Cara Download Driver Laptop dengan Mudah

Kalian habis install ulang laptop? driver tidak ada? atau DVD Driver laptop hilang? tidak menunggu lama pasti kita langsung menuju mbah google untuk mendownload driver yang kita inginkan. Akan tetapi yang terjadi malah kebanyakan program atau aplikasi malware yang terdownload oleh kita. Akhirnya, bukannya driver yang kita dapat, tapi malah aplikasi ga jelas dan mengganggu yang terinstal.



Cara Mudah Download Driver Laptop
Berikut ini saya akan menjelaskan langkah-langkahnya secara detail dan semoga bermanfaat.

Langkah pertama:
1.  Buka My Computer di laptop kalian, kemudia klik kanan > Properties



2. Muncul tampilan seperti dibawah ini, kemudian klik Device Manager pada bagian sebelah kiri yang ada tanda kotak merah.

 


Pada gambar dibawah ini merupakan tampilan jendela Devie Manager, selanjutnya perhatikan pada kotak merah terdapat beberapa perangkat keras di laptop kita (hardware) yang terdeteksi sistem operasi akan tetapi perangkat yang dimaksud belum terdapat drivernya.



3. Dalam kasus ini saya mencotohkan perangkat keras Ethernet Controller, yaitu perangkat keras kartu jaringan LAN di laptop saya.

Baca juga:
Laptop Sering Restart Sendiri Atau Blue Screen
Cara Mengatasi Smartphone Tidak Bisa Terhubung Dengan WiFi 

4. Silahkan klik kanan dari salah satu hardware yang dimaksud kemudian pilih Properties


5. Selanjutnya Pilih Details > Pilih Hadware ids pada bagian Property



6. Pada bagian Value terdapat beberapa id hardware yang muncul dan silahkan di Copy kode pada baris id paling atas.

7. Selanjutnya Paste kan kode yang telah dicopy tesebut ke pencarian google.

8. Hasil pencarian google akan menampilkan banyak sekali hasil yang sesuai dengan ids hardware yang kita inginkan. Akan tetapi sesuai dengan pengalaman saya pribadi, saya akan mencari hasil pencarian dari alamat website www.driveridentifier.com



9. Klik hasil pencarian yang di tandai kotak merah diatas, selanjutkan kita akan diarahkan ke website yang dimaksud.


Selanjutnya silahkan scroll mouse kebawah dan akan kita temukan beragam daftar aplikasi driver yang sesuai dengan hardware id yang kita pastekan tadi.



10.Dari daftar aplikasi driver diatas, silahkan pilih driver yang sesuai dengan merek laptop kita dan sesuaikan dengan sistem operasi yang kita gunakan. Setelah kita mendapatkan aplikasi driver yang kita inginkan, silahkan klik tombol Download pada bagian sebelah kanannya.




11. Setelah kita klik tombol Download, kemudian kita akan diarahkan ke halama download sebagaimana gambar dibawah ini




12. Selanjutnya kita akan diarahkan ke halaman registrasi. Silahkan kalian registrasi dengan memasukkan Nama dan Email masing-masing. Selanjutnya klik tombol register, lihat gambar dibawah ini.



13. Setelah kalian klik tombol Register, tunggu beberapa saat sampai muncul tampilan link download sebagaimana gambar dibawah






14. Sampai disini kalian sudah mendapatkan driver perangkat keras sesuai dengan hardware id yang kita cari sebelumnya.

15. Double klik aplikasi yang telah selesai di download tersebut dan ikuti proses instalasi driver sebagaimana biasanya.

16. Selamat mencoba




Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel