Faktanya, Virus Menyerang Komputer Mac, Ini Pencegahannya

Virus menyerang komputer Mac itu sangat mungkin terjadi. Oleh karenanya, pengguna Mac jangan sampai sesumbar enggan memasang antivirus.

Kabar mengenai virus menyerang komputer Mac memang cukup jarang tersiar. Hal ini adalah fakta dan para pengguna perangkat buatan Apple itu pasti juga merasakannya. Akan tetapi, bukan berarti Mac sama sekali tahan terhadap virus.



Ada celah yang membuat banyak komputer Mac tiba-tiba diserang virus secara massal pada tahun 2017. Dilaporkan Business Insider, saat ini komputer Mac jadi lebih rentan terhadap berbagai jenis malware. Lantas, bagaimana cara mengetahui MacBook terkena virus dan mengatasinya?

Komputer Mac Tetap Bisa Terkena Virus

Keampuhan Mac terhadap virus diuji ketika sejumlah pengguna diserang Trojan Flashback dan Ransomware. Berita tentang virus menyerang komputer Mac jumlahnya memang tak lebih dari 2 persen (data tahun 2017). Tetapi artinya masih ada celah yang bisa dimanfaatkan oleh si pembuat virus.

Baca juga:
Inilah 5 Kamera Youtuber dengan Spesifikasi Mumpuni
Rekomendasi Laptop HP Terbaik untuk Kebutuhan Kerja 

Celah keamanan Java pada Mac terbukti dapat ditembus oleh virus Trojan Flashback. Peneliti keamanan siber Palo Alto Network juga mendapati beberapa perangkat Mac terkena Ransomware. Oleh karena itulah pemilik komputer Mac tetap disarankan menggunakan antivirus.

Alasan Mac Tetap Butuh Antivirus
 
Antivirus Mac dibutuhkan dan tidak ada alasan kuat mengapa Anda tidak mau memasangnya. Sekarang ini bukan lagi opsional, tetapi menjadi suatu keharusan demi menjaga keamanan perangkat dari kejahatan pembuat virus.

Hanya saja, ini akan tergantung pada beberapa hal, terutama intensitas penggunaannya. Jika komputer hanya digunakan di rumah saja, maka tidak perlu memasang keamanan terlalu ketat. Tetapi jika itu adalah komputer bisnis, berhati-hatilah karena kejahatan internet selalu mengintai.

Saran Agar Mac Tidak Terkena Virus

Satu-satunya cara mengecek virus di MacBook Air dan komputer Mac adalah dengan memasang antivirus. Namun ada upaya lain supaya Anda tidak perlu repot-repot melakukan pengecekan secara rutin. Ikuti tips pencegahan agar Mac tidak terkena virus berikut ini:
  • memperbarui sistem operasi dan software bawaan,
  • memperbarui software pihak ketiga lewat situs resmi;
  • hanya mengunduh file dari sumber yang terpercaya,
  • memasang software orisinal,
  • berhati-hati saat berselancar di internet,
  • dapatkan informasi terbaru tentang Mac dan MacBook.

Baca juga:
Daftar Hp Xiaomi Terbaru dengan Spek Canggih

Dengan melakukan kiat-kiat di atas, Anda bisa meminimalkan kemungkinan virus menyerang komputer Mac. Ayo bagikan artikel ini ke pengguna Mac lainnya agar mereka lebih waspada!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel