Apakah Bahaya Main HP Saat Petir?

Saat kita sedang asyik bermain ponsel kemudian turun hujan angin apalagi di selingi petir, yang ada dalam benak kita pasti takut dan khawatir kalau sampai petir menyambar handphone yang sedang kita mainkan dan seketika itu kita langsung mematikannya. Dalam postingan kali ini, saya ingin mengulas tentang mitos yang berkembang di masyarakat tentang bahaya pakai ponsel saat hujan petir.




Mitos yang selama ini berkembang di masyarakat kita bahwa berbahaya menggunakan ponsel ketika hujan petir disertai angin. Benarkah demikian? ditambah lagi berita-berita yang selama ini beredar tentang orang tersambar petir sangat banyak dan bertebaran khususnya di media berita online.

Mencari Kebenaran tentang Mitos Bahaya Menggunakan Ponsel Saat Hujan Petir


Saat sedang hujan petir, kita biasanya langsung mematikan ponsel atau mengatur mode pesawat. Hal ini pastinya kita berfikir agar supaya ponsel kita tidak terhubung dengan signal.

Faktanya?

Menggunakan ponsel tak berbahaya saat terjadi hujan ataupun petir, asalkan ponsel tersebut tidak sedang di cas.

Adanya perangkat penangkap signal yang terdapat pada ponsel merupakan sebuah bahan logam yang dapat menghantarkan gelombang elektromagnetik sehingga menimbulkan medan magnet. Akan tetapi kandungan logam tersebut sangat kecil dan sama sekali tidak akan memicu terjadi sambaran petir.

Baca juga:
Cara Mengatasi Smartphone Tidak Bisa Terhubung Dengan WiFi 
Cara Download Driver Laptop dengan Mudah

Bahkan menurut jurnal yang ditulis oleh NOAA (National Oceanic and Atmospheric Administration) menyatakan bahwa mereka yang tersambar petir dan kebetulan sedang menggunakan ponsel, sebenarnya mereka hanya sedang berada di tempat dan waktu yang salah. Misalkan sedang berada diluar ruangan atau saat berada di tempat yang tinggi saat sambaran petir terjadi.

Hal senada juga disampaikan oleh Dr Marry Ann Cooper yang merupakan seorang profesor dari Departemen Kedokteran University of Illinois, beliau menegaskan bahwa tidak adanya kaitan antara sambaran petir dengan pengguna ponsel bahkan beliau mengatakan malah penggunaan telepon rumah atau telepon kabel yang lebih rentan terkena sambaran petir.

Jangan  Cas HP Saat Hujan Petir

Menurut Sugiyono yang merupakan Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Lampung beliau mengatakan:

Ketika terjadi hujan disertai petir sebaiknya jangan menggunakan aliran listrik atau alat elektronik di rumah, misalnya mengisi baterai atau ngecas handphone. Itu berbahaya karena bisa memancing arus listrik dari petir. 

Dari beberapa pernyataan diatas, saya menyimpulkan bahwa menggunakan ponsel saat hujan petir tidak berbahaya asalkan tidak sedang di cas, karena yang mempengaruhi terjadi sambaran petir ke ponsel kita adalah kabel cas pada ponsel yang terhubung langsung dengan kabel aliran listrik di rumah kita.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel