Cara Mengatasi Force Close Pada Aplikasi Di Android

Pernahkah kalian mengalami saat sedang asyik bermain game atau aplikasi di smartphone kalian, lalu tiba tiba aplikasi tersebut hang dan menutup secara tiba tiba. Pastinya sangat menjengkelkan kan ya ? Nah, biasanya tulisan saat aplikasi tersebut menutup secara tiba tiba adalah Unfortunately, Aplication Has Stoped , hal ini yang dinamakan dengan Force Close. Apakah kalian semua tahu apa itu Force Close ?



Force Close adalah sebuah sistem yang memberhentikan atau menutup secara paksa sebuah aplikasi di android karena beberapa alasan tertentu, seperti crash, atau aplikasi tersebut tidak kompatibel dengan versi android yang digunakan.

Nah, untuk kalian yang belum tau cara mengatasi force close pada aplikasi android ini, disini saya akan memberikan tutorialnya kepada teman teman semua. Untuk lebih jelasnya, yuk simak ulasan dibawah ini ;

Cara Mengatasi Force Close Pada Android


Ada beberapa cara yang bisa kalian lakukan agar aplikasi yang kalian gunakan tidak menutup secara tiba tiba. Diantaranya adalah sebagai berikut :

Restart Aplikasi

Cara pertama yang bisa kalian lakukan adalah merestart aplikasi tersebut secara paksa dan coba untuk dibuka kembali. Cara merestart aplikasi ini sangatlah mudah, kalian hanya perlu masuk ke Pengaturan lalu pilih Manager Aplikasi dan Pilih Aplikasi (misalnya aplikasi whatsapp) lalu kalian bisa pilh menu Paksa Berhenti atau Force Stop

Baca juga:
Cara Mengatasi Smartphone Tidak Bisa Terhubung Dengan WiFi
Cara Download Driver Laptop dengan Mudah

Maka aplikasi akan berhenti secara otomatis, dan kalian bisa membuka aplikasi itu kembali.

Hapus Data Aplikasi

Cara yang selanjutnya, yang bisa kalian lakukan adalah menghapus data aplikasi tersebut. Dengan kamu menghapus data aplikasi ini, maka nanti semua history akan hilang seperti baru. Jika kamu ingin menghapus data aplikasi ini, kamu bisa pergi ke Pengaturan, lalu Manager Aplikasi, dan kamu pilih aplikasi yang akan di Hapus Data, lalu pilih menu Hapus Data.

Menginstal Ulang Aplikasi

Jika aplikasi tersebut sering menutup secara tiba tiba, maka kamu bisa melakukan instal ulang pada aplikasi tersebut. Kamu bisa menguninstal terlebih dahulu, lalu kamu instal kembali aplikasi tersebut dan usahakan kalian mendownload aplikasi dari sumber yang jelas, misalnya saja dari Google Play Store.

Memperbarui Aplikasi

Aplikasi yang tidak pernah diperbarui, akan menjadi faktor utama aplikasi tersebut menutup secara tiba tiba. Karena error yang ada kamu tidak memperbaruinya. Kamu bisa cek pembaruan aplikasi tersebut melalui Google Play dan perbarui menggunakan WiFi saja agar tidak memakan banyak paket data.

Lakukan Update OS Android

Mungkin kebanyakan kita males untuk memperbarui OS Android ini karena size nya yang sangatlah besar. Namun, jika kita memperbarui Sistem Android ini ternyata bisa mengatasi force close pada aplikasi lho. Kamu bisa memperbarui OS android ini di Pengaturan, lalu pilih Tentang Ponsel atau About Phone dan pilih Pembaruan Sistem.

Tunggu hingga beberapa saat, maka Sistem kamu akan mengupdate dengan sendirinya. Dan Update hanya menggunakan WiFi saja ya.

Demikianlah artikel yang bisa saya berikan kepada kalian semua tentang cara mengatasi force close pada aplikasi di android. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kita semua.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel