simpan maupun pindah
  3. Desktop tidak menerima perintah perubahan yang telah Anda lakukan
  4. Menyelaraskan beberapa ikon di desktop Anda
Pada intinya adalah refresh di komputer tidak ada kaitannya dalam menambah kecepatan komputer. Lalu, jika Anda merasa informasi yang telah disampaikan di atas sangat berguna untuk Anda, jangan pernah lupa untuk membagikannya. Karena tidak hanya terkait fungsi refresh di komputer, Anda juga bisa mendapatkan informasi lainnya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel